Haruskah Pensiun Jadi Blogger?

Discussion in 'Blogger' started by Muhammad Khoir, Apr 20, 2019.

  1. Muhammad Khoir

    Muhammad Khoir Super Level

    Joined:
    Jun 10, 2014
    Messages:
    2,850
    Likes Received:
    359
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Assalamu'alaikum Wr.Wb.
    Sudah terhitung sangat lama ane tidak menulis di forum tercinta ini. Sebab sekali nulis hanya untuk curhat dan curhat saja. Kenapa ane menulis judul yang demikian? Tentu hal lumrah bagi para blogger seperti ane yang terkena imbas dari update Google. Sejak awal tahun 2019, semua blog sudah tidak bisa diharap, dan mengalami penurunan visitor yang bisa dibilang sangat mengenaskan.

    Sangat berbeda dengan tahun 2016-2017, sangat mudah sekali ternak blog di blogspot untuk target jual. Sebab dengan rentang waktu 3 bulan saja sudah laku sekitar 1 hingga 3 juta / blog. Namun sekarang? Jangan laku, untuk bisa terindeks Google saja sangat lama dan terbilang butuh kesabaran yang lebih ekstra.

    Pertanyaannya, Apakah memang sudah waktunya untuk ane pensiun sebagai Blogger?
    Hal ini masih menjadi tanda tanya yang terus menghantui. Sebab dari segi hobi, ane tidak bisa lepas dari yang namanya internet. Mulai dari suka nulis, suka baca, dan hal lain yang berhubungan dengan dunia maya.

    Terus terang untuk saat ini semua blog sudah terbengkalai dan bahkan hampir lupa email untuk login. Hal ini salah satunya dipengaruhi oleh banyaknya akun yang ane kelola. Jadi ya begitulah.... harus ada catatan tersendiri yang harus disimpan pada ponsel ataupun laptop.

    Untuk profesi, saat ini ane masih menggeluti dunia tulis artikel. Ya lumayanlah bisa dimakan meski tidak sebesar penghasilan yang dulu.

    Sekali lagi maaf ya curhat... Hal ini sekaligus ane tujukan bagi para blogger baru supaya lebih rajin untuk update artikel. Sebab Google sudah menerapan AI yang sangat cerdas, sehingga mungkin akan semakin kecil celah untuk dimaksimalkan.

    Salam Blogger... Wassalam :D
     
  2. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    9,973
    Likes Received:
    2,620
    Trophy Points:
    313
    Wa'alaikusalam Wr. Wb.
    Mungkin sama dengan pertanyaan ini, "Apakah saya akan pensiun jadi guru karena saat ini harus menggunakan komputer untuk pengisian raport, laporan, dsb. Sedangkan saya nggak tahu komputer?"

    Kembali kepada diri kita sendiri. Perubahan akan terus terjadi dan bagaimana kita menghadapi perubahan tersebut.
    Blogger pun bisa dijadikan profesi yang menghasilkan, jika dilakukan dengan serius.
     
    Dewi Nadzifah and toniiantoniio like this.
  3. Muhammad Khoir

    Muhammad Khoir Super Level

    Joined:
    Jun 10, 2014
    Messages:
    2,850
    Likes Received:
    359
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Perumpamaannya keren sekali @KangAndre ... Terus terang dari segi pengelolaan blog sendiri (sudah tidak bisa diharap)... untungnya masih ada sumber jadi penulis... :D
     
  4. LASTU FLORA

    LASTU FLORA Super Level

    Joined:
    May 29, 2014
    Messages:
    2,086
    Likes Received:
    255
    Trophy Points:
    83
    Agak kesindir saya kang...:D:D:D:D
     
  5. LASTU FLORA

    LASTU FLORA Super Level

    Joined:
    May 29, 2014
    Messages:
    2,086
    Likes Received:
    255
    Trophy Points:
    83
    Mungkin bisa digeluti kang yg ini...he he..
    Saya malah cuma jadi peselancar aja sekarang.
     
  6. Muhammad Khoir

    Muhammad Khoir Super Level

    Joined:
    Jun 10, 2014
    Messages:
    2,850
    Likes Received:
    359
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Peselancar mencari ide baru untuk menulis... :D
     
  7. LASTU FLORA

    LASTU FLORA Super Level

    Joined:
    May 29, 2014
    Messages:
    2,086
    Likes Received:
    255
    Trophy Points:
    83
    Sekarang lebih banyak offline kang. He he
     
  8. sahara permata dewi

    sahara permata dewi Member

    Joined:
    Aug 6, 2016
    Messages:
    39
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
  9. Musthafa Kamal

    Musthafa Kamal Active Member

    Joined:
    Jun 15, 2015
    Messages:
    602
    Likes Received:
    100
    Trophy Points:
    43
    Wkwk saya sudah lama pensiun, nulis artikel udah gak konsisten malah puyeng. Pdhal dulu lumayan bisa gajian tiap bulan o_O
     
  10. Aditya WP

    Aditya WP Member

    Joined:
    May 29, 2015
    Messages:
    418
    Likes Received:
    47
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Betul sekali gan, dulu apa aja yang ditulis mudah untuk mendatangkan pengunjung, sekarang mah terbalik, udah capek2 nulis yang bagus pembacanya malah gx ada. Tapi saya masih tetap semangat gan :D :D
     
    Dewi Nadzifah likes this.
  11. ninabobo

    ninabobo Member

    Joined:
    Sep 27, 2016
    Messages:
    49
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    iya setuju sih, mau profesi apapun itu yg penting tekun dan serius...
     
  12. Muhammad Khoir

    Muhammad Khoir Super Level

    Joined:
    Jun 10, 2014
    Messages:
    2,850
    Likes Received:
    359
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Kalau masih ada selingan akan lebih baik meski offline... :D
    Menarik untuk dikomentari.. wkwkwk
    Nah kembali pada gaji... jadi tambah males ngecek blog... Puyeng beneran...
    Smoga tidak ikut surut gan.. tetap pompa terus semangatnya.. :D
    Nah ini dia... tekun dan tekun.. supaya bisa menikmati hasil...
     
  13. rajacarcover

    rajacarcover New Member

    Joined:
    Jan 5, 2018
    Messages:
    9
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Waalaikum Sallam Kang
    Tetap semangat menjadi blogger :D maju terus
     
  14. Dimas Prasetiyo

    Dimas Prasetiyo Member

    Joined:
    Jun 2, 2015
    Messages:
    650
    Likes Received:
    46
    Trophy Points:
    28
    sekarang harus pakek modal bang heheh modal semangat ples nyari alternatif baru
     
  15. Mfauzi

    Mfauzi New Member

    Joined:
    Nov 30, 2018
    Messages:
    7
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Wkwkw jangan pensiun dulu om, bagi-bagi ilmunya ke saya biar ada yang nerusin :)
     
  16. Ngeblog sekarang memang tuntutannya tinggi. Banyak aturan baru dan kita harus selalu mengejarnya. Ibaratnya tiap jam ada aturan baru dan kita harus menyesuaikan.

    Tetapi, para ahli mengatakan hal-hal yang dasar sebenarnya tidak berubah. Tetap seperti dulu. Misalnya, harus bikin artikel, harus mengoptimasi, harus menarik bagi pembaca, harus ada backlink, dsb. Yang terbaru adalah seo untuk mobile.
     
    Last edited by a moderator: Apr 22, 2019
  17. Muhammad Khoir

    Muhammad Khoir Super Level

    Joined:
    Jun 10, 2014
    Messages:
    2,850
    Likes Received:
    359
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Siap laksanakan... :D
    Nah ini dia,, semangat mungkin masih ada... tapi segi alternatifnya tetep buntu...
    Sini tak ajarin... sampek mahir... :D
    Makasih suhu atas masukannya... Mungkin ane harus masuk kelas yang lebih tinggi... Ilmu ane belum nyampek...
     
  18. noer98

    noer98 Member

    Joined:
    Feb 4, 2014
    Messages:
    539
    Likes Received:
    41
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    mungkin harus beralih ke youtube atau fb page dengan adbreak
     
  19. khezo

    khezo Member

    Joined:
    Aug 27, 2017
    Messages:
    57
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    ane full blog udah sekitar 2 tahun ya kadang2 sambil ojek online/taksi online alhamdulilah hasih dari blog udah lebih dari cukup walaupun banyak masalah kek google update/ lain sebagainya alhamdulilah bisa bangkit lagi intinya banyak jalan menuju roma selama ada niat dan kerja keras
     
  20. Muhammad Khoir

    Muhammad Khoir Super Level

    Joined:
    Jun 10, 2014
    Messages:
    2,850
    Likes Received:
    359
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Patut dicoba bang,,,, masih ada niatan untuk maen youtube,,, :D moga aja terlaksana...
    Intinya tidak berfokus pada online saja,,, Itu lebih baik,,, jadi tidak dungu ketika blog terlempar... :D Saran yang baik... matur tengkyu ya
     

Share This Page