Hal Yang Harus Diketahui Sebelum Menjadi Reseller dan Dropship

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah' started by meferdiyantho, Sep 22, 2021.

  1. meferdiyantho

    meferdiyantho New Member

    Joined:
    Nov 6, 2017
    Messages:
    9
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Setiap orang pasti ingin memiliki bisnis sendiri. Namun, terkadang keinginan tersebut harus terkubur dalam-dalam dikarenakan tidak adanya modal. Apalagi kebanyakan bisnis saat ini membutuhkan modal yang besar. Namun perlu diketahui jika sebenarnya masih ada juga bisnis yang dapat dijalankan dengan modal yang minim atau bahkan tanpa mengeluarkan modal. Nah, bisnis apa itu? Reseller dan dropship jawabannya.

    Yang mana ada perbedaan dropship dan reseller yang perlu diketahui, terutama dari cara kerjanya. Yang mana dikutip dari Evermos dropship adalah sebuah sistem berdagang tidak perlu memiliki stok barang dan hanya mempromosikan produk dari supplier. Dikutip dari Evermos, reseller adalah membeli stok pada supplier untuk dijual kembali. Nah, Apakah Anda berminat untuk menjalankan bisnis ini? Jika benar, penting untuk mengetahui 8 hal yang harus diketahui sebelum memulainya.

    Pilihlah Produk yang Tepat

    Hal pertama yang harus diketahui sebelum memutuskan untuk memulai bisnis dropship maupun re-seller yaitu dengan memilih produk yang tepat. Yang mana produk merupakan kunci utama kesuksesan dalam menjalankan bisnis reseller ataupun dropship. Dengan banyaknya produk, kemungkinan kita akan mengalami kesusahan memilih mana produk yang tepat.

    Nah, untuk mendapatkan produk yang tepat ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Seperti halnya dengan memilih produk sesuai dengan kegemaran, produk sesuai dengan banyaknya permintaan pasar serta mudahnya dalam pengiriman.

    Tentukan Target Pasar

    Setelah memilih produk yang tepat untuk dijual, kini saatnya menentukan target pasar yang tepat. Mengapa hal ini penting untuk dilakukan? Dikarenakan dapat memudahkan untuk membuat penawaran yang sesuai dengan target pasar. Keuntungan lain yang bisa anda dapatkan jika menentukan target pasar yaitu bisa menyesuaikan bahasa apa yang artinya digunakan. Misalnya saja saat promosi dengan target pasar anak muda, tentu bahasa yang digunakan bisa lebih santai dan kekinian.

    Fokus Pada Marketing

    Hal yang tak kalah penting untuk diketahui sebelum menjadi dropship maupun reseller yaitu fokus pada marketing. Yang mana dalam hal ini anda harus menentukan strategi Marketing apa yang tepat. Dengan begitu produk yang Anda jual akan semakin banyak dikenal dan tentunya juga akan semakin banyak diminati. Misalnya saja menggunakan strategi Marketing media sosial dan juga marketplace. Nah, di sini anda harus menerapkan teknik khusus.

    Memilih Supplier Professional

    Supplier apapun dropship pasti akan membutuhkan supplier yang profesional. Nah, dengan begitu tentu akan lebih mudah untuk mendapatkan produk yang berkualitas. Ada beberapa hal yang bisa anda jadikan pertimbangan untuk mencari supplier yang profesional.

    Seperti halnya dengan memperhatikan kredibilitasnya, mengetahui harga serta sistem komisi yang jelas, ketersediaan barang yang dimiliki supplier serta kualitas barangnya. Selain itu, pastikan juga jika supplier tersebut bisa melakukan komunikasi dengan baik dan lancar agar tidak terjadi keterlambatan pengiriman barang jika ada pesanan.

    Harga Produk

    Cara menjadi reseller dan dropship yang sukses yaitu dengan menentukan harga. Bagaimana cara menentukannya? Pastinya setiap supplier akan mempunyai ketentuan tersendiri terkait harga sebuah produk, sehingga keuntungan yang didapatkan nantinya sudah jelas. Sebaliknya, jika supplier tersebut tidak menentukan harga, anda bisa menentukan harga produk yang akan dijual.

    Nah, untuk menentukan harga ini Anda bisa melihat rata-rata harga pasaran. Yang mana pastikan jika harga yang anda tetapkan tidak jauh berbeda dengan harga pasaran. Begitu juga jika ada pesaing yang menurunkan harga, jangan ikut-ikutan. Tetap saja dengan harga yang telah ditentukan asalkan memperhatikan kualitasnya.

    Pelayanan Konsumen

    Menjalankan bisnis apapun Baik itu reseller ataupun dropship, pastikan jika anda memberikan pelayanan kepada konsumen dengan sangat baik. Sekalipun calon pembeli tersebut hanya bertanya tanya, pastikan jika memberikan jawaban yang sopan dan ramah.

    Tawarkan Diskon Menarik

    Hal lain yang harus diketahui sebelum menjadi reseller dan dropship yaitu dengan menawarkan diskon menarik. Misalnya saja di hari-hari tertentu seperti hari kemerdekaan Anda menawarkan produk dengan potongan harga khusus. Selain itu bisa juga memberikan diskon menarik untuk pembelian produk dengan jumlah tertentu.

    Branding

    Terakhir, pastikan jika anda melakukan branding. Hal ini penting sekali untuk dilakukan, pasalnya dengan brand yang kuat produk akan lebih banyak diminati. Dalam hal ini, Anda bisa membuat nama toko yang menarik dan mudah diingat serta memiliki ciri khas tersendiri.

    Dengan mengetahui 8 hal tersebut, kita akan lebih mudah kedepannya jika ingin menjalankan bisnis reseller dan dropship. Meskipun ada perbedaan dropship dan reseller, tetapi keduanya bisa menerapkan trik-trik tersebut.
     
  2. paxspot

    paxspot Member

    Joined:
    Apr 7, 2014
    Messages:
    316
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    emang enak sih jadi reseller dan dropshipper. kita gk usah pusing urusin produksi, stock barang, bahkan pengiriman pun kita gk diribetin... istilahnya makelar onlen
     
  3. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,828
    Likes Received:
    130
    Trophy Points:
    63
    Itu bisa menjadi seakan memiliki toko sendiri kalau bekerjasama dengan supplier yang profesional
    kapuasan pelanggan biasanya tergantung pada layanan dan kualitas barang.
     
Loading...

Share This Page