Iblis Adalah Pemimpin setelah Tuhan

Discussion in 'General Discussion' started by ngeblogasyikk, May 8, 2015.

  1. ngeblogasyikk

    ngeblogasyikk Well-Known Member

    Joined:
    Feb 1, 2015
    Messages:
    1,207
    Likes Received:
    176
    Trophy Points:
    63
    Taukah kalian sebenarnya dahulu sebelum munculnya manusia pertama kali yaitu Adam. Iblis adalah pemimpin dunia setelah Tuhan.

    Mungkin banyak yang tidak percaya dari kalian. Dulu saya memang tidak percaya akan hal seperti itu, tapi setelah dipikir-pikir memang bisa jadi seperti itu.

    Bisa dinalar juga ketika dulu waktu saya sekolah, guru agama saya bercerita bahwa sebelum diciptakannya Nabi Adam, iblis dan malaikat diciptakan terlebih dahulu.

    Pemikiran saya adalah "Tuhan menciptakan sesuatu pasti dengan niat baik, sedangkan keburukan datangnya dari ciptaanNya sendiri." Begitu juga dengan iblis.

    Kemudian diawal tahun 2015 ini saya mulai searching di internet mengenai kebaikan setan. Dan muncul salah satunya berisikan seperti berikut:

    Kenapa bukan malaikat yang menjadi pemimpin?

    Di dalam hadits2 banyak dijelaskan bahwa malaikat itu sifatnya penurut dan baik hati. Bukan seperti iblis yang bersifat seperti manusia (kadang nurut, kadang setia, kadang juga membangkang).

    Lalu kenapa iblis dikutuk oleh Tuhan?

    Mungkin kebanyakan dari kalian tau alasannya. Tapi saya jelaskan menurut buku pelajaran dan guru saya waktu sekolah. Jadi iblis dikutuk oleh Tuhan karena tidak mau mengakui adanya manusia pertama kali yaitu nabi Adam sebagai pemimpin setelah Tuhan. Alias kedudukan iblis digusur oleh Nabi Adam. Sebenarnya sifat 'cemburu dan sombong' yang membuat kerusakan, seperti iblis waktu itu.

    Pertama: iblis cemburu sombong
    karena Adam diciptakan dari tanah, karena tanah (sifat membangun) lebih baik rendah daripada api (sifat merusak).

    Kedua: tahta iblis diberikan kepada Adam. Tuhan menyuruh malaikat, iblis dan ciptaan lainnya untuk hormat kepada Adam (manusia). Iblis tidak sudi untuk hormat kepada Adam. Walau iblis protes dibantu juga dengan malaikat, tapi Tuhan tetap saja berpegang pada pendirian (dibalik dari keinginan Tuhan, pasti ada kebaikan. Dan mungkin iblis belum menyadarinya begitu juga kita (manusia))

    Hanya dua alasan itu yang baru saya tahu kenapa iblis dikutuk Tuhan. Bila ada yang tau alasan lainnya, silahkan menambahkan.

    Sekian thread yang bisa saya tulis. Thread ini adalah ilmu yang saya dapatkan dari berbagai sumber. Berbagai sumber itu saya rangkum menjadi thread ini. Jika dalam penyampaian saya ada yang 'miss', diharap untuk membenarkan. Karena saya paham bahwa ilmu saya tidak sebanyak dari apa yang Tuhan berikan kepada kita (manusia). Orang yang mau berbagi ilmunya kepada orang lain, niscaya dia akan dikali lipatkan kebaikannya. Amin.
     
    Last edited: May 9, 2015
    Rafdika likes this.
  2. Muhammad Khoir

    Muhammad Khoir Super Level

    Joined:
    Jun 10, 2014
    Messages:
    2,851
    Likes Received:
    359
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Ane g berani kalau ngebahas kayak ginian... Takut salah dan juga tidak mengerti hadist...!
     
  3. Garett

    Garett Super Level

    Joined:
    Apr 13, 2015
    Messages:
    1,090
    Likes Received:
    1,046
    Trophy Points:
    163
    Google+:
    Yes, Seseorang terkadang keliru dalam membedakan Iblis dengan Setan Jin. Walaupun keduanya sama terbuat dari api, padahal keduanya berbeda dan tidak sama. Dan keduanya beriman dan tunduk akan kebesaran dan adanya Allah.

    Iblis hanya satu, dan satu-satunya dari makhluk/umatnya terdahulu yang pernah dimusnahkan oleh Allah, yaitu: Jun. Inilah mengapa tidak ada kata jamak untuk Iblis. Iblis diberikan kekekalan dan tidak akan mati sampai hari kiamat.

    Setan Jin adalah Jin jahat yang menggoda manusia ke jalan sesat. Jin ada banyak, lebih banyak dari manusia dan umurnya panjang. Pernah dikatakan, setiap manusia memiliki Jin. Jin hanya ada dua golongan; 1) Jin Muslim, jin yang berada di jalan yang diridhohi Allah. 2) Jin Kafir atau Jin Setan, jin yang berada di jalan yang sesat.

    Setan di sini dalam arti jahat atau heretic. Setan tidak hanya berupa Jin, ada juga manusia yang akhlaknya seperti Setan.

    Itu saja tambahan-nya. Sekedar berbagi ilmu.
     
    Last edited: May 8, 2015
  4. ngeblogasyikk

    ngeblogasyikk Well-Known Member

    Joined:
    Feb 1, 2015
    Messages:
    1,207
    Likes Received:
    176
    Trophy Points:
    63
    Lebih baik seperti itu. Takutnya kalau salah jadi sesat. Tapi kalau sekedar sharing nggak masalah kok mas :D
     
  5. ngeblogasyikk

    ngeblogasyikk Well-Known Member

    Joined:
    Feb 1, 2015
    Messages:
    1,207
    Likes Received:
    176
    Trophy Points:
    63
    Sepaket mbk. Karena di Alquran juga menyebutkan ketiga (jin,setan,iblis) itu disebutkan tiga, bukan satu :)
     
  6. Muhammad Khoir

    Muhammad Khoir Super Level

    Joined:
    Jun 10, 2014
    Messages:
    2,851
    Likes Received:
    359
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Sharing jga harus hati-hati... Takutnya ada yang salah kaprah...! hehehehe
     
    iidbae likes this.
  7. ngeblogasyikk

    ngeblogasyikk Well-Known Member

    Joined:
    Feb 1, 2015
    Messages:
    1,207
    Likes Received:
    176
    Trophy Points:
    63
    Iya mas harus hati-hati
    Setiap berbagi, bagi saya pasti ada nilai positifnya. Mau itu berbagi kebukuran sekalipun :)
     
  8. Liszton

    Liszton Member

    Joined:
    May 6, 2015
    Messages:
    537
    Likes Received:
    28
    Trophy Points:
    28
    Yang jelas ada alasan mengapa iblis diciptakan. Ada Yin dan ada Yang. Ada kebaikan ada keburukan.
     
  9. ngeblogasyikk

    ngeblogasyikk Well-Known Member

    Joined:
    Feb 1, 2015
    Messages:
    1,207
    Likes Received:
    176
    Trophy Points:
    63
    Iya itu sudah sangat jelas mas:)
     
  10. AquariuZ

    AquariuZ Active Member

    Joined:
    Apr 16, 2015
    Messages:
    1,006
    Likes Received:
    88
    Trophy Points:
    48
    Wah kajian (maaf) tingkat tinggi, menyimak dulu deh, seperti kata Kang @ngeblogasyikk dan Kang @Muhammad Khoir, ilmu ane masih kurang jadi takut salah comment
     
  11. Yusuf.S

    Yusuf.S Well-Known Member

    Joined:
    May 4, 2014
    Messages:
    1,158
    Likes Received:
    100
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    threadnya campur aduk. Ada banyak kepercayaan dari agama selain islam masuk di situ.
     
    ayahnyanadia likes this.
  12. ayahnyanadia

    ayahnyanadia Well-Known Member

    Joined:
    Apr 4, 2013
    Messages:
    1,352
    Likes Received:
    151
    Trophy Points:
    63
    Google+:
  13. ais elkiram

    ais elkiram Well-Known Member

    Joined:
    Feb 10, 2015
    Messages:
    1,289
    Likes Received:
    219
    Trophy Points:
    63
    Tapi Masuk dalam daftar pustaka kayaknya bang,

    Baru dengar ane Sholawat ka’bul Ahbar ... Itu nama orang yah ?
    Syeh jalaluddin assuyuthi

    قال وهب بن منبه أول من أفشى السلام آدم وفي بعض الأخبار ما أفشى السلام قوم الا أمنوا من العذاب والنقمة ثم قالت الملائكة إلهنا هل خلقت خلقا أفضل منا فقال الله تعالى أنا الذي خلقته بيدي وقلت له كن فكان ثم ان الله تعالى أمرالملائكة أن يسجدوا لآدم فكان أول من سجد جبرائيل ثم ميكائيل ثم اسرافيل ثم عزرائيل ثم الملائكة المقربون صلوات الله وسلامه عليهم أجمعين ثم ان الله تعالى أمرابليس بالسجود لآدم فأبى وامتنع من السجود فقال الله تعالى له(ما منعك أن تسجد لما خلقت بيدي) فقال أبليس أنا خير منه خلقتني من نار وخلقته من طين وأنا الذي عبدتك دهرا طويلا قبل أن تخلقه فقال الله تعالى لقد علمت من سابق علمي منك المعصية فلم تنفعك العبادة أخرج من رحمتي مذموما مدحورا لأملأن جهنم منك وممن تبعك فقال ابليس عند ذلك ربي أنظرني الى يوم يبعثون قال انك من المنظرين فعند ذلك تغير خلقته وصار شيطانا رجيما وكان أسمه عزازيل وكان كبار الملائكة ما ترك بقعة من السماء والأرض الا وله فيها ركعة وسجدة ولكن بعصيانه لم تنفعه عبادته وسمى ابليس لأنه أبلس من رحمة الله أي أيس

    Wahhab bin munabbih berkata:

    "pertama kali yang mengumandangkan salam adalah nabi adam dan disebagian kabar ada keterangan,tidaklah suatu kaum yang mengumandangkan salam kecuali mereka selamat dari siksa

    Setelah itu malaikat bertanya,,ya TUHAN kami apakah engkau menciptakan mahluk yang lebih mulia dari pada kami?
    ALLOH menjawab,akulah yang menciptakannya lewat tanganku [ kekuasaan ku ] sendiri dan aku berucap,wujudlah,maka dia jadi wujud.

    Setelah itu ALLOH perintah pada para malaikat untuk sujud pada adam,dan yang pertama sujud adalah jibril,lalu mikail,lalu isrofil lalu izroil kemudian para malaikat muqorrobin sholawatulloh wasalamuhu ajma'in.

    Kemudian ALLOH perintah pada iblis untuk sujud pada nabi adam tapi iblis membangkang dan enggan untuk bersujud.

    ALLOH berfirman:
    " apa yang membuatmu tidak mau bersujud pada mahluk yang aku ciptakan lewat tanganku sendiri?"

    Iblis menjawab:
    "aku lebih mulia dari padanya,engkau menciptakanku dari api sedangkan ia engkau ciptakan dari tanah,dan AKU telah beribadah kepadamu dulu dari masa yang sangat lama sebelum ia engkau ciptakan."

    ALLOH menjawab :
    "dari dahulu aku telah mengetahui bahwa kamu akan durhaka padaku maka semua ibadah yang kamu lakukan tidak akan bermanfaat,
    mulai sekarang keluarlah dari rahmatku,sungguh aku akan memenuhi isi neraka jahannam darimu dan semua pengikutmu."

    setelah itu iblis berkata:

    " ya TUHAN tunggulah saya sampai hari kebangkitan."

    ALLOH berfirman:
    "sungguh kamu tergolong orang-orang yang menunggu."

    Setelah kejadian itu iblis wujudnya berubah menjadi syetan yang terkutuk,nama asli
    iblis adalah "azazil" yang jadi pembesar para malaikat,tiada suatu tempat dilangit maupun dibumi kecuali disitu ia melakukan sujud ibadah pada ALLOH,

    Tapi karena durhaka maka semua ibadahnya menjadi sia-sia , dinamakan iblis karena ia telah ablas/bablas/ambles/putus dari rahmat ALLOH
     
    Last edited: May 8, 2015
    ayahnyanadia likes this.
  14. AquariuZ

    AquariuZ Active Member

    Joined:
    Apr 16, 2015
    Messages:
    1,006
    Likes Received:
    88
    Trophy Points:
    48
  15. ais elkiram

    ais elkiram Well-Known Member

    Joined:
    Feb 10, 2015
    Messages:
    1,289
    Likes Received:
    219
    Trophy Points:
    63
    Mantap tenan hasil copas tadi ,kebetulan ada catatan *jail*
     
  16. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,016
    Likes Received:
    2,642
    Trophy Points:
    413
    Saya masih belum paham tentang "kitab iblis" ada yang bisa membantu?
     
  17. Garett

    Garett Super Level

    Joined:
    Apr 13, 2015
    Messages:
    1,090
    Likes Received:
    1,046
    Trophy Points:
    163
    Google+:
    Ada ide? Ada yang mau kasih keterangan lebih lanjut?

    Saya coba akses halaman sumber asli dan yang tercantum adalah "Israa". Mungkin maksudnya "Al-Israa", surah di Al-Qur'an. Ini akan memakan waktu membaca kembali Al-Qur'an dengan terjemahannya.

    Di Internet, bila kita membahas tentang agama: harus jelas asal-sumbernya. Konten bisa dipertanyakan.
     
  18. farid efendi7

    farid efendi7 Member

    Joined:
    Mar 14, 2015
    Messages:
    133
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    saya pernah baca nih, tapi ada sumber lain yang mengatakan kalau iblis itu adalah jin yang bertakwa dan di angkat ke langit oleh allah swt. oya ada yang tau gak azazil dan lucifer :)
     
  19. ngeblogasyikk

    ngeblogasyikk Well-Known Member

    Joined:
    Feb 1, 2015
    Messages:
    1,207
    Likes Received:
    176
    Trophy Points:
    63
    Emang dilihat dari mananya mas, padahal itu saya carikan dari sumber islam :D
     
  20. ngeblogasyikk

    ngeblogasyikk Well-Known Member

    Joined:
    Feb 1, 2015
    Messages:
    1,207
    Likes Received:
    176
    Trophy Points:
    63
    @ais elkiram nah maksut saya juga gitu. Jadi protesnya malaikat tidak sebrutal Iblis. Makasih mas :)
     
Loading...

Share This Page