Ini Dia Kegiatan Seru yang Wajib Dilakukan di Lombok

Discussion in 'Tourism' started by layakbaca, Aug 19, 2014.

  1. layakbaca

    layakbaca Member

    Joined:
    Apr 29, 2014
    Messages:
    59
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Meski sudah nyaman menginap di hotel di Lombok, jangan lupakan kegiatan – kegiatan seru yang sudah menanti di luar sana ! Apa saja ya ?

    Soft Hiking di Pusuk Pass
    [​IMG]
    soft hiking passPusuk Pass adalah kawasan hutan wisata yang terletak di kawasan hutan Rinjani Barat dengan luas 43.550,23 hektar. Ada sekitar 162 jenis pohon yang tumbuh di areal ini, antara lain Sono Keling (Dalbergia Latifolia), Daoki (Duacontomelori Mangiferum) dan Mahoni (Swettania Macrophylla). Terletak di antara kabupaten Lombok Utara dan Lombok Barat, tempat ini kerap menjadi persinggahan wisatawan yang akan menuju beberapa objek lainnya seperti Gili Air, Gili Meno dan Gili Trawangan.

    Nah, jika ke Pusuk Pass, Anda tidak hanya bisa memandangi keindahan Lombok dari ketinggian 831 dpl namun juga bisa melakukan soft hiking menuju kawasan pantai Senggigi. Perjalanan dimulai dari hutan Pusuk dengan menuruni bukit dan melewati beberapa desa tradisonal suku Sasak. Di sini Anda akan melihat bagaimana mereka hidup secara alami dan masih memegang teguh nilai-nilai adat setempat. Sepanjang perjalanan Anda akan senantiasa diiringi pemandangan yang indah dengan hamparan bukit hijau dan laut serta tanjung-tanjung yang menjulang ke arah kawasan Senggigi. Di beberapa desa yang Anda lewati, Anda akan melihat beberapa masyarakat yang secara tradisional membuat gula merah dan tuak manis. Perjalanan soft trekking ini hanya akan memakan waktu selama 4-5 jam jalan kaki dan berakhir di desa Duduk atau Desa Batu Bolong.

    Menyelam di Teluk Belongas
    [​IMG]
    teluk belongasTitik menyelam paling terkenal di Teluk Belongas adalah “The Magnet” yakni sebuah puncak yang ada di laut terbuka dengan jarak tempuh sekitar 25 menit menggunakan boat. Lokasi penyelaman berada di kedalaman sekitar 50 meter. Jarak menyelam yang aman di The Magnet adalah di kedalaman 15 meter, karena gelombangnya yang tenang dan jarak pandangnya ideal. Menyelam di lokasi ini Anda akan menyaksikan sekelompok Hiu Martil, Barrakuda, Tuna, Manta, Eagle Ray dan keindahan biota laut lainnya.

    Beberapa penyelam profesional yang berada di The Magnet biasanya karena ingin melihat Hiu Martil dari dekat. Karena kondisinya yang tidak rata, maka penyelam yang ingin menyusuri The Magnet dianjurkan yang sudah berpengalaman. Ya, penyelam yang diperbolehkan adalah yang sudah memegang sertifikat advance dan melakukan setidaknya sudah 50 kali melakukan penyelaman di The Magnet dan titik lainnya yang juga curam yakni The Cathedral. Bagi penyelam pemula, Teluk Belongas masih menyediakan spot-spot yang cocok. Disini Anda akan melihat terumbu karang yang menawan serta biota laut yang indah

    Nonton Presean
    [​IMG]
    preseanPresean atau bertarung dengan rotan adalah budaya dari Suku Sasak yang unik. Pada awalnya Presean hanya dilakukan saat upacara adat yang selalu dilaksanakan pada bulan tujuh (kalender Sasak) untuk meminta hujan. Namun kini Presean kerap dilakukan pada perayaan hari kemerdekaan RI dan menjadi tontonan yang unik dan diminati wisatawan.

    Presean ini dilakukan oleh dua orang lelaki Sasak yang bersenjatakan tongkat rotan (penjalin) dan memakai perisai sebagai pelindung yang terbuat dari kulit kerbau tebal yang biasa disebut Ende. Pertarungan ini dipimpin oleh dua wasit. Yakni Pakembar Sedi yaitu wasit yang berada di pinggi lapangan dan Pakembar Tengaq, yaitu wasit yang berada di tengah lapangan. Selama pertarungan berlangsung, masing-masing petarung atau pepadu saling menyerang dan menangkis sabetan lawan dengan menggunakan Ende. Petarungan diadakan dengan sistem 5 ronde. Pemenang dalam Presean ditentukan dengan dua cara yaitu ketika kepala atau anggota badan salah satu petarung mengeluarkan darah, maka pertarungan dianggap selesai dan pihak yang menang adalah yang tidak mengeluarkan darah. Kedua, jika petarung sama-sama mampu bertahan selama 5 ronde, maka pemenangnya ditentukan dengan skor tertinggi. Skor didasarkan pada pengamatan pekembar sedi terhadap seluruh jalannya pertarungan.

    Berburu sunset di bukit malimbu
    [​IMG]
    sunset malimbuBagi penghobi foto, cuaca yang cerah dan view yang indah adalah segalanya. Dengan lanskap yang memesona, angle-angle unik bisa diabadikan. Tidak itu saja, kepuasan memotret keindahan selalu membuat orang datang lagi dan lagi. Barangkali itulah daya pikat Bukit Malimbu.

    Bukit Malimbu adalah dataran tinggi terusan area Pantai Senggigi, terletak di Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Di sini Anda akan mendapat sudut memotret yang sangat baik. Dari atas bukit Malimbu ini kita akan melihat hamparan pasir putih yang terbentang luas di hadapan bukti. Bawalah lensa panjang, Anda bisa membidik Gunung Agung Bali dan deretan gili di bagian utara Pulau Lombok. Arah lensa dan sudut bidik Anda ke spot-spot tersebut. Jika foto belum sempurna, ulangi lagi dengan angle yang sama. Anda tidak perlu terburu-buru karena tempat ini cukup tenang untuk menemani Anda mengeksplorasi keindahan alam Bukit Malimbu. Oya jangan malas untuk berjalan mengitari Bukit Malimbu, karena Anda akan mendapatkan beberapa spot yang juga menyediakan view menarik. Gugusan pohon kelapa, rumput yang hijau, beberapa orang yang naik boat di hamparan pantai adalah objek-objek yang bisa Anda ambil.

    sumber
     
  2. rattan

    rattan Active Member

    Joined:
    Apr 29, 2014
    Messages:
    985
    Likes Received:
    35
    Trophy Points:
    48
    Google+:
    presean itu cuma setahun sekali ya gan?
     
  3. debays

    debays Active Member

    Joined:
    Jul 18, 2014
    Messages:
    1,386
    Likes Received:
    58
    Trophy Points:
    48
    nice info, belum pernah kesana, kalo ke pasar lombok sih pernah... :D
     
  4. Ardilas

    Ardilas Super Level

    Joined:
    Feb 18, 2013
    Messages:
    4,245
    Likes Received:
    317
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Gambarnya keren-keren jadi pingin melakukan kegiatan serunya.
     
  5. Fatahillah

    Fatahillah Member

    Joined:
    Jun 27, 2014
    Messages:
    463
    Likes Received:
    20
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Top Markotop dah, jadi ngiler dah pingin kesana. Nabung buat tiket pesawat dulu..
     
  6. organis

    organis New Member

    Joined:
    Aug 27, 2014
    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
  7. Grant Verleend

    Grant Verleend Active Member

    Joined:
    Sep 10, 2014
    Messages:
    1,234
    Likes Received:
    35
    Trophy Points:
    48
    Google+:
    Snorkling nya kayaknya asik banget
     
  8. Grant Verleend

    Grant Verleend Active Member

    Joined:
    Sep 10, 2014
    Messages:
    1,234
    Likes Received:
    35
    Trophy Points:
    48
    Google+:
Loading...

Share This Page