Ini Dia Salah Satu Menu Berbuka Khas Masyarakat Pontianak

Discussion in 'Tourism' started by layakbaca, Jul 10, 2014.

  1. layakbaca

    layakbaca Member

    Joined:
    Apr 29, 2014
    Messages:
    59
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Banyak makanan dan masakan khas daerah yang hanya bisa kita temui pada saat Ramadhan. Dari berbagai ragam kuliner di Indonesia salah satu yang cukup menarik adalah masakan dari bahan baku sotong (cumi) yang hanya ada di Pontianak Kalimantan Barat dan umumnya hanya ada ketika bulan puasa.

    [​IMG]

    Sotong Pangkong atau cumi yang dipukul adalah makanan khas buka puasa masyarakat Pontianak, disuguhkan dengan air cabai dengan pilihan rasa ebi atau kacang, membuat pilihan menu ini patut dicoba. Perpaduan rasa manis pedas dan gurih, merupakan daya pikat tersendiri.

    Jika saat ini ada berada di Pontianak tidak ada salahnya mencicipi kuliner hanya bisa ditemui saat Bulan Ramadhan. Menu yang menjadi primadona masyarakati Pontianak sebagai kudapan buka puasa, banyak dijual di pinggir jalan deretan pedagang kaki lima menjajakan Sotong Pangkong di sepanjang Jalan Merdeka. Namun untuk di luar Ramadan, jangan berharap dapat menemui makanan ini.

    Cara pengolahan Sotong Pangkong sedikit unik, setelah cumi dikeringkan kemudian dibakar. Lalu ditambah dengan air cabe, dan rasakan sensasinya di lidah anda. Namun sebaiknya disarankan menikmati Sotong Pangkong setelah anda makan makanan yang manis, karena jika tidak dapat mengganggu pencernaan dan lambung karena perut seharian dalam keadaan kosong.

    sumber
     
  2. microfibercloth

    microfibercloth Member

    Joined:
    Jul 8, 2014
    Messages:
    251
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Kaya nya enak nih menu makanannya , tp sayang jauh *berkeringat* . patut dicoba nih makanan *kagum*
     
  3. BEIM

    BEIM Active Member

    Joined:
    Mar 17, 2014
    Messages:
    1,358
    Likes Received:
    36
    Trophy Points:
    48
    walaahh,,puasa2 kalau makan makanan gitu gak mules??
     
  4. microfibercloth

    microfibercloth Member

    Joined:
    Jul 8, 2014
    Messages:
    251
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    kayanya ngga deh kalo ga berlebihan
     
  5. ncang

    ncang Super Level

    Joined:
    Feb 7, 2013
    Messages:
    4,641
    Likes Received:
    757
    Trophy Points:
    113
    Google+:
    abis buka bro :D kalau lagi puasa makan ya batal *ketawa2* lihat ini :
    tapi tergantung kebiasaan dan daya tahan juga kali :D
     
  6. BEIM

    BEIM Active Member

    Joined:
    Mar 17, 2014
    Messages:
    1,358
    Likes Received:
    36
    Trophy Points:
    48
    iya maksudnya setelah berbuka dong.. *ketawa3*
     
  7. AhmadWafa

    AhmadWafa Member

    Joined:
    Oct 2, 2013
    Messages:
    848
    Likes Received:
    14
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Makan makan makan . . . saya suka makanan tapi tidak terlalu suka memakannya, paling cuman makan dikit aja :D tapi boleh juga buat di coba.
     
  8. firman

    firman Member

    Joined:
    Aug 31, 2014
    Messages:
    335
    Likes Received:
    14
    Trophy Points:
    18
    baru tau nih ane, makanan khas ini di pontianak
     
  9. Grant Verleend

    Grant Verleend Active Member

    Joined:
    Sep 10, 2014
    Messages:
    1,234
    Likes Received:
    35
    Trophy Points:
    48
    Google+:
    Wah nyicip, enak kayaknya
     
Loading...

Share This Page