Ini Dia Gejala Penyakit Jantung pada Wanita yang Perlu Diketahui

Discussion in 'Health & Medical' started by Reza Ahmad, Aug 22, 2019.

  1. Reza Ahmad

    Reza Ahmad Member

    Joined:
    Apr 3, 2018
    Messages:
    91
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Pada umumnya gejala penyakit jantung pada wanita maupun pria tidak selalu menunjukkan gejala yang sama, gejala yang ditimbulkan pada wanita maupun pria bisa berbeda dan ini perlu diketahui baik bagi si pengidap penyakit jantung maupun dokter yang menanganinya, hal ini bisa berujung serius jika tidak segera ditangani dengan intensif dan cepat.

    Pada buku-buku medis umumnya, sebagian besar mendeskripsikan mengenai gejala penyakit jantung yang umumnya terjadi. Dan dari kebanyakan kasus yang terjadi, gejala umum tersebut merupakan uraian dari gejala umum penyakit jantung pada pria saja. Memang kebanyakan menganggap bahwa gejala penyakit jantung pada wanita cukup jarang terjadi. Tapi faktanya, tingkat kematian wanita akibat penyakit jantung jauh lebih tinggi dibandingkan pria.

    Berikut ini beberapa cara membedakan antara gejala penyakit jantung pada wanita dan pada pria :

    Angina
    Kondisi angina yang dialami tidak terasa seperti nyeri dada pada umumnya. Dan hal ini biasanya dijelaskan seperti adanya rasa tertekan pada bagian dada dan bisa menjalar ke bagian mana saja, seperti pada rahang, bahu ataupun lengan. Hal ini juga tentu bisa dialami pada pria.

    Akan tetapi, pada wanita juga ada yang mengalami keadaan lainnya seperti rasa panas layaknya terbakar, ataupun terasa lunak pada saat tengah disentuh, hal ini terjadi pada bagian bahu, lengan dan punggung. Selain itu, ada juga kasus lainnya yang menyebutkan bahwa ada keadaan dimana si pengidap tidak menimbulkan gejala apapun hingga terdiagnosis mengidap penyakit jantung tersebut.

    Wanita diketahui jauh lebih rentan terkena gejala angina daripada pria pada saat arteri koroner normal selama keteterisasi jantung.

    Serangan Jantung
    Serangan jantung dan sindrom koroner akut juga bisa berbeda pula antara pada wanita dan pria. Umumnya wanita yang mengalami kondisi serangan jantung ini akan menunjukkan berbagai macam gejala, seperti mual, napas pendek, rasa lelah yang ekstrim hingga gangguan pencernaan, tanpa mengalami masalah nyeri dada.

    Diketahui juga kalau wanita lebih rentan mengalami gejala infark myokardia secara diam-diam, atau serangan jantung mendadak tanpa adanya gejala sama sekali dan hanya dapat didiagnosis setelah adanya serangan jantung berikutnya terjadi.

    Segera cari bantuan medis atau kunjungi dokter bila mengalami beberapa gejala di bawah ini :
    • Rasa nyeri, panas dan tertindih pada dada, disertai ke bahu, lengan dan punggung yang berlangsung selama 5-10 menit.
    • Napas pendek tanpa adanya sebab yang berlangsung selama 5-10 menit.
    • Detak jantung tidak beraturan yang disertai rasa pusing.

    Untuk tips sehat lainnya, bisa klik disini. Thanks
     
Loading...

Share This Page