Haruskah Kita Membeli atau Menyewa Fotocopy?

Discussion in 'General Business' started by bintaroweb, Mar 14, 2019.

  1. bintaroweb

    bintaroweb Member

    Joined:
    Jan 31, 2016
    Messages:
    145
    Likes Received:
    34
    Trophy Points:
    28
    [​IMG]

    Ini adalah pertanyaan yang membingungkan yang membanjiri para pengambil keputusan bisnis dalam hal akuisisi peralatan penting untuk kantor. Salah satunya adalah mesin fotokopi.

    Untuk perusahaan dengan permintaan pencetakan tinggi setiap hari, butuh mesin fotokopi dengan tugas berat. Jika bisnis Anda telah berkembang selama bertahun-tahun, Anda mungkin menghadapi kendala jalan apakah akan membeli atau menyewa mesin fotokopi.

    Beruntung bagi Anda yang memiliki cukup uang di kas perusahaan untuk membeli mesin fotocopy. Sayangnya, untuk pemula dan pemilik tunggal, membeli mesin fotokopi berkualitas tidak akan terlintas dalam pikiran mereka karena mereka tidak memiliki uang untuk pembelian tersebut.

    Baik Anda perusahaan besar atau perusahaan kecil, keputusan apakah akan menyewa atau membeli mesin fotokopi harus selalu menghasilkan lebih banyak pendapatan dan kerugian paling kecil untuk bisnis Anda. Peralatan harus membantu perusahaan Anda tumbuh.

    Perlu di ketahui harga mesin fotocopy baru yang standar untuk kantor mulai dari 20jtan untuk mesin kecil dan sampai menyentuh angka 50 juta untuk mesin sedang.

    Melihat angka-angka ini, apakah membeli mesin fotokopi untuk usaha Anda? Jika tidak, maka kami membahas pilihan yang lebih populer bagi banyak bisnis selama dekade terakhir yaitu sewa mesin fotocopy. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui :

    Biaya Terjangkau

    Salah satu keuntungan sewa mesin fotokopi adalah karena biayanya terjangkau, itu mengapa sebagian besar bisnis memilihnya.

    Artinya anda tidak harus menguras besar dari kas perusahaan Anda hanya untuk membelinya. Sesuai dengan ketentuan, sewa mesin fotokopi memungkinkan Anda membayar hanya biaya bulanan untuk penggunaan mesin fotokopi.

    Jumlah itu jauh lebih murah daripada membeli mesin fotokopi baru. Inilah yang membuat sewa mesin fotokopi lebih layak dan menguntungkan daripada pembelian.

    Tidak Ada Depresiasi Asset

    Ini adalah prinsip bisnis sederhana bahwa setiap aset biasa yang Anda beli akan mengalami depresiasi seiring waktu. Baik itu mobil, kabinet, komputer, laptop, atau mesin fotokopi, penyusutan terjadi tepat setelah pembelian.

    Dengan sewa mesin fotokopi, Anda tidak benar-benar mendapatkan peralatan. Anda hanya menyewanya untuk jangka waktu tertentu. Karenanya, itu tidak akan ditambahkan ke neraca perusahaan Anda sebagai aset terdepresiasi.

    Banyak Pilihan

    Seperti yang kami katakan sebelumnya, Anda tidak perlu melihat label harga ketika memilih mesin fotokopi untuk disewakan untuk bisnis Anda. Bahkan dapat menggunakan perangkat multi-fungsi jika perlu.

    Anda dapat memilih mesin dengan kecepatan cetak yang lebih tinggi, layar sentuh yang lebih baik, memiliki fitur konektivitas terbaik, dan kapasitas penanganan kertas yang tinggi. Anda juga dapat memilih dari jajaran merek mesin fotokopi terkemuka. Dan sekali pilihan dibuat, Anda hanya perlu membayar biaya bulanan untuk penggunaannya.

    Tidak Khawatir Masalah Perbaikan

    Salah satu masalah dengan peralatan kantor seperti mesin fotokopi adalah mereka mengalami depresiasi seiring waktu. Ada kemungkinan besar bahwa mereka akan rusak jika tidak dirawat dengan benar dan mereka tidak akan berfungsi karena penggunaan terus menerus yang berat.

    Umumnya perusahaan yang menawarkan perjanjian sewa mesin fotokopi mencakup pemeliharaan dan perbaikan dalam paket mereka. Karena kontrak hanya untuk sewa, perangkat masih menjadi milik perusahaan lessor.

    Karena itu, demi keuntungan mereka, mesin dirawat dengan baik. Itulah alasan utama mengapa lessor mesin fotokopi menangani pemeliharaan dan perbaikan unit yang Anda sewa.

    Dengan biaya tambahan ini, Anda akan merasa tenang bahwa mesin fotokopi Anda tidak akan mengecewakan Anda pada saat Anda sangat membutuhkannya.
     

    Attached Files:

    Last edited: Mar 15, 2019
  2. blackking

    blackking Active Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,213
    Likes Received:
    86
    Trophy Points:
    48
    Kadang ane heran, kenapa untuk poto copy satu lembar cuma 500 rupiah, padahal harga mesin poto copynya mungkin lebih dari jutaan
    butuh berapa lama kembali modalnya
     
  3. Remmy

    Remmy Member

    Joined:
    Dec 5, 2017
    Messages:
    400
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    kalau SOHO sih tidak perlu beli , sekarang sudah banyak printer yang bisa fotocopy , kantor ane juga pake nya printer yang multifungsi bisa print , copy , fax , scan
     
  4. Aditya WP

    Aditya WP Member

    Joined:
    May 29, 2015
    Messages:
    415
    Likes Received:
    47
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Barang2 ginian semacam foto copy dan computer kalau ingin untung besar harus pandai untuk memperbaiki sendiri, kalau tidak bakalan boncoss
     
  5. data123

    data123 New Member

    Joined:
    Jan 17, 2015
    Messages:
    15
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Kalau untuk skala perusahaan sih emang paling enak sewa aja karena mengacu pada penurunan nilai aset tersebut, kecuali barang yang harganya gak terlalu mahal seperti mesin fax panasonic, itu boleh deh kita beli sebagai aset kantor.
     
Loading...

Share This Page