Ini Dia Cara Screen Shoot Layar Komputer Dengan Fitur Print Screen

Discussion in 'Computer' started by abuhamzah86, May 12, 2017.

  1. abuhamzah86

    abuhamzah86 New Member

    Joined:
    Jan 15, 2017
    Messages:
    6
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Sahabat bersosial pernahkah anda mendengar istilah screen shoot, ya screen shoot sama saja dengan captur layar atau dalam istilah komputer disebut dengan "Print Screen". Kebanyakan orang mengenal istilah screen shoot hanyalah untuk HP android saja, namun ternyata sudah sejak lama fitur ini ada di windows, system operasi komputer yang paling banyak digunakan orang.

    Cara print screen di komputer atau di laptop tidak jauh berbeda dengan screen shoot di HP, hanya dengan menekan kombinasi tombol pada keyboard kita sudah bisa melakukannya. Namun bedanya di komputer tidak secara otomatis tersimpan, jadi ada dua proses yang harus dilakukan.

    Pada kesempatan ini sya ingin berbagi kepada teman - teman bersosial sekalian khususnya bagi anda yang belum tahu soal ini, yaitu bagaimana cara atau langkah - langkah menggunakan print screen di komputer. Sebelumnya, kira - kira untuk apa sih kita harus menggunakan prit screen atau kenapa fitur ini ada ? Untuk apa fungsinya ?

    Salah satu fungsinya adalah untuk mengcapture layar komputer dan menubahnya menjadi sebuah file image untuk kepentingan atau hal tertentu misalnya seperti untuk kepentingan membuat buku komputer, membuat tutorial dan lain sebagainya.

    Nah, berikut langkah - langkah screen shoot layar komputer dengan fitur print screen

    • Nyalakan komputer anda
    • Open atau jalankan program "Paint", Software editing image default windows yang cukup ringan dan mudah digunakan. Ini berfungsi untuk menyimpan image yang kita captur nanti
    • Selanjutnya silahkan anda menuju layar atau tampilan mana yang akan anda simpan
    • Misalnya pada windows explorer atau pada bagian mana saja.
    • Dari situ, tekan tombol "Ctrl + PrtSc SysRq" pada keyboard
    • Setelah itu anda masuk ke lembar kerja "Paint" dan tekan "Ctrl + V" atau "paste"
    • Jika langkah yang anda lakukan benar, maka layar komputer yang anda screen shoot akan muncul seolah - olah kita mengkopinya.
    • Nah setelah itu anda bisa menyimpannya dalam bentuk file image (JPG, PNG, GIV, dll)
    Naaah, mudah sekali bukan. Saya yakin teman - teman di sini banyak yang sudah bisa melakukannya. Inilah langkah - langkah atau cara print screen di komputer atau di laptop. Jangan lupa share postingan ini kepada teman lain yang membutuhkan informasi ini. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di kesempatan lainnya. Sekian dan terimakasih.
     
  2. NieeLz

    NieeLz Well-Known Member

    Joined:
    Aug 24, 2015
    Messages:
    1,773
    Likes Received:
    123
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    ilmu ginian emang udah wajib buat ane :D
     
Loading...

Share This Page