Hal yang Perlu Anda Ketahui untuk Mulai Mengelas

Discussion in 'Otomotif' started by Ahwas, Nov 8, 2019 at 4:25 PM.

  1. Ahwas

    Ahwas Member

    Joined:
    Nov 16, 2017
    Messages:
    57
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]

    Mesin las listrik - Sejak awal era industri, tukang pipa dan tukang las telah terhubung erat dalam industri bangunan dan logam. Faktanya adalah sebanyak pipa plastik menjadi lebih umum dalam perdagangan pipa, sebagian besar pipa adalah logam dan di mana ada baja ada pengelasan. Maka dari itu, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui untuk mencapai pengelasan yang berkualitas.

    1. Keamanan

    Sebelum Anda memulai pengelasan, pastikan Anda memiliki mesin yang tepat, termasuk berbagai perlengkapannya. Mulai dari jaket tahan api, kacamata pengaman, sarung tangan las, dan helm las yang disetujui. Untuk mempermudahkan Anda menemukan helm las yang tepat, maka carilah helm yang gelap otomatis. Pastikan juga Anda memiliki ventilasi yang memadai atau memanfaatkan sistem ekstraksi asap. Selain perlengkapan, Anda juga perlu memperhatikan keamanan saat mengelas. Beberapa tips keamanan tersebut adalah jangan mengelas pada atau dekat bahan yang mudah terbakar dan pilih lokasi yang akan memberi Anda banyak ruang untuk membiarkan bunga api beterbangan.

    2. Proses Pengelasan

    Jangan meremehkan persyaratan ini! Proses pengelasan ini tetap perlu diperhatikan, karena mulai dari yang paling mudah hingga yang lebih sulit, semua proses ini akan membutuhkan lebih banyak keterampilan dan pengalaman untuk dikuasai. Adapun berbagai proses pengelasan tersebut adalah MIG, Stick, Flux-Cored, dan TIG.

    · MIG (metal inert gas) dan flux-cored adalah jenis pengelasan kawat. Pengelasan kawat sendiri merupakan bentuk pengelasan yang menggunakan gulungan kawat yang diumpankan melalui pistol dan umpan kawat yang konstan meminimalkan start dan stop sehingga memudahkan bagi tukang las yang relatif tidak berpengalaman untuk membuat sambungan yang terlihat bagus. Ini juga lebih cepat, lebih ekonomis, dan lebih cocok untuk mengelas logam lembaran tipis.

    Untuk pengelasan MIG ini bergantung pada aliran gas pelindung yang konstan untuk melindungi lasan dari kontaminasi. Gas itu dimasukkan ke dalam pistol las dari botol gas. Sedangkan, pengelasan flux-cored menggunakan kawat yang dirancang khusus untuk digunakan dengan atau tanpa gas pelindung tergantung pada kawat yang digunakan.


    · Stick welding (juga disebut SMAW) seringkali merupakan pilihan terbaik untuk melakukan perbaikan cepat dan seringkali merupakan proses pertama yang dipelajari oleh kebanyakan pemula. Mudah diatur dan seperti namanya, ia menggunakan tongkat elektroda. Jadi, Anda tidak memerlukan pengumpan kawat.

    · TIG (tungsten inert gas) welding lebih disukai untuk pekerjaan arsitektur atau pekerjaan otomotif di mana lasan harus terlihat bagus. Ini juga merupakan cara yang baik untuk mengelas logam tipis dan lembaran logam dan mencapai tampilan yang mulus. Pada skala kesulitan, TIG biasanya dianggap yang paling sulit untuk dipelajari, tetapi itu tidak lepas dari kendali Anda jika Anda berupaya keras untuk itu.

    3. Input Voltage

    Secara umum, input voltage yang lebih rendah cukup untuk mengelas bahan yang lebih tipis, sedangkan input voltage yang lebih tinggi akan memungkinkan Anda untuk mengelas bahan yang lebih tebal. Sebagian besar tukang las pemula akan mendapat manfaat dari mesin yang menawarkan tegangan ganda (baik 110v dan 230v) sehingga ketika mereka semakin percaya diri, mereka tidak akan terbatas.

    Itulah 3 dari 6 hal yang perlu Anda ketahui untuk mencapai pengelasan yang berkualitas. Seperti yang telah dijelaskan pada poin 1, Anda perlu mendapatkan mesin las yang berkualitas agar proses mengelas Anda pun dapat aman dan berkualitas. Untuk Anda yang ingin memperoleh berbagai jenis mesin las berkualitas, maka Anda dapat memperolehnya melalui teknikmart.com, sebuah situs berbelanja mesin dan peralatan teknik secara online.
     
Loading...

Share This Page