Ingin Sukses Menjadi Travel Blogger? Ikuti Tips Blogger Medan Ini

Discussion in 'Internet Marketing' started by Silaen Medan, Mar 18, 2019.

  1. Silaen Medan

    Silaen Medan Member

    Joined:
    Dec 31, 2017
    Messages:
    153
    Likes Received:
    17
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Salah satu kegiatan 'niche' blogging yang banyak dipilih oleh para blogger adalah travelling blogger, yakni berupa catatan perjalanan blogger ke tempat-tempat terindah di dunia. Apalagi bila website travel blogger tersebut sudah menghasilkan 'duit', tentu semakin menyenangkan. Mengapa? Karena selain bisa bersenang-senang saat bepergian ke tempat-tempat wisata yang indah nan menawan, travel blogger juga bisa mendapatkan penghasilan dari kegiatan monetisasi blognya dari jasa pasang iklan google adsense (GA) ataupun dari iklan premium yang disewa oleh perusahaan advertiser.

    Namun untuk menjadi seorang travel blogger yang profesional dan sukses menghasilkan uang tidak semudah mengucapkannya. Karena sangat membutuhkan kerja keras dan perjuangan panjang untuk mewujudkannya. Selain harus adanya konsistensi menulis, blogwalking dan menambah jaringan, serta gencar memanfaatkan channel promosi online agar blog travelling semakin terkenal, apalagi sampai memiliki brand terbaik hasil pencatatan di halaman pertama google akibat kinerja SEO yang terbaik.

    Dalam catatan dan analisa penulis selaku blogger asal kota medan, sedikitnya ada 3 (tiga) tips yang bisa digunakan sebagai strategi jitu untuk membuat situs travel blogger milik anda bisa sukses dengan cepat dan memetik keuntungan ‘uang’ dari aktivitas di dunia travel blogger. Tips tersebut adalah:

    1) Situs Berisi Konten Yang Menjelaskan Dengan Lebih Detail
    Tips ini bisa sobat terapkan untuk menjadi seorang travel blogger yang sukses dengan cara menjelaskan atau mendeskripsikan kisah perjalanan Anda dengan lebih terperinci atau detail. Dengan kisah 'content' yang lebih detail di blog yang tersaji lebih informatif, maka berpeluang besar akan banyak dibaca dan disukai oleh pengunjung.

    Nah, cerita perjalanan informatif yang anda susun dan sajikan dalam sebuah artikel, misalnya rute perjalanan wisata, pilihan tempat penginapan, daerah yang memiliki kuliner yang bercita rasa 'goyang lidah' atau mungkin juga tempat yang menjual beraneka oleh-oleh ataupun berbagai tempat pilihan jasa tour guide yang profesional maupun murah. Meskipun informasi ini kurang berhubungan dengan tempat wisata yang akan di ulas dan dipublikasikan, namun blog yang menyajikan informasi lebih detail akan memiliki nilai tambah tersendiri yang akhir-akhir ini banyak dicari oleh para penikmat dunia wisata.

    Namun untuk mendapatkan dan menghimpun informasi secara detail, memang harus berjuang lebih ekstra dan membutuhkan tips khusus. Misalnya, anda mungkin saja harus melakukan wawancara kepada beberapa pihak atau orang tertentu untuk mendapatkan informasi yang jelas. Dengan tulisan yang detail ini, blog travel Anda akan dilihat sebagai blog yang paling berkompeten dan kemungkinan untuk mendapatkan hasil dari monetisasi akan semakin terbuka lebar, karena secara tidak langsung sudah menanamkan berbagai kata kunci yang bisa saja diincar atau dicari oleh para pegiat dunia googling dari seluruh penjuru dunia.

    2) Teliti dan Perhatikan Kualitas Tulisan
    Satu tips SEO 2019 yang masih berlaku dalam dunia travelling blogger maupun googling bahwa "Content is The King". Ya secara prinsipil semua tipe atau jenis blog yang digunakan, content yang didominasi tulisan (teks) menjadi hal paling penting untuk dijadikan 'bazooka' senjata utama dalam kegiatan blogging dan kebutuhan untuk tampil unggul di search engine. Dalam website yang bersumber dari travel blogger medan agar cepat sukses di kelola, maka usahakan agar tulisan langsung mengarah ke jenis tulisan jurnalistik yang informatif dan telah tertancap teknik SEO yang sesuai dengan standar upgrade algoritma google terbaru.

    Perihal membuat konten, maka penulis memberikan tips agar menggunakan bahasa yang baik dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) dan yang benar hingga tulisan enak untuk dibaca oleh siapa saja dari berbagai status sosial. Disamping itu, karena travel blogger ini lebih mengarah pada segmentasi anak muda, maka sesekali bisa menggunakan gaya bahasa anak muda 'generasi millennial' (tapik upayakan bukan bahasa yang terlalu gaul atau alay) dalam artikel yang termuat di travel blog Anda. Jadi teliti kembali sebelum post. Hal ini dilakukan agar tulisan bisa lebih mencairkan situasi, hangat, santai dan komunikatif dengan para pengunjung blog Anda. Sehingga seolah-olah bisa membawa langsung dengan suasana tempat wisata ataupun pernak-pernik wisata yang ada.

    3) Membuat Desain Blog Yang Menarik
    Niche travel blogger memang membutuhkan sesuatu yang menarik nan eksotis selain dari sisi konten atau tulisan maupun tampilan gambar yang mempesona nan aduhai. Harus diakui dalam blog traveling, selain konten satu hal lain yang perlu diperhatikan adalah sisi desain. Bahwa desain yang dimaksud disini adalah tampilan blog dan juga desain pelengkap konten, seperti foto berkualitas atau bisa juga video perjalanan yang lengkap. Jadi jika Anda memutuskan ingin menjadi seorang travel blogger yang sukses, Anda harus membuat web atau blog dengan desain semenarik mungkin dan akses loading yang cepat. Desain yang menarik disini bertujuan agar pengunjung blog travel blogger Anda bisa betah berlama-lama menjelajah seluruh isi konten blog Anda.

    Terkait desain tampilan blog ini, Anda bisa juga mencoba berbagai template blog yang cerah dan SEO Friendly. Untuk itu dibutuhkan kejelian dan riset terpadu untuk mencari beberapa template gratis melalui 'googling' di mesin pencari atau jika Anda punya dana yang cukup, penulis memberi saran agar membeli template yang bagus atau bisa pesan dari jasa pembuat desain template atau website sesuai dengan keinginan Anda. Kemudian, jangan terlalu menambah penggunaan banyak widget yang justru akan membuat berat proses load blog travel. Lebih baik sedikit widget, namun bisa menjamin blog dibuka sangat cepat dan lancar.

    Selain desain blog, desain pelengkap tulisan juga berperan penting dalam menjadikan blog travel Anda sukses dikunjungi para pembaca. Travel blog yang memang mengharuskan blogger memiliki sejumlah dokumen foto ini, mengharuskan pengelola blog travel harus memiliki pemahaman tentang ilmu fotografi. Dengan memahami teknik pemotretan dan video, Anda bisa menghasilkan desain foto dan video yang menarik untuk menjadikan blog atau website Anda lebih baik lagi dan memiliki keunikan lain yang tidak dimiliki oleh travel blogger lain yang menjadi kompetitor anda. Sebenarnya teknik fotografi ini bisa diakali dengan menggunakan berbagai aplikasi atau software pendukung.

    Namun seandainya Anda benar-benar ingin professional, sementara Anda masih kurang bisa menggunakan ataupun memahami teknik fotografi secara komprehensif, maka anda bisa menyewa jasa fotografi handal untuk menghasilkan desain foto traveling Anda lebih menarik dan berkualitas. Dan satu lagi jangan lupa memberi watermark (tanda hasil karya) agar karya Anda terhindar dari 'plagiarisme' yang semakin marak dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

    Demikian tips agar cepat sukses menjadi seorang travel blogger dan menghasilkan dari aktif berkomunitas di dunia blogging. Semoga bisa bermanfaat. Salam dari blogger medan.
     
  2. blackking

    blackking Active Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,239
    Likes Received:
    88
    Trophy Points:
    48
    Yang sudah memulai mendapatkan hasil dari blogger, berapa pendapatan yang diperoleh dalam setiap bulanya
    bisa tiga jutaan lebih kali yah
     
  3. Dwi Sukmawan

    Dwi Sukmawan Member

    Joined:
    Feb 16, 2019
    Messages:
    24
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Jadi travel blogger sambil jalan-jalan terus malamnya cerita di blog atau sekalian aja disandingkan dengan video rekaman lalu di monetasi deh di youtube
     
  4. hiacewisata

    hiacewisata Member

    Joined:
    Jun 16, 2017
    Messages:
    88
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    jadi travel bloger bisa jalan" gratis juga loh
     
  5. Dwi Sukmawan

    Dwi Sukmawan Member

    Joined:
    Feb 16, 2019
    Messages:
    24
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Iya kalo misalnya punya sponsorship mah bisa jadi mata pencarian. Tapi kalo masih merintis ya pinter2 aja deh
     
  6. khezo

    khezo Member

    Joined:
    Aug 27, 2017
    Messages:
    57
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    selama ini yang yang saya alami paling susah biar akun adsense tetap awet
     
  7. Amilashaliha

    Amilashaliha Member

    Joined:
    Apr 10, 2017
    Messages:
    211
    Likes Received:
    27
    Trophy Points:
    28
  8. imanjagoa

    imanjagoa Member

    Joined:
    Mar 29, 2016
    Messages:
    460
    Likes Received:
    45
    Trophy Points:
    28
    jika konten adalah raja, maka seo adalah ratu
     
  9. Rudi Nazarudin

    Rudi Nazarudin Member

    Joined:
    Oct 7, 2014
    Messages:
    351
    Likes Received:
    40
    Trophy Points:
    28
    wah enak juga ya jadi travel blogger, bisa menulis sambil jalan2 ketempat yang kita inginkan
     
  10. Silaen Medan

    Silaen Medan Member

    Joined:
    Dec 31, 2017
    Messages:
    153
    Likes Received:
    17
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Belum rezeki ya bu @Amilashaliha, terkadang pil pahit seperti itu yang kerap ditelan para travel blogger di Indonesia.....
    Panjang sabar.....
    :D:D:D:D
     
Loading...

Share This Page