Ini Alasan Mengapa Bunda Jangan Pilih Susu Anak 1 Tahun Rasa Coklat

Discussion in 'General Lifestyle' started by Mellisa.Lisa, Jun 5, 2018.

  1. Mellisa.Lisa

    Mellisa.Lisa New Member

    Joined:
    Jun 5, 2018
    Messages:
    10
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Ada banyak sekali berita yang simpang siur mengenai susu anak 1 tahun rasa coklat. Ada yang sifatnya mitos yang tak perlu bunda percaya. Namun, dari beberapa hal tersebut, ada beberapa fakta yang harus bunda ketahui.

    Meskipun demikian, bunda juga tidak boleh menerima fakta begitu saja. Bunda harus alasan ilmiah dibalik fakta tersebut. Berikut ini fakta mengenai susu coklat yang sering dijadikan alasan mengapa dokter anak menyarankan agar orang tua tidak memilihkan susu anak rasa coklat.

    Fakta Mengenai Susu Anak 1 Tahun Rasa Coklat

    Mungkin saja ada informasi berikut ini yang sebelumnya bunda anggap sebagai mitos. Namun, jika bunda tahu alasan ilmiahnya, maka bunda akan tahu bahwa itu bukan mitos.
    • Susu Coklat Bisa Membuat Anak Gemuk
      Jika gemuk saja, itu tidak masalah. Yang menjadi masalah adalah ketika anak mengalami kegemukan atau yang sering disebut dengan obesitas. Dan ternyata, salah satu faktor pemicunya adalah anak mengkonsumsi susu coklat. Terlepas dari hal tersebut, tetap saja obesitas ini disebabkan oleh faktor lainnya seperti aktivitas fisik yang kurang.
      Yang menjadi pertanyaan adalah mengapa susu anak 1 tahun rasa coklat bisa menyebabkan kegemukan? Jawabannya adalah karena tingginya kandungan gula di dalam susu tersebut. Dibandingkan dengan susu balita 1 tahun rasa vanilla, kandungan gula di dalam susu anak rasa coklat jauh lebih tinggi. Gula ini ditambahkan agar susu tidak memberikan aroma yang kurang sedap.

    • Susu Coklat Menyebabkan Gigi Berlubang
      Ini juga berhubungan dengan alasan yang sebelumnya. Karena kandungan gula di dalam susu balita rasa coklat cukup tinggi, maka ini bisa menyebabkan gigi keropos dan berlubang. Namun, ingat ya bu. Bukan hanya susu coklat saja yang menyebabkan gigi keropos tapi juga semua makanan dan minuman yang terlalu manis.

    Jadi, masih berniat memberikan susu anak rasa coklat?

    Agar Aman Memberikan Susu Anak Coklat

    Sebenarnya, bukan berarti pilihan yang salah ketika bunda membeli merk susu rasa coklat untuk anak 1 tahun. Asalkan bunda melakukan hal berikut ini:
    1. Perhatikan Aturan Pemberian Susu
      Seperti yang sudah bunda ketahui, ada kandungan gula yang cukup tinggi di dalam susu rasa coklat. Dan inilah yang disinyalir menyebabkan anak mengalami obesitas. Untuk menghindari efek buruk ini, bunda sebaiknya membuatkan susu dengan takaran yang tidak terlalu banyak. Selain itu, berikan susu tidak lebih dari 3 gelas setiap hari. Seperti saran para dokter. Sebaiknya balita tidak terlalu sering minum susu. Pemberian susu harus dikurangi agar terhindar dari masalah obesitas.

    2. Rajin Gosok Gigi
      Senang sekali jika melihat balita tidak gugus atau giginya tidak keropos. Itu tandanya anak benar-benar menjaga kesehatan gigi. Selain itu, ia tidak suka makan atau minum yang terlalu manis.
      Agar gigi tidak keropos meskipun minum susu coklat, usahakan agar anak selalu gosok gigi setiap pagi dan malam sebelum tidur. Setidaknya gosok gigi bisa menghilangkan gula yang menempel pada gigi yang menyebabkan gigi keropos.

    3. Rajin Minum Air Putih dan Buah
      Agar nutrisi di dalam tubuh seimbang, bunda biasakan anak minum air putih dan jus buah setiap hari. Selain itu, air putih dan jus buah juga secara alamiah membersihkan gigi.
    Sekarang, pilihan ada di tangan bunda apakah bunda akan membelikan susu anak 1 tahun rasa coklat atau rasa vanilla.
     
  2. Hari

    Hari Member

    Joined:
    May 14, 2014
    Messages:
    98
    Likes Received:
    13
    Trophy Points:
    18
    Memang penting memilih pemberian susu tambahan terhadap anak. Anak saya yang pertama murni dikasih asi, anak saya yang kedua dikasih asi sama susu formula, efek samping yang sangat terlihat, gigi anak saya yang nomor dua habis bagian depannya karena susu formula
     
  3. Mellisa.Lisa

    Mellisa.Lisa New Member

    Joined:
    Jun 5, 2018
    Messages:
    10
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Iya makanya memang konsumsi susu formula harus benar-benar diperhatikan sekali karena biasanya kandungan gulanya sangat tinggi.
     
  4. HanyaSatu

    HanyaSatu Member

    Joined:
    Aug 28, 2017
    Messages:
    896
    Likes Received:
    56
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Hmm,, penyebabnya ternyata gula yang lebih tinggi ya, serem juga, mending Vanila atau Madu aja deh lebih aman, karena lebih cenderung alami
     
Loading...

Share This Page