Informasi Tentang Keunikan Wisata Danau Toba

Discussion in 'Tourism' started by Dian Nugroho, Jul 24, 2018.

  1. Dian Nugroho

    Dian Nugroho New Member

    Joined:
    Apr 3, 2018
    Messages:
    10
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    [​IMG]

    Danau Toba merupakan danau alam terbesar di Indonesia yang terbentuk dari letusan gunung Toba beberapa tahun ribu yang lalu. Uniknya, di danau ini terdapat pulau Samosir yang tepat berada ditengah-tengah danau atau pulau didalam pulau.

    Bukan itu saja, di pulau Samosir terdapat danau yakni danau Sidihoni yaitu danau diatas danau yang jarang untuk kita temukan bahkan bisa dikatakan satu-satunya di dunia. Penyebutan nama ini melekat pada Danau Sidohoni karena secara geografis, danau ini berada di dalam Pulau Samosir yang berada di Danau Toba. Sehingga disebutlah Danau Sidihoni sebagai danau yang berada di atas danau.

    Hasil para penelitian, Danau Toba terbentuk pada saat ledakan sekitar 73.000 – 75.000 tahun yang lalu dan merupakan letusan Supervolcano (Gunung Berapi Super) yang paling baru. Bill Rose dan Craig Chesner dari Michigan Technological University memperkirakan 800 km yang jatuh sebagai abu terutama ke Barat. Aliran piroklastik dari letusan menghancurkan area seluas 20.000 km, dengan abu setebal 600 M dengan kawah utamanya.

    Letusan semacam inilah yang menyebabkan kematian massal dan kepunahan beberapa spesies makhluk hidup pada saat itu. Menurut beberapa bukti DNA, letusan seperti ini juga menyusutkan jumlah manusia sampai sekitar 60% dari jumlah populasi manusia di bumi pada saat itu, yaitu 60 juta jiwa. Pada letusan ini juga ikut menyebabkan terjadinya zaman es, walaupun sampai sekarang para ahli masih memperdabatkan kebenarannya.

    Wisata Disekitar Danau Toba
    Saat ini Danau Toba dijadikan sebagai bagian dari 10 destinasi unggulan yang dikembangkan oleh pemerintah pusat dan menjadikan Danau Toba sebagai Monaco nya Asia. Berbagai pembangunan terus dilakukan untuk mendatangkan lebih banyak lagi wisatawan kesana baik dalam maupun luar.

    Nah, bagi kamu yang belum tau apa saja wisata yang ada di sekitar Danau Toba, berikut beberapa wisata menarik yang ada di sekitar Danau Toba :

    1. Parapat

    [​IMG]

    2. Pulau Samosir

    [​IMG]

    3. Air Terjun Sipiso-piso

    [​IMG]

    4. Taman Simalem

    [​IMG]

    5. Bukit Indah Simarjarunjung

    [​IMG]

    6. Air Hangat Pangururan
    [​IMG]

    7. Pantai Pasir Putih Parbaba

    [​IMG]

    8. Paropo

    [​IMG]

    Semua destinasi diatas menampilkan view Danau Toba atau tak jauh dari bibir pantai Danau Toba di beberapa kabupaten yang mengelilinginya. Untuk kesana anda bisa menggunakan paket wisata Danau Toba atau lake toba tour package dari beberapa travel agent di Indonesia. Nah, happpy fun dan selamat berlibur !!
     
Loading...

Share This Page