Hal yang Perlu Diketahui Tentang Diet Diabetes dan Menu Catering Diabetes

Discussion in 'Health & Medical' started by mikailhaykal, Jul 31, 2020.

?

Apakah Anda sudah tahu tentang diet diabetes

  1. Sudah

    0 vote(s)
    0.0%
  2. Belum

    0 vote(s)
    0.0%
Multiple votes are allowed.
  1. mikailhaykal

    mikailhaykal New Member

    Joined:
    Jul 18, 2020
    Messages:
    6
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    [​IMG]
    Diabetes menjadi salah satu penyakit yang paling banyak diderita oleh penduduk dunia. DI tahun 2019, Indonesia sendiri berada di urutan ke 6 sebagai salah satu negara dengan jumlah penderita diabetes terbanyak di dunia. Ada berbagai faktor atau penyebab yang membuat seseorang dapat menderita diabetes. Seperti, gaya hidup yang tak sehat seperti merokok dan suka mengkonsumsi alkohol, jarang berolahraga, obesitas, dan yang paling banyak dijumpai adalah karena adanya keluarga yang memiliki keturunan diabetes atau yang sering disebut dengan sebutan faktor genetik. Bagi orang yang memiliki penyakit diabetes atau berisiko menderita diabetes pada umumnya akan disarankan untuk melakukan diet diabetes.

    Menu diet diabetes sendiri cukup berbeda dari menu diet pada umumnya. Biasanya untuk menentukan menu diet diabetes yang tepat dengan gizi seimbang, banyak pasien diabetes yang menggunakan layanan jasa boga yang menyediakan menu catering diabetes. Untuk lebih memahami mengenai diet diabetes serta apa saja menu catering diabetes yang tepat coba simak pembahasannya berikut ini.

    Apa itu Diet Diabetes?
    [​IMG]
    Jika jenis diet lainnya memiliki aturan yang ketat dalam mengurangi porsi makan, maka lain halnya dengan diet untuk penderita diabetes ini. Diet diabetes menganjurkan bagi orang yang menjalankannya untuk mengatur pola makannya dengan menu-menu bergizi dalam takaran porsi yang tepat serta mengikuti aturan waktu makan yang teratur. Serta menggunakan bahan-bahan makanan yang lebih sehat dan alami, rendah lemak dan kalori namun kaya akan kandungan nutrisi dan vitamin. Jenis bahan makanan yang umumnya dianjurkan sebagai menu catering diabetes adalah berupa buah-buahan, sayuran, dan juga biji-bijian.

    Mengapa Pasien Diabetes dan Prediabetes Perlu Menjalankan Diet Diabetes?
    [​IMG]
    Biasanya dokter yang menangani para pasien diabetes maupun orang yang mengalami gejala diabetes (prediabetes), akan merekomendasikan untuk berkonsultasi dengan ahli gizi untuk menentukan pola makan serta menu catering diabetes yang tepat agar membantu mengendalikan kadar gula darah serta menjaga berat badan.

    Sebab saat mengkonsumsi makanan yang tinggi kandungan kalori dan lemak, maka tubuh akan mengalami kenaikan glukosa (gula) darah. Jika tidak dikontrol dengan baik maka kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan yang serius, seperti hiperglikemia atau kadar gula darah yang sangat tinggi, yang bisa menyebabkan komplikasi kronis seperti kerusakan saraf, ginjal, dan hati.

    Hal tersebut berlaku untuk semua orang. Sedangkan pada penderita diabetes, tentu resiko mengalami kondisi komplikasi tersebut pun akan semakin meningkat. Oleh karena itu sangat penting untuk pasien diabetes dan orang dengan gejala diabetes untuk menjalankan diet diabetes secara teratur. Selain itu, bagi pasien yang mengalami diabetes tipe 2, penurunan berat badan juga dapat membantu mengontrol gula darah dan memberikan sejumlah manfaat kesehatan lainnya.

    Tak hanya diperuntukkan bagi orang yang mengalami diabetes. Menu catering diabetes juga baik untuk dikonsumsi oleh orang yang tidak memiliki penyakit diabetes, yang ingin menurunkan berat badan dengan cara sehat dan aman.

    Menu Catering Diabetes yang Tepat
    [​IMG]

    Diet diabetes tidak menganjurkan untuk sama sekali tidak mengkonsumsi karbohidrat atau kalori. Bahkan saat menjalankan diet diabetes Anda harus memastikan bahwa tubuh mendapat asupan kalori yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, dan diimbangi dengan makanan bergizi lainnya. Bagi beberapa orang menghitung asupan kalori dan nutrisi yang sesuai kebutuhan tubuh merupakan hal yang tidak mudah. Oleh karena itu menggunakan jasa catering sehat dapat membantu untuk menyiapkan menu makanan yang sesuai. Menu catering diabetes yang biasanya disediak an oleh jasa catering juga memperhatikan benar kandungan gizi dan kalori dalam setiap masakannya. Beberapa menu yang biasanya terdapat di dalam sebuah menu catering diabetes sendiri mencakup;
    • Menu Catering Diabetes dengan Karbohidrat Sehat
    Para pasien diabetes sangat dianjurkan untuk mengurangi konsumsi karbohidrat. Jenis karbohidrat yang perlu dihindari oleh para penderita diabetes diantaranya adalah nasi putih, makanan yang terbuat dari tepung terigu atau yang mengandung gluten. Jadi untuk tetap memenuhi kebutuhan karbohidrat pasien diabetes, menu catering diabetes akan menggunakan nasi merah, brown rice, oats atau roti gandum yang memiliki kandungan glukosa lebih rendah daripada nasi putih dan roti tawar biasa. Selain itu gandum dan biji-bijian juga bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit jantung serta mengendalikan kadar gula dalam darah.
    • Menu Catering Diabetes yang Kaya Serat
    Jika kebanyakan orang akan mengkonsumsi banyak karbohidrat untuk membuat perut kenyang, maka hal itu tidak berlaku untuk para pasien diabetes. Oleh sebab itu agar bisa membuat perut kenyang, menu catering diabetes akan dilengkapi dengan makanan-makanan berserat tinggi. Misalnya sayur-sayuran hijau seperti brokoli dan bayam. Selain bisa membuat perut kenyang tahan lama, makanan berserat juga baik untuk melancarkan sistem pencernaan. Saat sistem pencernaan dapat berproses dengan baik, maka berat badan pun bisa mudah turun.
    • Menu Catering Diabetes Rendah Lemak
    Tak hanya makanan yang tinggi kalori, makanan yang mengandung lemak tinggi seperti makanan bersantan, junk food, serta gorengan juga berisiko tinggi untuk para penderita diabetes, prediabetes, dan orang pada umumnya. Oleh sebab itu menu catering diabetes tidak menggunakan makanan yang mengandung santan, frozen food, maupun mengolah makanan dengan cara digoreng. Namun tubuh manusia tetap membutuhkan asupan lemak, sebab itu pilihan yang tepat adalah memilih makanan rendah lemak.

    Beberapa sumber makanan yang rendah lemak bisa didapatkan dari ikan, alpukat, kacang-kacangan seperti almond, pecan, serta walnut. Sebagai pengganti minyak goreng, biasanya menu catering diabetes akan menggunakan minyak zaitun atau minyak kacang yang diklaim membantu menurunkan kadar kolesterol. Namun, tentunya Anda pun tetap perlu mengontrol konsumsi makanan berlemak rendah ini. Sebab semua makanan yang mengandung lemak juga mengandung kalori.
    • Menu Catering Diabetes dengan Protein Hewani
    Kebanyakan protein hewani memang memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi. Namun tubuh tetap membutuhkan sumber protein hewani. Untuk memenuhi kebutuhan protein hewani, biasanya menu catering diabetes akan menggunakan daging tanpa lemak, atau juga ikan laut yang tinggi protein namun tetap rendah lemak. Ikan laut seperti salmon, cod, dan tuna bisa menjadi pengganti daging merah untuk memenuhi kebutuhan protein hewani harian. Selain itu, beberapa jenis ikan seperti salmon, tuna, sarden, dan juga bluefish dikenal kaya akan asam lemak omega-3, yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung dengan menurunkan trigliserida (lemak darah).
    • Menu Catering Diabetes yang Dilengkapi Buah
    Tak hanya sayuran, mengkonsumsi buah-buahan juga sangat disarankan bagi penderita diabetes untuk memenuhi kebutuhan vitamin. Selain itu buah-buahan juga mengandung gula alami namun tetap dalam kadar yang tidak berlebihan, yang tidak meningkatkan risiko diabetes. Beberapa jenis buah yang disarankan dalam menu catering diabetes diantaranya adalah apel, pisang, alpukat, jeruk, kiwi, dan berbagai jenis berry-berryan. Walau buah-buahan baik untuk kesehatan, namun ada beberapa jenis buah yang juga harus dihindari oleh orang yang mengalami diabetes, misalnya seperti mangga, anggur, semangka, serta buah kalengan, sebab buah-buah tersebut mengandung kadar gula yang cukup tinggi.
    sumber: nasikotakindonesia.com
     
    Last edited: Jul 31, 2020
Loading...

Share This Page