Ini Dia Masakan Khas Gorontalo

Discussion in 'General Discussion' started by lordard, May 28, 2020.

  1. lordard

    lordard Member

    Joined:
    Aug 16, 2016
    Messages:
    69
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Indonesia terdiri atas berbagai pulau dan provinsi di dalamnya. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak makanan khas yang memiliki cita rasa unik dan berbeda. Banyak yang belum tahu cita rasa masakan khas Gorontalo satu ini karena masih terdengar asing. Masakan khas Gorontalo satu ini belum terlalu populer daripada masakan nusantara lainnya, sehingga binte biluhuta ini patut untuk diulas lebih dalam agar banyak yang mengetahuinya. Yuk intip ulasannya di bawah ini!

    [​IMG]

    Mengenal Masakan Khas Gorontalo

    Masakan khas dari pulau Sulawesi ini berbahan dasar utama jagung dengan nama yang lebih dikenal Milu Siram. Masyarakat setempat menyebutnya begitu karena binte atau milu berarti jagung dan biluhuta dalam bahasa setempat berarti siram. Makanan ini memiliki cita rasa khas karena telah diwariskan dari nenek moyang secara turun temurun. Dahulu kala makanan ini adalah menu wajib di setiap hajatan, tetapi saat ini telah dijual di berbagai tempat.

    Masakan Indonesia selalu bercita rasa khas karena banyak komponen yang ada di dalamnya. Hal itu juga berlaku untuk masakan milu siram ini. Rasa khasnya berasal dari ikan tongkol yang dibakar, sehingga aroma bakarannya sangat menggugah selera. Selain itu, rasa lain juga mendukung masakan ini menjadi sangat enak. Anda akan menemukan kombinasi rasa pahit, asam, pedas, dan gurih dari kuah masakan ini sehingga siapa saja pasti menyukainya.

    Bahan yang Dibutuhkan dan Cara Memasaknya

    Bahan bahan yang harus anda siapkan sukup kompleks, tetapi dapat dipastikan mudah untuk anda temukan. Pertama tentu siapkan jagung sebagai bahan dasarnya dan pastikan memilih jagung manis muda agar cita rasanya semakin mantab. Kedua ikan tongkol yang nantinya akan disuwir suwir di atas masakan. Ketiga, kelapa parut untuk memberikan cita rasa gurih pada masakan anda. Keempat siapkan daun kemangi untuk memperkuat aromanya.

    Telah disebutkan sebelumnya bahwa masakan ini memiliki cita rasa pahit, sehingga anda butuh daun papaya sesuai selera. Siapkan pula daun bawang yang telah dipotog potong agar makanan anda lebih bercita rasa dan harum. Bumbu yang harus disiapkan, antara lain bawang putih dan bawang merah yang diiris kasar, cabai rawit secukupnya yang dapat disesuaikan dengan selera anda, dan jeruk nipis untuk menciptakan rasa asam yang nikmat. Tidak lupa penyedap rasa dan garam secukupnya.

    Memasak masakan ini sangat mudah dan praktis, sehingga anda dapat melakukannya meskipun sedang sibuk bekerja. Yang petama bersihkan ikan tongkol dan bakarlah hingga daging cukup matang. Jika ikan tongkol telah matang, anda dapat menyuwir nyuwirnya untuk ditambahkan di akhir masakan. Kedua bersihkan jagung dan pipillah, lalu masukkan jagung ke dalam panci yang telah berisi air dan rebus. bersamaan dengan itu siapkan bumbunya.

    Bawang merah dan bawang putih diiris kasar serta cabai ditumbuk kasar. Kemudian masukkan ke dalam air rebusan jagung. Tidak lupa untuk memasukkan daun bawang, kemangi, dan daun papaya secukupnya ke masakan binte biluhuta ini. Rebuslah hingga jagung matang dan anda dapat menambahkan suwiran ikan tongkol di akhir proses memasak. Cicipilah dan tambahkan garam serta penyedap rasa secukupnya, lalu hidangkan dengan menambahkan jeruk nipis.

    Memasak makanan nusantara selalu dianggap tidak mudah, sehingga generasi zaman sekarang kurang memahami cara memasaknya. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui beberapa masakan yang nyatanya mudah diolah. Selain itu, hal ini juga bertujuan untuk melestarikan warisan nusantara agar tidak punah. Anda dapat mencoba memasak makanan sederhana khas Gorontalo ini di rumah dan kreasikan sesuai selera anda. Selamat mencoba!
     
  2. Om Toni

    Om Toni Member

    Joined:
    Feb 11, 2017
    Messages:
    264
    Likes Received:
    71
    Trophy Points:
    28
    Dari bahan ikan dan bumbu rempah dapur yang digunakan sepertinya enak nih rasanya. Sayang di tempat saya belum nemu rumah makan yang menjualnya. Nanti saya tunjukkan ke istri resepnya biar dimasakin
     
Loading...

Share This Page