Ilmuan Inggris Kembangkan Kamera Yang Dapat Menerawang Organ Tubuh Manusia

Discussion in 'Health & Medical' started by Ace94, Sep 13, 2017.

  1. Ace94

    Ace94 Member

    Joined:
    May 5, 2017
    Messages:
    30
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Para ilmuwan di Inggris telah mengembangkan sebuah perangkat Kamera yang memiliki kemampuan dapat secara langsung meneropong ke dalam tubuh manusia. Harga kamera canggih ini dikabarkan tidak terlalu tinggi sehingga dapat dimiliki oleh berbagai instansi kesehatan.

    [​IMG]

    Perangkat Kamera ini dirancang khusus untuk dapat membantu para dokter untuk melacak piranti medis yang disebut endoskopi ketika pemeriksaan bagian dalam tubuh. Hingga saat ini para staf medis masih harus mengandalkan alat-alat pemindai yang harganya justru cukup mahal. Seperti sinar-X saja harganya cukup tinggi namun dinilai belum cukup maksimal untuk mendeteksi keseluruhan bagian dalam tubuh manusia.

    Kamera terbaru ini bekerja dengan mendeteksi berbagai sumber cahaya di dalam tubuh seperti sinar yang terletak di ujung tabung lentur endoskopi. Prof Kev Dhaliwal yang berasal dari Universitas Edinburgh mengungkapkan jika Kamera ini memiliki potensi yang cukup besar untuk digunakan dalam bergam aplikasi.

    “Kemampuan perangkat ini untuk melihat lokasi endoskopi dalam tubuh sangat penting bagi proses perawatan kesehatan, seiiring dengan niat untuk meinimpalkan pendekatan invasive dalam mengobati penyakit di masa depan”.

    Pada uji coba awal menunjukkan bahwa perangkat prototype Kamera ini bisa melacak sumber titik cahaya melalui jaringan sepanjang 20 cm dalam kondisi normal. Pancaran cahaya endoskopi memang bisa menembus bagian dalam tubuh, namun biasanya menyebar atau memantul pada jaringan dan organ meski tidak bergerak secara langsung.

    Kamera terbaru ini dapat mendeteksi partikel-partikel individu yang sering disebut foton dan sangat sensitive sehingga bisa menangkap jejak kecil cahaya yang melewati jaringan. Kamera ini juga dapat merekam waktu yang dibutuhkan cahaya untuk menyusuri tubuh, dengan kata lain kamera ini bisa menemukan dimana endoskopi berada.

    Para ahli kini tengah melakukan riset agar kamera terbaru ini dapat digunakan di tempat tidur pasien. Proyek yang dipimpin oleh Universitas Edinburgh dan Universitas Heriot ini adalah bagian dari Proteus Interdisciplinary Research Collaboration yang ditujukan untuk mengembangkan berbagai teknologi terbaru untuk mendiagnosis dan mengobati penyakit paru-paru.

    Dr Michael Tanner dari Universitas Heriot-Watt mengungkapkan jika,”Unsur favorit saya dalam pekerjaan ini adalah kemampuan untuk bekerja dengan para dokter untuk memahami tantangan kesehatan praktis, kemudian meyusun teknologi dan prinsip – prinsip canggih yang hanya berada dalam laboratorium fisika untuk memecahkan berbagai masalah nyata”.

    Demi kepentingan medis ini banyak pihak berharap jika proyek ini akan cepat selesai dan segara bisa digunakan oleh banyak pihak agar dapat lebih memaksimalkan proses penanganan medis.

    Sumber Artikel : https://hargakamera.wordpress.com/2...ra-yang-dapat-menerawang-organ-tubuh-manusia/
     
Loading...

Share This Page