Ini Dia Trik Sukses dalam Belajar

Discussion in 'Education' started by Fauzan Efriyan, Nov 11, 2020.

  1. Fauzan Efriyan

    Fauzan Efriyan Member

    Joined:
    Apr 22, 2020
    Messages:
    30
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Sobat siswa ingin sukses belajar? Tentu saja! Semua siswa pasti ingin meraih kesuksesan dalam belajar. Memperoleh prestasi belajar dengan memuaskan. Siswa yang memperoleh prestasi tinggi juga menjadi siswa populer di sekolah. Tidak itu saja, kedua orang tua siswa akan bahagia dan bangga.

    Kenyataannya, menjadi seorang siswa yang sukses dalam belajar tidak mudah. Banyak tantangan dan hambatan yang harus dihadapi. Tantangan itu tidak hanya berasal dari dalam diri siswa. Faktor lain yang dapat menghambat kesuksesan belajar adalah kurangnya dukungan lingkungan, proses pembelajaran, dan lain sebagainya.
    Lalu, apa trik sukses dalam belajar? Mari kita simak trik-triknya berikut ini:

    [​IMG]

    1. Rencanakan waktu belajar
    Siswa yang sukses memiliki jadwal belajar yang spesifik. Mereka akan menyelesaikan tugas studi mereka dan tetap konsisten dengan jadwal yang mereka tulis. Siswa yang belajar dengan cara sporadis dan main-main tidak akan mudah berhasil dibandingkan siswa yang memiliki jadwal belajar.

    2. Jangan pernah menunda waktu belajar yang sudah direncanakan
    Sangat mudah bagi Anda untuk menunda sesi belajar yang sudah ditentukan. Apalagi, jika Anda kurang berniat pada pelajaran tersebut. Siswa yang ingin berhasil tidak boleh menunda waktu belajar. Jika Anda menunda jadwal belajar, seterusnya Anda akan menjadi kurang efektif dalam menerima materi pelajaran.

    3. Mulailah dengan subjek yang paling sulit terlebih dahulu
    Carilah subjek pelajaran tersulit dan lebih membutuhkan upaya serta energi yang besar dalam menyelesaikannya. Setelah Anda menyelesaikan tugas tersebut, Anda akan lebih mudah untuk menyelesaikan sisa tugas.

    4. Pastikan tidak ada gangguan dalam belajar
    Ketika Anda terganggu saat belajar, Anda akan kehilangan dan memecahkan konsentrasi belajar. Untuk itu, sebelum Anda mulai belajar, temukanlah tempat di mana Anda tidak akan terganggu.

    5. Gunakan kelompok belajar efektif
    Pernahkah Anda mendengar kalimat "Dua kepala lebih baik dari satu?". Pertanyaan tersebut dapat dibenarkan dalam situasi belajar. Bekerja dalam kelompok memungkinkan Anda untuk mendapatkan bantuan dari siswa lain ketika Anda kesulitan dalam memahami konsep, menyelesaikan tugas dengan lebih cepat, dan membantu siswa lain dan diri Anda sendiri dalam menginternalisasi subjek materi. Namun, kelompok belajar bisa menjadi sangat tidak efektif jika mereka tidak terstruktur.


    Itulah 5 trik sukses dalam belajar yang utama. Tentu saja trik-trik tersebut masih dapat diungkap lebih lanjut melalui pengalaman emperis siswa sendiri. Semoga bermanfaat...

    Sumber :
    www.matrapendidikan.com
    edukasi.kompas.com
     
  2. keepburger

    keepburger Member

    Joined:
    Nov 2, 2018
    Messages:
    87
    Likes Received:
    15
    Trophy Points:
    8
    Catatan:
    Jika sedang belajar jauhkan/non aktifkan smartphone. Biasanya notofikasi-notifikasi yang muncul bisa menjadi gangguan.
     
    Fauzan Efriyan likes this.
  3. Arif Rachman Hakim

    Arif Rachman Hakim Member

    Joined:
    May 4, 2014
    Messages:
    386
    Likes Received:
    27
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    kita harus kenali diri sendiri, setiap orang punya kebiasaannya masing-masing dalam belajar. kalau saya sendiri lebih suka belajar ditempat yang tenang (tanpa musik, beberapa orang suka belajar dengan musik) dan lebih suka belajar dari yang gampang dulu baru ke yang sulit (biar gak kebawa susah diawal). tapi yang terpenting untuk sukses belajar menurutku tidak menunda untuk belajar hari ini, thank tipsnya sebelumnya sangat bermanfaat
     
    Fauzan Efriyan likes this.
  4. Fauzan Efriyan

    Fauzan Efriyan Member

    Joined:
    Apr 22, 2020
    Messages:
    30
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Iya betul, maka dari itu ketika ingin belajar matikan hp terlebih dahulu.
     
  5. Fauzan Efriyan

    Fauzan Efriyan Member

    Joined:
    Apr 22, 2020
    Messages:
    30
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    iya betul yang paling penting kenali diri sendiri. Karena setiap orang berbeda-beda. Sama-sama:)
     
Loading...

Share This Page