Ingin Dapatkan Modal Tambahan? Simak Caranya Disini

Discussion in 'General Discussion' started by harsonoegi, Jun 4, 2020.

  1. harsonoegi

    harsonoegi Member

    Joined:
    Sep 23, 2019
    Messages:
    123
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    Namun banyaknya modal juga tidak menjamin perusahaan dapat berjalan dengan lancar. Disaat pandemi seperti sekarang ini, banyak pelaku usaha yang ketar ketir bahkan sampai kekurangan modal untuk menutup biaya produksi. Bagaimanakah tips mencari modal usaha tambahan bagi bisnis Anda?

    Menabung

    Menabung adalah cara kegiatan ekonomi paling mendasar yang selalu diajarkan sejak kecil. Menabung menjadi cara paling ampuh dan mudah. Tabungan ini dapat menjadi modal dalam usaha Anda dan memompa jantung perusahaan Anda.

    Anda harus lebih jeli memperhitungkan target kapan kira-kira uang tabungan cukup untuk modal. Tabungan memakan waktu yang lama jika Anda hanya menyisihkan uang setiap bulannya. Untuk itu penting sekali untuk membedakan rekening untuk menabung dan modal operasional perusahaan Anda.

    Partner Bisnis

    Suntikan dana dari rekan bisnis bisa menjadi alternatif mencari modal untuk usaha Anda. Tentunya Anda harus tahu dan memahami seperti apa rekan bisnis Anda sebelumnya. Anda juga membutuhkan perjanjian kerjasama yang jelas bersama partner secara rinci dari hak, kewajiban serta tanggung jawab dan pembagian hasil sehingga semua jelas di awal sebelum Anda melakukan kerjasama.

    Mencari Investor

    Inilah aspek yang paling sering kita cari yaitu mencari pendana atau investor. Investor lebih menyukai pendanaan pada usaha yang telah berjalan. Investor akan menilai bagaimana perkembangan usaha yang dijalankan termasuk keuntungan yang didapat. Investor pasti akan lebih mudah tergiur memberikan suntikan dana jika bisnis Anda berkembang dengan baik. Yang perlu diperhatikan adalah pastikan semua perjanjian, hak, kewajiban, tanggung jawab termasuk juga pembagian keuntungan ditulis dan ditandatangani dengan jelas.

    Jangan lupa dalam memberikan informasi pada investor haruslah jelas, kondisi keadaan usaha atau perusahaan seperti apa saat ini. Sejarah perjalanan yang jelas dapat membantu sang investor. Dengan kejujuran, Anda dapat mempengaruhi investor dalam memberikan suntikan dana.

    Pengajuan Pinjaman

    Cara berikutnya adalah pengajuan pinjaman. Pinjaman diharapkan tidak melibatkan Bank dan rentenir. Mengapa demikian? Karena dalam pinjaman tersebut akan ada bunga yang akan dibebankan kepada Anda sebagai debitur. Diharapkan pengajuan pinjaman yang bisa dilakukan adalah pinjaman yang bersifat pribadi dari keluarga atau teman. Dengan begitu Anda tidak akan terlilit hutang terhadap bunga bank atau rentenir yang akan mempengaruhi bisnis Anda nantinya.

    Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan modal tambahan bagi usaha atau bisnis Anda. Tentu, dana segar yang Anda dapatkan harus dimanfaatkan dengan baik agar tujuan awal berbisnis berjalan sesuai rencana. Jangan lupa untuk terus melakukan evaluasi serta mengelola keuangan perusahaan dengan profesional agar keuntungan yang didapat bisa lebih maksimal lagi. Pencatatan keuangan yang baik juga akan memberikan keuntungan tersendiri bagi bisnis Anda.
     
Loading...

Share This Page