Ini Dia Lima Tips Mengisi Air Aki Yang Baik Dan Benar, Jangan Sampai Salah Bahaya

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah' started by Garena, Aug 13, 2020.

Tags:
  1. Garena

    Garena New Member

    Joined:
    Jul 6, 2018
    Messages:
    60
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Aki salah satu komponen dalam mobil yang memiliki fungsi primer, karena sumber arus listrik dalam bentuk senyawa kimia. Selain itu di dalam aki juga mengandung banyak sel sekunder yang menghasilkan arus listrik, dimana berfungsi untuk menopang semua aktivitas kendaraan, terutama bagian starter mobil. Jadi gak kebayang kan betapa pentingnya aki dalam mobil kamu. OLeh karena itu kamu tidak bisa main-main atau sembarangan loh mengisi atau pun memilih air aki mobil. Ada beberapa tips penting yang harus kamu perhatikan ya sebelum mengisi air aki mobil.

    Air aki juga salah satu hal penting yang harus kamu perhatikan, jika kamu memilih aki mobil di sembarang tempat dimana kualitasnya tidak bisa dijamin, pastinya akan berpengaruh kepada aki mobil kamu. Jika kamu menggunakan air aki yang tidak berkualitas akan sangat berpotensi mengakibatkan kerusakan pada aki. Melakukan pencarian air aki yang berkualitas secara online langkah mudah dan sederhana yang bisa kamu lakukan, seperti Jual air aki atau Jual air zuur . Jika kamu sudah menemukan referensi terbaik dari hasil pencarian di google, kamu tinggal memilih aki berkualitas sesuai dengan kebutuhan.

    Nah lima tips cara mengisi air aki berikut ini akan sangat bermanfaat bagi kamu yang masih awam dalam pengisian air aki. Kamu juga tidak perlu repot-repot ke bengkel mobil jika sudah mengetahui tips atau cara mengisi air aki yang benar. Langsung simak aja yuk ulasanya berikut ini:


    1. Perhatikan Terlebih Dahulu Jenis Air Aki Yang Kamu Gunakan, Jangan Sampai Salah Pilih

    Kamu harus tau bahwa ada dua jenis air aki yang dijual di pasaran, yaitu air aki kemasan merah dan air aki kemasan biru. Kedua kemasan ini memiliki bahan yang berbeda jadi penggunaannya juga tergantung dari isi air aki mobil kamu. Air aki kemasan biru berbahan mineral digunakan untuk menambah air aki yang kurang volumenya. Nah, apabila air aki mobilmu di bawah normal kamu harus menggunakan kemasan berwarna biru ya, bukan kemasan berwarna merah. Kamu menggunakan air aki kemasan merah apabila air aki mobilmu benar-benar kosong, karena kemasan ini mengandung air zuur atau h2so4. Jika kamu menggunakan kemasan merah untuk aki yang masih ada airnya akan mengakibatkan kandungan asam sulfat pada air aki makin besar dan tentunya hal ini berbahaya pada aki mobilmu.


    2.Air Aki Mengandung Zat Keras Yang Berbahaya, Gunakanlah Sarung Tangan Saat Mengisi Air Aki

    Tahukah kamu bahwa air aki mengandung zat asam ( H2SO4 ) yang cukup keras? Yup, zat tersebut bisa mengakibatkan iritasi pada kulit. Kulit akan terasa terbakar jika terkena air aki, bahkan bisa sampai melepuh loh. Dan pastikan kamu menggunakan sarung tangan saat mengisi air aki agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Jika kulit kamu terkena tetesan air aki, segera bersihkan dengan air sabun untuk menetralisir zat asam pada kulit. Air aki juga sangat sensitif terhadap plastik. Jadi sangat disarankan untuk menutup komponen mobil berbahan plastik dengan kain lap, agar tidak terkena tetesan air aki.


    3. Untuk Mengisi Air Aki Periksalah Ketinggianya, Untuk Mengetahui Berapa Kurangnya Air Aki Tiap Sel

    Sebelum kamu mengisi air aki langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengecek volume air aki terlebih dahulu. Hal ini perlu untuk mengecek volume air aki. Jika kamu sudah mengetahui volume air aki kamu bisa memperkirakan berapa air aki yang dibutuhkan ke dalam aki. Sehingga air aki yang kamu beli tidak kurang. Satu hal lagi yang tidak kalah penting yang perlu diperhatikan adalah, kualitas air aki. Untuk mendapatkan air aki yang berkualitas kamu bisa melakukan pencarian secara online ya, dengan menggunakan kata kunci seperti contoh Jual air radiator atau Jual radiator coolant . Selamat mencoba:)


    4. Untuk Alasan Keamanan, Lepaskanlah Terminal Negatif Baterai

    Jika kamu sudah mempersiapkan semua alat-alat dan bahan untuk mengisi air aki, langkah selanjutnya adalah mengisi air aki ke dalam aki. Hal yang harus kamu perhatikan pada bagian ini adalah memastikan bahwa sistem kelistrikan mobil sudah tidak aktif dan untuk alasan keamanan lepaskanlah terminal negatif aki. Nah, untuk melepaskan terminal negatif aki, kamu bisa menggunakan kunci 10 untuk mengendorkan mur terminalnya.


    5. Tutuplah Semua Air Sel Aki, Jika sudah Selesai Diisi

    Jika kamu sudah berhasil mengisi penuh air aki, jangan lupa untuk menutup keenam tutup aki ya. Sebelum kamu menutup sangat disarankan untuk membersihkannya terlebih dahulu. Jika penutup aki bersih tentunya akan mempengaruhi ventilasi. Ventilasi berfungsi untuk pintu penguapan saat reaksi kimia berlangsung. Jika penutup aki tidak bersih, akan mengakibatkan ventilasi mampet dan hal ini akan membuat aki menggelembung. Sangat berbahaya apabila aki menggelembung, bisa mengakibatkan aki lemah bahkan meledak. Jadi dipastikan penutup aki Anda dibersihkan jika sudah selesai diisi.

    Itulah lima tips utama dalam mengisi air aki yang aman, dan kamu harus selalu berhati-hati ya saat mengisi air aki. Dan ada rekomendasi terbaik untuk kamu perihal tempat membeli air aki yang berkualitas. www.pegasushikari.co.id adalah tempat jual air aku secara online yang sangat direkomendasikan buat kamu, disini tersedia berbagai jenis air aki dan perlengkapan mobil, seperti Jual semir ban dan Jual silicone emulsion . Semoga informasi di atas bermanfaat ya , sampai jumpa di artikel berikutnya:)
     
Loading...

Share This Page