Hal Ini Harus Diperhatikan Jika Anda Ingin Berbisnis Dari Rumah

Discussion in 'General Business' started by Ikhlas, Nov 21, 2016.

  1. Ikhlas

    Ikhlas Member

    Joined:
    Oct 26, 2016
    Messages:
    119
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Bisnis dari rumah identik dengan modal rendah dan sumber daya yang secukupnya, tetapi tidak semua bisnis dari rumah adalah bisnis murahan.

    Bisnis rumahan dapat berkembang menjadi bisnis besar jika dilakukan dengan cara bisnis yang baik. Maraknya minat bisnis rumahan dikarenakan tingkat gaji yang cenderung di bawah tingkat kebutuhan masyarakat.

    Oleh karena itu, banyak orang yang ingin mencoba peluang usaha dengan modal cukup dan dapat dilakukan dari rumah. Sebelum mengetahui tips untuk berbisnis dari rumah, ini beberapa keuntungan bisnis dari rumah:

    Pertama, Anda dapat melakukan investasi tanpa melalui produk keuangan dan tanpa melalui birokrasi investasi

    Kedua, bisnis rumahan mempunyai modal yang fleksibel yang dapat disesuaikan dengan kemampuan dan risiko yang dapat anda terima.

    Ketiga, bisnis rumahan juga memungkinkan bagi pelaku usaha yang mempunyai keterbatasan dana, karena modal yang telah berkurang dari segi tempat usaha dan fasilitas listrik dan air.

    Keempat, berbisnis dari rumah memungkinkan anda untuk mempelajari cara berbisnis dimulai dari bisnis kecil dan mendapatkan pengalaman yang untuk mengelola keuangan agar lebih baik.

    Kelima, bisnis rumahan juga membantu seseorang meningkatkan profil risikonya, karena bisnis ini memungkinkan seseorang untuk melakukan investasi melebihi produk perbankan umum.

    Berbagai keuntungan telah ditawarkan oleh bisnis rumahan, tetapi bisnis, baik itu melalui korporasi besar atau rumahan membutuhkan strategi bisnis yang matang.

    Untuk memastikan bahwa bisnis ini dapat berkembang, terdapat beberapa tips yang dapat dilakukan, antara lain:

    Pastikan mendapat dukungan keluarga
    Kendati sebagai kepala keluarga atau pengurus rumah tangga, memiliki niat untuk memiliki usaha di rumah membutuhkan persetujuan pasangan dan keluarga (anak-anak).

    Mendapatkan persetujuan akan membuat bisnis terasa lebih ringan karena dukungan dari orang sekitar. Jelaskan keuntungan serta kerugian yang mungkin akan mereka alami dengan adanya bisnis tersebut, jika mereka menerimanya, maka anda dapat dengan leluasa memulai bisnis.

    Belajar administrasi sederhana
    Mengetahui cara sederhana pencatatan keuangan adalah hal mendasar yang harus dimiliki oleh seluruh pelaku bisnis, baik bisnis rumahan.

    Anda perlu mencatat seluruh pengeluaran baik besar maupun kecil, biaya operasional, biaya produksi dan pemasaran secara teliti dan detail. Administrasi sederhana dapat dijadikan pondasi untuk kelangsungan bisnis anda untuk mengetahui jumlah keuntungan dan modal berikut yang perlu ditanam.

    Lakukan riset pasar
    Jika ingin memulai bisnis pada satu bidang, ada baiknya untuk terlebih dahulu mempelajari kondisi pasar. Kondisi pasar ini berupa calon pelanggan, lokasi yang diminati, persaingan bisnis dan daya beli pelanggan. Dengan melakukan riset pasar, akan lebih mudah bersaing dengan pebisnis lainnya.

    Manfaatkan teknologi
    Bisnis rumahan berarti modal yang terbatas dan untuk memaksimalkan modal tersebut, anda perlu memanfaatkan perkembangan teknologi dan internet. Dapat juga menggunakan sosial media sebagai jalur pengenalan produk dan pemasaran.

    Anda pun dapat mengetahui minat pelanggan dan segmen pasar yang cocok dengan produk atau jasa yang anda tawarkan. Dengan sosial media, dapat melakukan berbagai langkah bisnis tanpa modal atau dengan modal yang rendah.

    Pelanggan adalah raja
    Bisnis rumahan membutuhkan pelanggan yang setia karena tipe bisnis tersebut adalah bisnis dengan skala kecil yang mendatangkan pembeli dalam skala yang tidak terlalu besar.

    Oleh karena itu, jangan kecewakan pelanggan dengan janji kosong. Pastikan bahwa yang anda berikan sesuai dengan atau melebihi ekspektasi mereka. Anda pun harus berusaha untuk selalu memberikan yang terbaik untuk pelanggan. Menjaga kualitas produk dan meningkatkan kepuasan pelanggan harus menjadi target utama bisnis.

    Terus berusaha dan jangan takut gagal
    Walaupun Anda adalah pelaku usaha yang masih awal, jangan takut gagal untuk melakukan inovasi bisnis. Jadikanlah kegagalan sebagai pengalaman dan pelajaran agar kedepannya dapat lebih baik.

    Menjadi seorang pengusaha sukses, membutuhkan mental yang kuat dan siap untuk diberikan berbagai rintangan. Tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan para pakar bisnis sehingga anda dapat bertukar pikiran dan belajar dari pengalaman mereka. (sumber)
     
  2. sadanatama

    sadanatama New Member

    Joined:
    Aug 8, 2017
    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Tips penting yang sangat perlu untuk diperhatikan,
    terutama oleh pemula yang memulai usaha dari rumah.
     
  3. justin

    justin Member

    Joined:
    May 22, 2017
    Messages:
    33
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Jadi Ibu Rumah tangga harus ada penghasilan lebih buat bantu suami.
     
  4. tomikel56

    tomikel56 New Member

    Joined:
    Mar 22, 2017
    Messages:
    27
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
Loading...

Share This Page