Ini Dia 6 Kisah Warga Asing Yang Cinta Terhadap Budaya Indonesia

Discussion in 'General Discussion' started by Rini Novianti, Aug 6, 2016.

  1. Rini Novianti

    Rini Novianti Member

    Joined:
    May 29, 2015
    Messages:
    198
    Likes Received:
    34
    Trophy Points:
    28
    Elizabeth Karen Sekar, Amerika. Sinden Bule

    [​IMG]

    Berawal dari hobi menari dan bernyanyi, dan ketertarikan nya pada seni tradisional Jawa lama-lama kelamaan membuat dirinya terpinut. Istri dari Ki Soleh Adi Pramono ini merupakan satu-satu nya pesinden yang berasal dari luar negeri di Indonesia. Elizabeth sering merasa kecewa karena generasi muda sekarang lebih menyampingkan budaya tradisional dan lebih memilih budaya modern, padahal dirinya yang berasal dari luar negeri sangat mengagumi dan bahkan enggan bila kesenian tradisional punah. Menurut wanita kelahiran Chicago, Amerika Serikat ini bila mendengar gending jawa, akan merasa nyaman.

    “Tidak ada yang melarang jika orang suka musik rok atau dangdut. Tapi, jangan lupakan seni tradisional sendiri”. Elizabeth Karen

    Claude Biche Lavalle, Belgia. Seniman Fotografi

    [​IMG]
    Wanita asal Belgia ini sangat mencintai budaya Indonesia, hal ini dibuktikan dengan kemampuan memotret dan estetika seni menjadi 12 karya seni yang sangat luar biasa dengan unsur objek seni seperti manik-manik kaca, perhiasan etnik, wayang, patung dan tekstil. Menurut Claude yang sudah menetap 13 tahun di Indonesia, mengatakan bahwa dirinya sangat beruntung untuk mendapat kesempatan tinggal di Indonesia dan sudah menjelejahi berbagai tempat yang eksotis dan tidak di miliki oleh negara asalnya ataupun di tempat lain. Hal tersebut yang mengguah hati Claude untuk memotret dan kemudian menuangkan ke dalam seni modern. Claude Biche Lavalle telah mendapatkan apresiasi dengan mengangkat karya-karya Claude yang dikembangkan oleh AKR Land Development di Gallery West.

    Annette Horschmann, Jerman. Seorang Aktivitas Lingkungan di Danau Toba

    [​IMG]

    Kecintaannya terhadap Indonesia mulai tumbuh saat dirinya pertama kali mengunjungi Danau Toba pada tahun 1993. Rasa ingin menjaga keindahan dan kebersihan Danau Toba pun ada dalam dirinya. Lalu ia mengajak tetangganya dari Belanda untuk bekerja sama melakukan aksi bersih dengan memungut sampah dan membersihkan eceng gondok yang dapat merusak ekosistem alam. Mereka pun tak segan mengajak warga loka untuk membantu mereka. Kemudian Annette belajar bahasa Batak untuk dapat berinteraksi dengan warga lokal sehingga mempermudah melancarkan misi tersebut. Sekarang Annette pun sudah menikah dengan pria asli Toba bernama Anthony Silalahi.

    “Nunga Hudapot di son ngolukku. Hidup dan masa depan saya ada di sini. Keluarga saya ada disini. Saya hidup bahagia bersama suami dan anak-anak”. Annette Horschmann

    Andre Graff, Prancis. Tukang Gali Sumur di Sumba

    [​IMG]
    Andre Graff merupakan salah seorang mantan pilot balon udara, namun saat beliau pergi ke Bali untuk melihat budaya dan tradisi lokal yang dijadikan objek foto, dia menyewa perahu layar besama rekannya untuk menjelajahi pulau NTT, Sabu Raijua, Sumba, Solor, Lembata, Alor dan Kepulauan Riung. Pada tahun 2005 Andre kembali datang ke Sabu Raijua namun pada saat itu warga kampung sedang mengalami kesulitan air bersih. Oleh karena itu dia mengajari warga setempat untuk mencari air, menggali dan membuat gorong-gorong berkualitas tas dasar pengetahuan yang dia punya. Pada tahun 2005-2007 sudah berhasil membuat 25 sumur gali untuk 1.250 keluarga yang tersebut di 3 desa. Pada tahun 2007 beliau pindah ke Sumba Barat Graff mencari solusi se efektif mungkin tanpa mengotori lingkungan dengan energi matahari untuk menaikkan air dari lembah ke perkampungan. Jika proyek Graff terwujud, terdapat proyek lain yakni melakukan penjernihan air, mengadakan rumah mandi di setiap kampung dan program pertanian dan perkarangan. Berkat Graff lah warga Sumba dapat menanam sayur, jagung, buah dan umbi-umbian sehingga bisa dijual untuk membeli beras dan kebutuhan lain.

    “Saya bukan orang LSM yang asal kerja, saya punya pilot project. Orang bisa belajar disini karena proyek dengan sinar matari guna menarik air ini merupakan salah satu terbesar di Indonesia. Ke depannya, wilayah ini dapat menjadi pusat wisata”. Andre Graff

    Robin Lim, Amerika Serikat. Bidan Bali Beraksi untuk Negeri

    [​IMG]

    Robin Lim merupakan bidan yang telah diakui secara internasional yang dikenal juga sebagai penulis dan penyair berbakat. Robin Lim atau dikenal dengan sebutan “Ibu Robin” telah mendirikan Yayasan Bumi Sehat (Sehat Ibu Bumi Foundation) sebuah klinik kesehatan yang menawarkan untuk perawatan kehamilan persalinan secara gratis bagi siapa saja yang membutuhkannya. Yayasan ini sepenuhnya didanai oleh sumbangan pribadi. Menurut Lim, tingkat kematian Ibu dan Bayi disebabkan oleh biaya yang terlalu mahal untuk persalinan. Atas dedikasinya tersebut Ibu Robin telah mendapatkan pengakuan regional dan global bahkan baru ini beliau dinominasikan Pahlwan CNN. Tak hanya bekerja sebagai bidan, Robin Lim bersama Bumi Sehat sering mengirimkan relawan kesehatan di tempat yang sedang dilanda bencana atau sekedar menjadi mentor mahasiswa bidan bahkan mengajarkan keterampilan bahasa Inggris dan Komputer untuk remaja lokal.

    “Bintang Rock atau Pelacur, semua orang akan diperlakukan (seperti) VIP di Bumi Sehat… dengan kebaikan dan rasa hormat”. Robin Lim

    Aurelien Fancois Brule, Prancis. Pendiri Organisasi Perlindungan Owa-Owa di Kalimantan Timur

    [​IMG]

    Berawal dari kecintanya terhadap owa-owa di kebun binatang saat masih kecil. Aurelien atau Chanee memutuskan untuk terbang ke Indonesia sebab di Indonesia terdapat banyak jenis owa. Sesampainya di Indonesia, Chanee langsung pergi ke Kalimantan untuk melakukan observasi kemudian ke Jakarta untuk bekerja sama dengan Departemen Kehutanan. Namun ternyata tidak semudah apa yang dipikirkan, karena pada saat itu Indonesia sedang ricuh dengan tumbangnya zaman orger baru dan kruang akan pemahaman budaya sehingga sulit mendapatkan kepercayaan dari pemerintah. Setelah berusaha mendapatkan izin pemerintah Chanee mendirikan organisasi perlindungan binatang, kalaweit dan bersama para aktifis memperjuangkan habitat owa-owa agar tidak dirusak dan dihancurkan untuk dijadikan perkebunan kelapa sawit. Kecintaan kepada satwa Indonesia lah yang membuat Chanee sangat mencintai negeri Indonesia ini sehingga dia berusaha untuk memiliki status kewarganegaraan Indonesia.

    “Saya sempat melemparkan candaan saat itu. Saya bilang, sepertinya harus menjadi pemain bola dulu jika ingin menjadi warga negara Indonesia. Tapi, setelah itu, saya dibandu beberapa orang untuk bisa mendapatkan status kewarganegaraan Indonesia yang saya inginkan”. Aurelien Francis Brule

    Sebenarnya masih banyak warga negara asing yang sangat mencintai Indonesia seperti Alm. Husin Abdullah a.k.a Gavin Efward Birch, Selandia Baru (seorang aktivis pemungut sampah), Carlos Ferandis Spayol (guru Bahasa Inggris yang mengabdi di Sumbawa), Daniel Ziv Kanada (Berjuang naik turun bus demi jalanan), yang tidak bisa di ceritakan satu-satu. Mereka memiliki peran masing-masing dan berpengaruh terhadap negeri kita, mereka rela meninggalkan negaranya demi menjaga negeri kita tercinta ini.

    Bukan berharap tentang apa yang telah negeri kita beri, tapi apa yang telah kita beri untuk negeri Indonesia kita ini ? Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda sekaligus menambah kecintaan kita terhadap budaya indonesia kita sendiri. SEMOGA BERMANFAAT

    Sumber : Kisah Warga Asing yang Mencintai Budaya Indonesia
     
    Last edited: Aug 8, 2016
    ostnandar and lasealwin like this.
  2. lasealwin

    lasealwin Well-Known Member

    Joined:
    Aug 1, 2015
    Messages:
    1,878
    Likes Received:
    174
    Trophy Points:
    63
    Kalau orang asing aja cinta budaya Indonesia apalagi kita sebagai orang Indonesia sendiri.
    Ayo lestarikan budaya lokal
     
    ostnandar likes this.
  3. Sangkar MSJ

    Sangkar MSJ Member

    Joined:
    Jun 3, 2016
    Messages:
    103
    Likes Received:
    13
    Trophy Points:
    18
    Indonesia beautifull., layak kalau dikagumi banyak bangsa
     
    ostnandar likes this.
  4. Yundar

    Yundar Member

    Joined:
    Feb 18, 2016
    Messages:
    359
    Likes Received:
    38
    Trophy Points:
    28
    [HASHTAG]#Respect[/HASHTAG] [HASHTAG]#Inspiratif[/HASHTAG]
     
    ostnandar likes this.
  5. Kicau Angin

    Kicau Angin New Member

    Joined:
    Aug 6, 2016
    Messages:
    7
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Anak anak kita nanti nnati yang ngajari bule-bule ini..
     
  6. sahara permata dewi

    sahara permata dewi Member

    Joined:
    Aug 6, 2016
    Messages:
    39
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
  7. sahara permata dewi

    sahara permata dewi Member

    Joined:
    Aug 6, 2016
    Messages:
    39
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
  8. Rista aulia

    Rista aulia Member

    Joined:
    Jul 21, 2016
    Messages:
    147
    Likes Received:
    15
    Trophy Points:
    18
    warga asing aja cinta sama budaya indonesia, masa kita nggakkk.. *interupsi*
     
    ostnandar likes this.
  9. Nyimas Angraeni

    Nyimas Angraeni New Member

    Joined:
    Mar 11, 2015
    Messages:
    12
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Ayo bangsa Indonesia, jangan sampai kalah sama bule *akhirnya*

    [HASHTAG]#respect[/HASHTAG] [HASHTAG]#salutbanget[/HASHTAG]
     
    ostnandar likes this.
  10. ayahnyanadia

    ayahnyanadia Well-Known Member

    Joined:
    Apr 4, 2013
    Messages:
    1,346
    Likes Received:
    151
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    bisa jadi gak bisa eksis di negeri sendiri, atau dah enak dan betah serta pas passion-nya di negeri orang, atau emang jangan2 agen mata-mata :D
     
    ostnandar likes this.
  11. ostnandar

    ostnandar Member

    Joined:
    Aug 6, 2016
    Messages:
    110
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    Wahh..salut banget sama mereka. Mereka lho yang bukan asli indonesia tapi mengagumi banget. Kita sebagai warga indonesia dan sebagai tuan rumah .. harus lebih dari mereka !! [HASHTAG]#IndonesiaBisa[/HASHTAG] !!
     
  12. Musthafa Kamal

    Musthafa Kamal Active Member

    Joined:
    Jun 15, 2015
    Messages:
    602
    Likes Received:
    100
    Trophy Points:
    43
    Hihihi gk kaget kayaknya karena yang sana suka sini, yang sini suka sana :D
     
    ostnandar likes this.
  13. ys. herbi

    ys. herbi Well-Known Member

    Joined:
    Mar 6, 2016
    Messages:
    1,251
    Likes Received:
    191
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    alalahh....
    jadi malu sama diri sendiri den... *badluck*
     
    ostnandar likes this.
  14. Cules

    Cules Member

    Joined:
    Jul 24, 2016
    Messages:
    40
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    mumpung belum terlambat, perkenalkan kesenian tradisional kita kepada anak2 kita, dengan cara memberi contoh dari orang tuanya. Semangat
     
  15. Yusup febriansah

    Yusup febriansah Member

    Joined:
    Apr 13, 2016
    Messages:
    572
    Likes Received:
    43
    Trophy Points:
    28
  16. Rini Novianti

    Rini Novianti Member

    Joined:
    May 29, 2015
    Messages:
    198
    Likes Received:
    34
    Trophy Points:
    28
    jiah agen mata-mata mas @ayahnyanadia bisa aja haha
     
    ostnandar and ayahnyanadia like this.
  17. Rini Novianti

    Rini Novianti Member

    Joined:
    May 29, 2015
    Messages:
    198
    Likes Received:
    34
    Trophy Points:
    28
    mas @Yusup febriansah komen nya jangan pake link keluar dong, kan uda ada di signature huhu
     
  18. Rini Novianti

    Rini Novianti Member

    Joined:
    May 29, 2015
    Messages:
    198
    Likes Received:
    34
    Trophy Points:
    28
    okey semangat mas @ostnandar , kalo budaya kita uda di ambil orang aja baru marah-marah *tidak*
     
  19. Rini Novianti

    Rini Novianti Member

    Joined:
    May 29, 2015
    Messages:
    198
    Likes Received:
    34
    Trophy Points:
    28
    iya mas @Musthafa Kamal , dia suka aku nya kapan ? *nangis1**pahlawan*
     
  20. Rini Novianti

    Rini Novianti Member

    Joined:
    May 29, 2015
    Messages:
    198
    Likes Received:
    34
    Trophy Points:
    28
    malu sama kucing aja mas @ys. herbi meong meong meong *malu1* tidak ada kata terlambat untuk belajar
     
Loading...

Share This Page