Ini Dia 5 Ramuan Untuk Nyeri Haid

Discussion in 'Health & Medical' started by alit kurniawan, Dec 6, 2018.

  1. alit kurniawan

    alit kurniawan Member

    Joined:
    Aug 1, 2018
    Messages:
    250
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    Nyeri haid yang terjadi pada wanita memang seringkali mengganggu aktivitas perempuan. Terdapat beberapa tanaman herbal yang berkhasiat untuk mengurangi nyeri pada saat datang bulang. Menurut dr. Prapti Utami, M.Si, menyatakan bahwa salah satu solusi mengatasi rasa nyeri hadi adalah dengan mengkonsumsi berbagai tanaman herbal. Di dalam budaya Indonesia, tanaman herbal tersebut diracik menjadi berbagai jamu. Berikut ini beberapa Ramuan Untuk Nyeri Haid, diantaranya :

    1. Asam Jawa

    Tanaman yang satu ini dikenal memiliki khasiat untuk menghilangkan rasa mual. Tidak hanya itu saja, kandungan flavanoid dan asam amino di dalamnnya berfungsi sebagai pereda nyeri. Selain untuk pereda nyeri haid, asam jawa ini juga dapat melancarkan dan memperbanyak air susu ibu serta mengurangi radang dan rasa sakit pada persendian.

    2. Daun Jambu Biji

    Apabila anda memilik pohon jambu biji, tentu saja akan menunggu-nunggu buah yang sangat nikmat untuk dimakan ini. Selain itu, buah jambu biji juga kaya akan nutrisi. Akan tetapi, tahukah anda bhawa selain buahnya saja, ternyata daun jambu biji sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan serta dapat dijadikan sebagai pengobatan beberapa jenis penyakit.

    Ternyata daun jambu biji ini sering dimanfaatkan sebagai ramuan anti diare dan untuk mempercepat penyembuhan luka serta pereda nyeri. Oleh karena itu sangat ampuh untuk mengurangi rasa nyeri perut ketika haid.

    3. Vitex

    Apakah anda pernah mendengar tanaman vitex ini ? Di dalam dunia pengobatan tradisional China sering disebut dengan istilah Man Jing Zi. Tanaman yang satu ini bekerja dengan cara mendorong kelenjar pituaitari sehingga meningkatkan produksi hormon progesteron. Hal ini dapat menjadikan tanaman vitex ini sebagai penyeimbang hormon yang teapt digunakan saat haid.

    4. Kunyit

    Sudah tidak diragukan lagi mengenai ramuan herbal yang satu ini. Khasiatnya mungkin sudah diketahui dan dikenal oleh nenek dan juga ibu anda untuk mengatasi nyeri haid. Tanaman kunyit ini mengandung zat curcuminoid yang mengandung vitmain B1 yang lengkap, dan berfungsi untuk mendukung pembentukan sel darah merah. Hal itulah yang menyebabkan sangat manjru mengganti kekurangan darah yang dialami perempuans saat haid.

    5. Daun Tapak Liman

    Tanaman yang satu ini kemungkinan akan anda sering lihat di lapangan terbuka. Memiliki bentuk yang biasa-biasa saja akan membuat anda menganggap tanaman ini sebagai tanaman liar. Namun, selain untuk dapat mengurangi nyeri, tanaman ini juga mampu digunakan di berbagai tempat sebagai obat tradisional untuk mengatasi batu ginjal, demam, dan juga rematik.
     
Loading...

Share This Page