Hal yang kadang terlupakan tentang Ban kendaraan

Discussion in 'Otomotif' started by AquariuZ, Aug 6, 2015.

  1. AquariuZ

    AquariuZ Active Member

    Joined:
    Apr 16, 2015
    Messages:
    1,006
    Likes Received:
    88
    Trophy Points:
    48
    Belakangan ini kami baca di beberapa blog yang membahas tentang automotif, seringkali kami melihat beberapa pengguna kendaraan bermotor baik mobil maupun motor, seringkali melupakan hal yang krusial dari kendaraan tersebut, salah satu contoh adalah ban / roda.

    Oke, kami akan mencoba sesuai dengan kemampuan dan keahlian kami untuk menerangkan dan membantu teman-teman semua agar dapat merawat ban kendaraan anda dengan baik. Ada beberapa hal yang sangat penting pada perawatan ban kendaraan anda (berlaku untuk mobil meski ada beberapa tidak untuk motor), yaitu :

    Masa Pakai
    Apakah kita tahu bahwa ban dapat digunakan 4 tahun setelah tanggal produksi dan tanggal itu tertera di sisi luar? Kayaknya hal ini tidak pernah kita tahu, maka cara untuk mengetahui dengan melihat ke ban, akan menemukan 4 digit yang dicetak. 4 angka ini menunjukkan minggu dan tahun produksi

    Sebagai contoh, pada gambar di bawah tertera angka 0707. Ini menunjukkan bahwa ban ini diproduksi pada minggu ke-7 dan Tahun ’07, yang berarti pada bulan Februari 2007, sehingga tanggal kadaluarsa jatuh pada Februari 2011.

    [​IMG]
    Kode Produksi Ban

    Tekanan angin (PSI)
    Hal penting lain yang kita seringkali lalai adalah tekanan yang tepat, sebagian besar SPBU atau bengkel (pompa ban/angin) akan mengkalibrasi pada 28 PSI dan jika Anda akan melakukan perjalanan jauh, mereka bahkan dalam banyak kasus membuat tekanan 24-26 PSI, dengan alasan “panas di jalan raya sehingga tekanan akan naik”. TOLONG JANGAN BIARKAN HAL INI TERJADI. karena udara panas tidak akan menaikkan tekanan ban anda.

    Di sisi ban, Anda akan menemukan tekanan maksimum. Beberapa memiliki tekanan maksimum 32 PSI, beberapa pada 44 PSI dan bahkan ada 50 PSI. Periksa ban untuk melihat berapa tekanan maksimumnya. Pada praktek yang dapat diterima, anda dapat mengisi lebih kurang sedikit dari tekanan maksimum yang diijinkan, tetapi tidak terlalu banyak. Misal Maksimal tekanan 32 PSI, maka tekanan yang dapat diterima harus berada antara 28-32 PSI (kurang lebih -6 PSI dari tekanan yang diijinkan)

    [​IMG]
    Tekanan Ban

    [​IMG]
    Tingkat Panas

    Beban angkut maksimum
    Hal lain yang juga tak kalah penting untuk dipertimbangkan adalah beban angkut ban, sering kali kita membebani kendaraan tanpa memperhatikan kekuatan ban itu sendiri, sehingga melebihi nilai beban maksimum yang dapat menyebabkan kecelakaan.

    Contoh : Tertera angka 109T itu mempunyai arti bahwa index beban tersebut adalah 109, dan kekuatan maksimum angkut adalah 1030kg.

    [​IMG]
    Tabel Beban Ban

    [​IMG]
    Kode Beban Ban

    Rating kecepatan
    Rating kecepatan pada ban ditandai dengan huruf setelah indeks beban.
    Misal seperti di atas 109T, maka rating kecepatannya ditandai dengan huruf “T”, kecepatan maksimumnya adalah 190 Km/jam.

    [​IMG]
    Tabel Rating Kecepatan

    Ukuran Ban
    Banyak dari kita membeli ban di toko/spesialis dan ketika mereka meminta ukuran, kita hanya membaca dan mencatat dari yang lama dan memberikannya kepada orang di toko, tapi apakah kita mengerti arti angka-angka tersebut?

    Contoh : Tertera angka P265/60R18. Arti dari angka dan huruf tersebut adalah
    P = khusus mobil penumpang
    265 = Panjang ban dalam milimeter
    60 = Rasio tinggi dengan lebar, dalam hal ini 60% dari lebar.
    R = tipe radial
    18 = Ukuran pelek kendaraan

    Untuk Motor : 80/90-17 atau 80/90-14
    80 = Lebar ban motor
    90 = tinggi ban motor
    17 atau 14 = ukuran pelek motor tersebut
    Dan juga sebagai tambahan, untuk sebagian besar ban baik mobil maupun motor, memiliki tanda panah, yang mempunyai arti sebagai arah putaran ban tersebut. Dan tolong bagi motor, jangan sampai arah panah terbalik, karena akan menyebabkan selip / licin dan akhirnya kecelakaan.

    Temperatur
    Ini untuk menunjukkan tingkat ketahanan ban terhadap panas. Yang di simbolkan dalam huruf dari tertinggi sampai terendah, yaitu A (panas), B (normal) dan C (dingin).

    Traksi
    Traksi adalah kemampuan untuk berhenti di jalanan basah. Sebuah nilai traksi yang lebih tinggi akan memungkinkan kendaraan berhenti di jalan basah dalam jarak pendek dari pada nilai yang lebih rendah. Traksi dinilai dari tertinggi sampai terendah sebagai “AA”, “A”, “B” dan “C”

    Demikianlah penjelasan kami tentang merawat ban kendaraan. Mudah-mudahan dengan ilmu ini anda akan lebih memperhatikan ban sebagai bagian vital dari sebuah kendaraan dan juga keselamatan perjalanan.
    Sebelum selesai, kami juga memberikan tips sesuai pengalaman kami, yaitu jangan sekali-kali menggunakan oli ataupun cairan yang mempunyai campuran oli sebagai bahan atau bantuan agar garis pinggir dapat “duduk” seimbang pada pelek, karena oli selain menyebabkan korosi perlahan-lahan pada pelek, oli juga dapat menyebabkan keretakan pada karet, pada akhirnya keselamatan terancam.

    Saling berbagi dan menyayangi bumi adalah Kasih Sayang Terindah.
    -Habib-

    sumber : https://habiko.net/2015/02/25/perawatan-ban-kendaraan-untuk-keselamatan/
     
  2. adi hasan

    adi hasan Member

    Joined:
    Jul 6, 2015
    Messages:
    776
    Likes Received:
    42
    Trophy Points:
    28
    info yang sangat bermnfaat, pasti banyak yang belum tahu, termasuk saya. ini pengetahuan baru buat saya
    thanks..
     
  3. LASTU FLORA

    LASTU FLORA Super Level

    Joined:
    May 29, 2014
    Messages:
    2,088
    Likes Received:
    255
    Trophy Points:
    83
    Wih sharenya top morkotop ,,, baru tau saya akan hal ini dan memang jarang atau bahkan tidak memperdulikan .. Ntar saya lihat ah dan dipraktekan gan , sekarang jaga toko dulu..heheheh
     
  4. abditea

    abditea Member

    Joined:
    Sep 24, 2014
    Messages:
    503
    Likes Received:
    23
    Trophy Points:
    18
    Ternyata seperti itu ya tips mengenai ban yang kadang ga ngeh sama pengendara
     
  5. AquariuZ

    AquariuZ Active Member

    Joined:
    Apr 16, 2015
    Messages:
    1,006
    Likes Received:
    88
    Trophy Points:
    48
    @adi hasan, kayaknya seh begitu aden
    @Dadan rusdan, tapi ada beberapa tidak ada di ban motor ya... :D
    @abditea, kayaknya pengendara memang kadang gak ngeh
     
  6. AquariuZ

    AquariuZ Active Member

    Joined:
    Apr 16, 2015
    Messages:
    1,006
    Likes Received:
    88
    Trophy Points:
    48
    @hadi, banyak den soalnya itu salah satu parts kendaraan yang termasuk krusial
     
  7. LASTU FLORA

    LASTU FLORA Super Level

    Joined:
    May 29, 2014
    Messages:
    2,088
    Likes Received:
    255
    Trophy Points:
    83
    iya gan ada beberapa setelah saya cek,,,heheh gpp sih , mungkin di ban lain mobil kayaknya, kalo saya ceknya di motor,,heheh
     
  8. AquariuZ

    AquariuZ Active Member

    Joined:
    Apr 16, 2015
    Messages:
    1,006
    Likes Received:
    88
    Trophy Points:
    48
  9. Meldawati

    Meldawati New Member

    Joined:
    Aug 5, 2015
    Messages:
    13
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    3
    Mudah-mudahan dengan ilmu ini kita jadi lebih aware ya untuk keselamatan perjalanan kita, tapi kita juga harus memperhatikan perlindungan asuransi mobil kita lohh, di klik ya
     
    Last edited by a moderator: Aug 19, 2015
  10. firman

    firman Member

    Joined:
    Aug 31, 2014
    Messages:
    335
    Likes Received:
    14
    Trophy Points:
    18
  11. mobileone

    mobileone Member

    Joined:
    Jul 28, 2015
    Messages:
    136
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    16
Loading...

Share This Page