ingin Wawancara ? Perhatikan Cara berpakaian Ini!!

Discussion in 'General Lifestyle' started by lina, Oct 6, 2016.

  1. lina

    lina New Member

    Joined:
    Aug 2, 2016
    Messages:
    3
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Seragam kerja kantor atau baju seragam kerja di kantor merupakan kebutuhan yang sangat penting untuk sebuah perusahaan. Oleh karena itu anda harus mengetahui apa yang boleh dan tidak di pakai dalam berwawancara.

    3 Kesalahan Dalam Berpakaian Saat melakukan Interview


    [​IMG]



    • Terkesan Seksi
    Hindari memakai rok terlalu mini atau celana terlalu ketat saat kamu memilih pakaian sebelum wawancara kerja. Hindari juga pemakaian kemeja dengan potongan kerah terlalu rendah yagirls! Selain Indonesia sangat menjunjung tinggi adat ketimuran, kesan seksi juga akan mengurangi penilaian para pewawancara dan bisa jadi mereka akan lebih berfokus pada penampilanmu bukan pada kualitas jawaban wawancara.

    • Pakaian Terlalu Kasual
    Bekerja di lingkungan kreatif, seperti agensi periklanan atau startup memang mempunyai lingkungan kerja yang santai dan bahkan kamu bisa memakai jeans, kaos oblong atau bahkan celana pendek. Namun jangan sampai kamu terlalu berpakaian santai saat datang wawancara kerja, sekalipun posisi yang kamu lamar adalah sebagai graphic designer.

    Salah seorang rekan kami, Craig Bradshaw yang merupakan karyawan dari Mediaworks Online Marketing membagi pengalaman kepada kami saat ia menemui kandidat yang berpakaian terlalu kasual saat interview. "Saat saya mewawancarai untuk posisi designer pas awal tahun, kandidat tersebut berpakaian terlalu santai bahkan untuk dunia kreatif sekalipun. Selain sangat santai, yang membuat saya ilfeel adalah ada noda bekas makanan di bajunya."

    • Mengenakan Atribut Kampusnya
    David Press, CEO dari portal lowongan kerja berbagi cerita kepada kami mengenai saat ia menemui salah seorang kandidat yang mengenakan atribut kampusnya saat diinterview. "Saya pernah menginterview kandidat yang baru lulus sarjana. Dia mengenakan almamater kampusnya yang warnanya telah pudar dan ada beberapa coretan di bagian punggungnya."

    Saran dari David, sebaiknya saat kamu di-interview kerja jangan pernah mengenakan atribut kampus atau sekolahmu, sekalipun kamu melamar untuk posisi magang. Yakinkan HRD perusahaan dengan cara mengenakan pakaian yang profesional. Walaupun kamu memang masih muda, usia mudamu bukan sebagai alasan bahwa kamu bisa berpakaian kasual dalam wawancara kerja. Dengan memasuki dunia kerja, berarti kamu telah siap untuk berperilaku sebagai orang dewasa.



    Warna yang Di Haramkan Saat Wawancara Kerja


    [​IMG]



    • Cokelat
    Busana berkelir cokelat mungkin terlihat nyaman. Tapi, menurut Civitelli, banyak manajer perekrutan tidak peduli dengan urusan itu. Warna cokelat sedikit tidak aman. Meskipun cenderung dikait-kaitkan dengan keandalan dan kenyamanan, warna cokelat mungkin menjadi bumerang saat kita pakai dalam wawancara kerja. Pewawancara bisa mendapatkan kesan bahwa Anda resisten terhadap perubahan. Sehingga lebih baik diganti dengan warna seperti biru tua.

    • Oranye
    Tak peduli seberapa suka Anda dengan warna ini. Jika Anda ingin lulus wawancara kerja, maka hindari busana berwarna oranye. Menurut penulis Captivology: The Science of Capturing People's Attention, Ben Parr, orang punya reaksi otomatis pada penglihatan, suara, dan warna. Parr menambahkan, warna oranye mencerminkan kepercayaan diri yang rendah. Padahal, dalam setiap wawancara, kita pasti berusaha untuk menutupi ketidakpercayaan diri di depan calon majikan. Menurut survei yang dilakukan Harris Interactive for CareerBuilder, 25% dari juragan menyebut warna oranye warna terburuk yang dikenakan calon karyawan, sebab warna itu dikait-kaitkan dengan seseorang yang tidak profesional.

    • Merah atau Terlalu Cerah
    Warna-warna cerah, seperti merah dapat menimbulkan perasaan yang sangat kuat, dan warna-warna seperti itu dianggap kerap tidak positif ketika melakukan wawancara kerja. Anda disarankan untuk tidak menjauhi warna ini saat wawancara kerja. " Manajer perekrutan cenderung mencintai atau membenci merah, sehingga hanya memilih merah jika Anda merasa nyaman dan berani mengambil risiko," kata Civitelli. Kecuali Anda seorang pejuang kejahatan atau pergi berkencan, merah bukan warna Anda.



    Atursan Busana Untuk Terhindar dari Salah kostum di ruang Interview
    Simak beberapa aturan berbusana dari Tim Qerja yang akan membantu Anda menghindari kejadian salah kostum di ruangan wawancara.

    • Lakukan Riset Tentang Budaya Kantor
    Dress code untuk interview di industri perbankan jelas tidak sama dengan industri fashion, namun standar antar perusahaan di sektor yang sama kadang juga berbeda. Sebelum Anda membuka lemari pakaian Anda, ada baiknya mampir dulu ke website perusahaan, bertanya-tanya pada pegawainya, atau membaca ulasan di Qerja.com untuk mencari tahu tentang peraturan mengenai pakaian kerja dan budaya kantor.

    • Tampil Lebih Konservatif
    Jika Anda ragu memilih tampilan apa yang pantas untuk sesi wawancara nanti, pilih saja model pakaian kerja kantoran tradisional yang cenderung lebih resmi: jas, blazer, celana kain, kemeja formal, dan sebagainya. Walau begitu, bukan berarti Anda harus tampil membosankan. Cobalah bereksperimen dengan warna di luar hitam seperti biru tua yang bisa memberi kesan bahwa Anda dapat dipercaya. Jangan ragu pula untuk menambah sepotong aksesoris simpel yang elegan seperti jam tangan yang akan mencegah Anda melewatkan jadwal wawancara.

    • Rapi dan Nyaman
    Seapik apa pun pakaian yang Anda pilih, Anda tidak akan tampak menarik jika Anda kesulitan bernafas atau menarik-narik keliman rok karena pakaian tersebut terlalu sempit, terlalu longgar, atau potongannya kurang pas dengan tubuh Anda. Agar Anda merasa lebih percaya diri, semalam sebelumnya, jangan lupa juga untuk memastikan pakaian Anda bersih dan tidak kusut. Anda dapat mengenakan busana berwarna putih untuk memaksimalkan kesan rapi dan bersih dalam berbusana.




    Tips Berpakaian Agar Sukses Wawancara
    • Jangan gunakan pakaian yang tidak sesuai momennya. Meski kamu hendak melamar pekerjaan dan ingin menarik perhatian, bukan berarti harus dengan menggunakan pakaian yang biasa digunakan untuk pergi ke pesta.
    • Kombinasikan pakaian yang kamu gunakan dengan aksesoris yang sesuai. Jangan terlihat kamu memberikan kesan "ribet" pada saat interview kerja. Cukup dengan sentuhan sensual pada pakaian yang kamu pilih sebenarnya kamu sudah cantik dilihat.
    • Pastikan pakaian Anda serasi. Cobalah untuk memilih warna yang netral seperti hitam, putih, biru gelap atau cokelat. Sebisa mungkin hindari warna yang terlalu cerah dan mencolok seperti pink dan merah menyala.
    • Tak sedikit dari Anda tentunya suka mengenakan perhiasan berupa cincin, kalung maupun gelang. Namun untuk wawancara kerja, sebaiknya tidak memakai perhiasan yang berlebihan, cukup kenakan satu atau dua cincin dan kalung yang simpel.
    • Bila kamu memiliki kesulitan untuk memilih baju yang akan dipakai dikarenakan alasan kamu sudah terlalu sering menggunakannya di berbagai acara, belilah pakaian yang baru. Orang cenderung akan lebih menarik perhatian kepada orang yang sudah menunjukkan keinginannya untuk kerja secara tidak langsung melalui pakaian yang dipilihnya.
    • Karena kamu adalah perempuan, tunjukkan gaya dandan yang rapi yang berpadu dengan pakaian yang kamu gunakan pada saat interview kerja dan hal tersebut dapat menambah nilai kamu di mata perusahaan tersebut.
    • Hindari pemakaian sepatu yang terbuka, mewah dan mencolok. Sebaiknya memakai sepatu kerja dengan hak tidak terlalu tinggi. Pastikan pula sepatu yang digunakan sesuai dengan warna dan model pakaian yang dikenakan.


    sumber : https://www.rebelmouse.com/sheinna_...berpakaian-dalam-berwawancara-2032242130.html
     
  2. sutrisno

    sutrisno Member

    Joined:
    Sep 19, 2016
    Messages:
    98
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
  3. firda63

    firda63 Member

    Joined:
    Dec 19, 2015
    Messages:
    754
    Likes Received:
    23
    Trophy Points:
    18
    dikiranya ntar cewek gampangan kalau pakai rok mini
     
Loading...

Share This Page