Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Memasang Tandon Air

Discussion in 'General Lifestyle' started by adira fairuz, Feb 19, 2021.

  1. adira fairuz

    adira fairuz New Member

    Joined:
    Oct 6, 2020
    Messages:
    10
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    [​IMG]
    source image : researchgate

    Untuk menampung air bersih setiap rumah membutuhkan sebuah alat yang disebut tangki air. Selain untuk menampung air, tangki air juga dapat digunakan untuk menghemat pengeluaran listrik. Ini biasanya ditempatkan di atas rumah. Hal ini dikarenakan tangki air dipengaruhi oleh gaya gravitasi, sehingga air bisa lebih lancar dan cepat mengalir dari atas ke bawah.

    Meskipun demikian, masih banyak orang yang kurang memahami bagaimana cara pemasangan tangki air ini. Untuk itu, melalui artikel ini, Kami akan menjelaskan mengenai beberapa persiapan yang perlu Anda lakukan sebelum memasang tangki air di rumah. Persiapan yang perlu disiapkan, yaitu alas, pondasi, posisi ketinggian, pipa ventilasi, dan water control.

    Baca Juga : daftar harga tandon/tangki air terbaru

    Pondasi Tangki Air

    Untuk pemasangannya harus melakukan pemilihan tempat yang tepat untuk tangki air sebagai pondasi atau alas tangki perlu untuk diperhatikan. Anda dapat memilih alas yang berbidang datar. Jika dipasang pada bidang miring, itu bisa berisiko jatuh, karena tidak kuat menopang lebih banyak beban. Untuk itu, Anda bisa memilih untuk membuat pondasi yang datar dari beton atau papan yang kuat.

    Ketinggian Posisi Tangki Air

    Ketinggian lokasi penempatan tangki air juga perlu diperhitungkan. Hal ini dikarenakan ketinggian untuk penempatan tangki air akan membantu mempengaruhi penyebaran air dari tangki. Semakin tinggi tangki air, maka akan semakin besar semburan dari tangki air. Selain itu, pemasangan tangki air di rumah yang memperhatikan ketinggian tentu akan lebih aman untuk toren air 1000 liter yang lebih cocok untuk ketinggian.

    Pentingnya Pipa Ventilasi

    Untuk pemasangan tangki air disarankan disertai dengan memasang pipa ventilasi. Pipa ventilasi ini berguna sebagai alat yang mengatur sirkulasi udara pada tangki air. Selain mempunyai fungsi untuk mengurang tekanan udara, pemasangan pipa ventilasi udara juga digunakan untuk mengatur keluar masuknya udara dari toren air 1500 liter biasanya.

    Artikel lainnya : Toren Air Anti Lumut

    Water Control

    Nah, pemasangan terakhir yang perlu dilakukan adalah pemasangan water level control. Alat inilah yang berguna untuk membantu menghemat pengeluaran listrik. Water control ini biasanya disebut dengan pelampung. Namun, untuk pemasangan tangki air sebenarnya bisa memilih mau menggunakannya atau tidak. Penggunaan pelampung akan mempermudah kerja dari tangki air, karena segala kerja dari tangki air akan berjalan otomatis.


    Sumber Lengkap
     
Loading...

Share This Page