Ingin Cepat Hamil? Coba Lakukan Tips Olahraga Berikut Ini

Discussion in 'Health & Medical' started by JMKM, Jul 28, 2017.

  1. JMKM

    JMKM New Member

    Joined:
    Apr 12, 2017
    Messages:
    18
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Apabila Anda serta pasangan Anda sedang melakukan program khusus agar dapat segera hamil, maka jangan pernah melupakan kebugaran tubuh Anda. Kebugaran tubuh sangatlah menentukan agar peluang hamil dapat terwujud. Salah satu cara menjaga kebugaran tubuh Anda adalah dengan melakukan olahraga. Inilah beberapa tips olahraga agar cepat hamil yang dapat Anda lakukan.

    Tips olahraga agar cepat hamil

    Olahraga merupakan cara terbaik yang dapat Anda lakukan dalam menjaga kebugaran tubuh Anda. Namun, sebaiknya Anda tidak sembarangan melakukan kegiatan tersebut. Ada beberapa aturan main dalam berolahraga yang dapat Anda lakukan jika ingin program kehamilan sebagai salah satu cara agar cepat hamil dapat tercapai, antara lain yaitu:

    1. Berkonsultasi ke dokter

    Sebelum Anda melakukan olahraga atau latihan tertentu, sebaiknya Anda diskusikan terlebih dahulu dengan dokter Anda mengenai kondisi fisik serta kebutuhan Anda. Hal ini disebabkan setiap tubuh masing-masing wanita berbeda-beda. Oleh sebab itu, jenis dan aturan olahraganya pun tentu berbeda antara satu wanita dengan wanita lainnya.

    Misal, saat ini Anda sedang mengalami obesitas sehingga mengakibatkan sulit untuk mengalami kehamilan. Hal itu berarti Anda harus memfokuskan diri Anda untuk mencapai berat badan ideal terlebih dahulu sebelum berusaha untuk mempunyai keturunan, sehingga jenis olahraganya pun harus disesuaikan dengan kebutuhan tubuh Anda.

    Semua itu dapat dilakukan sesuai dengan nasihat medis dari dokter, sebab hanya dokter yang dapat menilai kondisi serta kebutuhan tubuh Anda.


    2. Mulai rutin berolahraga

    Ketika Anda sudah mulai berpikir untuk berolahraga, maka lakukanlah dan jangan sampai menunggu hingga Anda hamil untuk mulai merutinkan berolahraga. Oleh sebab itu lakukanlah olahraga mulai dari sekarang saat Anda mulai mengusahakan diri Anda agar segera hamil. Hal ini dikarenakan, jika telah dibiasakan dari sekarang, maka selanjutnya saat Anda hamil, berolahraga akan terasa lebih mudah dan lebih menyenangkan.

    Berdasarkan penelitian di dalam jurnal Fertility and Sterility tahun 2012 menyebutkan bahwa dengan melakukan olahraga secara rutin, maka akan dapat mempercepat peluang Anda untuk dapat mengalami kehamilan. Adapun beberapa olahraga yang dapat Anda lakukan, antara lain yaitu lari, berenang, naik sepeda, yoga, dan berjalan kaki.


    3. Melakukan core training

    Core training merupakan latihan fisik yang bertujuan untuk menguatkan otot inti pada bagian perut, punggung, serta bagian pangkal paha. Latihan ini akan membantu diri Anda dalam menjaga keseimbangan serta postur tubuh Anda agar lebih stabil. Kedua hal ini sangatlah penting, sebab saat hamil nanti, payudara serta perut wanita biasanya akan mengalami pembesaran.

    Oleh karena itu, core training sangatlah penting agar Anda dapat terhindar dari nyeri punggung, mengurangi resiko jatuh, serta membantu menguatkan otot inti yang menahan beban tubuh saat Anda hamil nantinya.


    4. Menghindari olahraga secara berlebihan

    Lakukanlah olahraga dengan intensitas serta kadar yang wajar, sebab hal itu dapat meningkatkan peluang terjadinya kehamilan. Akan tetapi, jangan lakukan olahraga secara berlebihan, sebab hal itu akan membuat Anda menjadi semakin sulit hamil. Olahraga yang berlebihan tentunya akan menguras tenaga sehingga tubuh Anda menjadi terlalu stress.

    Penelitian membuktikan bahwa olahraga yang dilakukan secara berlebihan dalam jangka waktu lima jam dalam seminggu atau bahkan lebih, dapat menekan peluang terjadinya kehamilan sebesar 42 persen. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk berolahraga sewajarnya saja.


    5. Latihan kardio

    Salah satu cara agar cepat hamil lainnya adalah dengan melakukan latihan kardio seperti berjalan cepat, jogging, atau berenang. Hal ini dikarenakan berbagai aktifitas tersebut telah terbukti bermanfat untuk dapat meningkatkan kebugaran serta mempertahankan berat badan ideal Anda selama Anda sedang mengusahakan terjadinya kehamilan. Selain itu, latihan kardio ternyata sangat baik untuk kesehatan jantung Anda, apalagi ketika Anda telah hamil nanti. Namun, latihan kardio yang Anda lakukan harus mempunyai intensitas sedang apabila Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal.

    Sangat disarankan untuk melakukan latihan kardio selama setengah jam dalam satu hari. Agar Anda tidak cepat merasa bosan, Anda dapat menyelingi jenis olahraga berbeda setiap harinya.


    6. Melakukan olahraga bersama pasangan

    Untuk cepat hamil, sebaiknya bukan hanya wanita saja yang berolahraga, akan tetapi calon ayah juga diharuskan rutin untuk berolahraga. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan tingkat kesuburan serta peluang hamil. Oleh karena itu, sangat disarankan bagi Anda untuk berolahraga secara bersama-sama setiap hari.

    Hal ini disamping sebagai upaya untuk dapat menjaga kebugaran, aktifitas fisik secara bersama-sama dengan pasangan Anda justru akan lebih mendekatkan diri Anda berdua sebab tumbuhnya rasa saling mendukung satu sama lain.

    Itulah beberapa tips olahraga agar cepat hamil. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda.
     
  2. Jumadil

    Jumadil Member

    Joined:
    Mar 15, 2015
    Messages:
    214
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    sayangnya belum ada objek yang bisa disalurin sesuatu yang bisa membuat cepat hamil.
    *kesepian*
     
  3. JMKM

    JMKM New Member

    Joined:
    Apr 12, 2017
    Messages:
    18
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    usaha terus mas @Jumadil ngejar objeknya hehehehe :p
     
  4. maurin patiasia

    maurin patiasia New Member

    Joined:
    May 22, 2018
    Messages:
    3
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    bener banget. selalu konsultasi ke dokter dulu. bisa jadi ada masalah dari sisi kesuburan suami or istri
     
  5. enter1kali

    enter1kali Member

    Joined:
    Apr 5, 2013
    Messages:
    416
    Likes Received:
    18
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    supaya bisa kuat olah raga siang dan malam, maka istirahat yang cukup dan makanan bergizi juga menjadi wajib ya :)
     
Loading...

Share This Page