Ini Penilaian Asesmen Nasional 2021 Yang Gantikan UN

Discussion in 'Education' started by Barunasasra, Oct 20, 2020.

  1. Barunasasra

    Barunasasra New Member

    Joined:
    Sep 28, 2020
    Messages:
    11
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    [​IMG]

    Ujian Nasional 2020 ini bakal jadi UN terakhir. Sudah tahu kan kalau Ujian Nasional 2021 bakal dihapus? Nah sebagai gantinya, Kemendikbud mengadakan Asesmen Nasional. Apa sih Asesmen Nasional? Seberapa efektif Asesmen Nasional menggantikan Ujian Nasional 2021?

    Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim menilai Asesmen Nasional 2021 dilakukan untuk mendorong perbaikan mutu pembelajaran di Indonesia.

    Seperti yang diucapkan Nadiem di channel YouTube Kemendikbud RI pada 8 Oktober kemarin, Asesmen Nasional berfokus pada evaluasi belajar yang lebih luas. “Perubahan asesmen nasional tidak lagi mengevaluasi pencapaian murid secara individu, akan tetapi mengevaluasi, memetakan sistem pendidikan berupa proses dan hasil,” ungkap Nadiem dalam keterangan tersebut.

    Apa Saja Yang Diujikan di Asesmen Nasional 2021?

    Dalam keterangan tersebut, Mendikbud juga memaparkan jika ada tiga tipe ujian yang dilakukan pada Asesmen Nasional 2021, antara lain:

    Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)

    AKM dilakukan untuk mengukur pencapaian siswa secara kognitif. Artinya, nilai siswa saat mengikuti Asesmen Nasional dihasilkan dari proses belajar kognitif yaitu literasi dan numerasi.

    Survei Karakter

    Nggak Cuma kemampuan akademis saja yang dinilai dalam Asesmen Nasional lho. Nantinya para siswa juga akan dinilai berdasarkan aspek sosial dan emosional. Nadiem menganggap Survei Karakter ini berguna untuk mencetak profil pelajar Indonesia yang sesuai Pancasila.

    Survei Lingkungan Belajar

    Nggak bisa dipungkiri kalau lingkungan belajar juga sangat berpengaruh pada prestasi siswa, iya kan?

    Maka dari itu, Asesmen Nasional juga akan mengevaluasi kualitas belajar berdasarkan lingkungan sekolah dan situasi yang ada di lapangan. Namun, hasil penilaian ini tidak memberikan konsekuensi tertentu untuk pihak sekolah.

    Perbedaan Asesmen Nasional Dengan Ujian Nasional

    Mode Ujian

    Jika pada Ujian Nasional kita harus mengikuti ujian komputer dan ujian tertulis, pada Asesmen Nasional 2021, siswa akan diuji menggunakan sistem soal yang berlapis.

    Ujiannya masih menggunakan sistem komputer yang disesuaikan dengan kemampuan para siswa. Jadi, beban soal yang diberikan nggak semuanya sama. Artinya, para peserta bakal diberikan soal berdasarkan kemampuan belajar masing-masing. Hmmm… menarik sih.

    Nilai Ukur Dalam Ujian

    Pada Asesmen Nasional 2021, siswa akan dinilai berdasarkan pencapaian kompetensi berdasarkan kemampuan masing-masing.

    Ada banyak aspek yang bakal dinilai, seperti kompetensi literasi dan numerasi siswa, lingkungan belajar siswa, hingga karakter dari siswa masing-masing.

    Artinya, sistem ujian yang diberikan lebih personal dan mengukur nilai siswa berdasarkan kemampuannya pada bidang-bidang yang diujikan.

    Peserta Tes

    Poin ini cukup menarik untuk dibahas. Jika sebelumnya siswa yang mengikuti Ujian Nasional adalah yang duduk di tingkatan terakhir, seperti kelas 6 SD, kelas 9 SMP dan kelas 12 SMA, pada Asesmen Nasional 2021 pesertanya justru siswa yang berada di tingakatan satu tahun sebelum kelulusan.

    Artinya, yang diuji adalah siswa kelas 5 SD, kelas 8 SMP dan kelas 11 SMA. Jadi, ujian yang diberikan tidak lagi dalam satu waktu seperti Ujian Nasional, tetapi dalam satu periode belajar.

    Laporan Hasil Tes

    Jika pada Ujian Nasional, laporan hasil tes ditentukan berdasarkan nilai setiap peserta ujian, nilai satuan pendidikan dan nilai agregat per wilayahnya, Asesmen Nasional 2021 justru mendapatkan laporan hasil tes berdasarkan nilai satuan pendidikan dan nilai agregat per wilayah saja seperti desa, kota atau kabupaten dan provinsi.

    Jenis Soal

    Soal-soal ujian yang akan diberikan saat Asesmen Nasional 2021 berfokus pada kompetensi yang lebih luas atau High-Order Thingking Skill (HOTS).

    Jadi, nggak ada lagi soal-soal yang menanyakan fakta atau definisi yang bersifat hafalan. Nantinya siswa akan ditanya tentang bagaimana proses sistem bekerja. Soal jenis ini akan lebih efektif untuk mengasah logika, kreativitas dan penalaran siswa.

    Gimana sudah siap dengan Asesmen Nasional 2021?

    Yuk, cek informasi menarik seputar pendidikan lainnya di blog Aplikasi Belajar Online.

    Sumber: Pahamify
     

Share This Page