Inilah 10 Macam Buah Buahan Untuk Penderita Maag

Discussion in 'Health & Medical' started by alit kurniawan, Jan 11, 2019.

  1. alit kurniawan

    alit kurniawan Member

    Joined:
    Aug 1, 2018
    Messages:
    338
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    Banyak cara untuk mengatasi penyakit maag. Selain dengan mengkonsumsi obat-obatan medis, terdapat juga beberapa menu makanan yang dapat membantu menetralisir maag dan juga meredakan gejala yang menyertainnya.

    Sadar atau tidak, pola makan akan benar-benar mempengaruhi kesehatan. Salah satunya yakni gangguan penyakit maag yang secara umum terjadi karena pola makan yang buruk. Apabila kondisi seperti ini dibiarkan, tidak hanya gangguan maag saja yang akan muncul tetapi penyakit lain juga seperti insomnia, vertigo, bahkan depresi.

    Untuk mengatasi hal tersebut, pengobatan dan pola makan sehat sangat diperlukan. Buah-buahan adalah salah satu jenis asupan makanan yang aman dan juga sehat bagi penderita maag. Walaupun tidak semua buah aman untuk dikonsumsi. Berikut ini adalah beberapa Buah Buahan Untuk Penderita Maag, diantaranya :

    1. Buah Apel

    Buah apel ini sangat kaya akan nutrisi, salah satunya adalah dengan adanya kandungan pektin dan juga kombinasi glisin. Hasil dari kedua kombinasi ini mengandung antasid dan menjadikan buah apel sebagai salah satu buah untuk mengobati penyakit maag. Selain itu, buah apel ini juga mampu mengurangi kandungan asam lambung, rasa mual, dan juga mulas yang berlebih pada pencernaan anda.

    Ingin meredakan gejala dari penyakit maag hanya dengan mengkonsumsi buah apel ? Caranya mudah sekali, hanya dengan mengkonsumsi satu buah apel sebelum makan selama 3 hari sekali, dan jangan lupa juga untuk mencuci kulitnya agar terhindar dari kandungan pestisida.

    2. Buah Pepaya

    Harga terjangkau, mudah didapat, dan memiliki banyak manfaat ? Itulah kata yang pas untuk menggambarkan buah yang identik dengan warna jingga ini. Buah pepaya ini memang termasuk salah satu buah-buahan yang berkhasiat sebagai obat maag kronis.

    Dikutip dari HelloSehat.com, kandungan yang ada pada buah pepaya ini antara lain seperti vitamin A, B1, B2, dan juga vitamin C. Selain vitamin-vitamin tersebut, buah pepaya juga mengandung mineral seperti sulfur, kalium, besi, dan juga magnesium. Kandungan mineral tersebut yang akan dapat melancarkan pencernaan anda, termasuk penyakit maag ini.

    Untuk cara mengkonsumsinya, anda dapat menghaluskan seperempat potong buah pepaya setiap harinya, bisa juga dengan menambahkan 2 sendok yoghurt tanpa campuran lainnya. Mengkonsumsi sebelum, makan siang dan juga makan malam, mampu meredakan sakit maag yang anda derita.

    3. Kelapa

    Percaya buah kelapa ini mampu meredakan penyakit maag ? Ternyata, di dalam air buah kelapa ini memiliki banyak mineral dan senyawa yang bersifat menenangkan sistem pencernaan dalam tubuh. Hal ini tentunya sangat bermanfaat untuk menghilangkan radikal beracun di dalam tubuh.

    Selain itu, air dari buah kelapa ini juga dapat membantu mempertahankan suhu tubuh agar tetap normal dan menghambat peradangan pada lambung. Bagi penderita maag, sebaiknya mengkonsumsi satu buah air kelapa setiap hari, dan lihat hasilnya dengan mengkonsumsi rutin selama 2 minggu berturut-turut.

    4. Buah Persik

    Sudah tahu mengenai buah yang satu ini ? Pastinya hampir semua orang pasti tahu dengan buah yang satu ini. Namun, tahukah anda bahwa buah persik ini dapat meredakan penyakit maag ? Buah manis yang memiliki kandungan baik untuk kesehatan tubuh ini, sangat bagus untuk pencernaan.

    Buah persik ini dikenal memiliki peran sebagai kandungan obat diuretik dan juga obat pencahar sekaligus. Selain itu, di dalam buah persik juga terdapat vitamin A, C, dan E yang dapat mencegah kanker di dalam pencernaan anda. Sedangkan untuk kandungan mineralnya sendiri seperti magnesium, fosfor, dan kalium berperan sebagai pelindung sistem kekebalan tubuh yang baik.

    Mempunyai tekstur yang lembut dan mudah untuk dicerna, buah persik ini ternyata dapat meningkatkan kinerja sistem pencernaan bagi anda yang menderita sakit maag. Mengkonsumsi obat alami penyakit maag yang terbuat dari air rebusan daun persik dan pastinya dengan daging buah persik ini sangat mudah dilakukan oleh anda di rumah. Meminum setiap hari sebanyak 2-3 cangkir per hari dapat meredakan gejala penyakit maag dengan cepat.

    5. Buah Pisang

    Buah pisang merupakan salah satu buah yang mempunyai tingkat serat yang cukup tinggi. Tidak hanya itu, kandungan protein dan lemaknya juga rendah. Karena itu, buah pisang telah diakui sebagai sumber energi yang mempunyai sedikit kandungan efek pencahar.

    Jika buah pisang digunakan untuk mengobati penyakit maag, sebaiknya memilih buah pisang yang sudah matang, berwarna kuning terang. Mengkonsumsi buah pisang sebagai menu sarapan sehat anda untuk mengurangi gejala maag sehari-hari.

    6. Melon

    Buah yang satu ini memiliki zat antioksidan serta kalium yang sangat baik untuk mengobati penyakit maag. Terdapat kandungan mineral pada buah melon ini yang ternyata banyak ditemukan di dalam obat asam lambung. Hal ini tentu saja akan membantu proses pencernaan di dalam tubuh.

    Disebabkan kandungan buah melon sebagian besar adalah air, hal ini tentu saja menyebabkan zat-zat penting seperti antioksidan, vitamin A, B, C, dan juga kalium yang adap pada buah melon ini akan mudah diserap oleh tubuh. Bagi anda yang sedang melakukan diet, kandungan air yang banyak pada buah melon ini dapat memberikan rasa kenyang sehingga sangat cocok.

    7. Semangka

    Murah, Segar, dan Manis membuat semua orang menjadi suka terhadap buah yang satu ini. Buah semangka sendiri dapat menjadi terapi bagi penderita penyakit maag. Sama halnya seperti melon, kandungan air yang ada pada buah melon sangatlah banyak.

    Selain itu, buah semangka juga mengandung alkali yang dapat mengurangi kadar asam lambung pada perut. Sehingga terapi menggunakan buah semangka ini cukup efektif bagi anda penderita penyakit maag atau pun yang sedang diet.

    8. Alpukat

    Buah yang enak untuk dibikin jus ini memiliki banyak khasiat bagi penderita maag. Selain mempunyai tekstur yang lembut untuk dicerna, buah alpukat juga memiliki kandungan yang kaya akan vitamin A, B, B12, B Kompleks, C, E, dan D.

    Bukan hanya itu saja, buah alpukat juga kaya akan serta yang sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Untuk anda penderita penyakit maag yang sedang melakukan diet, buah alpukat ini sangatlah cocok untuk anda. Mengkonsumsi buah alpukat ini tentunya akan sangat mempercepat rasa kenyang dan juga mengurangi porsi nasi anda.

    9. Jeruk

    Meskipun buah jeruk ini memiliki rasa asam, namun buah jeruk ini juga cenderung bisa dipakai untuk mengurangi sakit maag. Terdapat kandungan asam asetat dan juga asam askorbat yang dapat menjadi obat bagi penyakit maag.

    10. Pir

    Jika ingin mengkonsumsi buah yang satu ini, pilih buah pir yang manis, karena beberapa orang tidak cocok untuk mengkonsumsi buah pir ini. Akan tetapi, buah pir ini sangatlah ampuh untuk menyeimbangkan kadar asam lambung jika dikonsumsi dengan cara yang benar dan tepat.

    Sama seperti buah melon dan semangka, buah pir ini mempunyai kandungan mineral yang baik untuk pencernaan dan juga penyerapan di dalam perut. Selain itu, buah pir juga mengandung antioksidan yang dapat memerangi asam lambung berlebih.

    Supaya memastikan anda cocok atau tidak mengkonsumsi buah pir ini, pertama konsumsi terlebih dahulu dalam porsi yang sedikit dan pilih buah pir yang manis. Pastikan anda juga mengkonsumsi sebelum mengkonsumsi agar penyerapan kandungan yang ada di dalam buah dapat sempurna.
     
  2. Hafidz

    Hafidz New Member

    Joined:
    Aug 30, 2015
    Messages:
    13
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    ..wah ini nice info nih Sama seperti buah melon dan semangka :cool:
     
  3. tajba

    tajba New Member

    Joined:
    Sep 10, 2017
    Messages:
    19
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    1
    Thanks infonya kak, sangat bermanfaat
     
  4. albandungiy

    albandungiy New Member

    Joined:
    Jan 11, 2019
    Messages:
    2
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Wah sebenernya buahnya ga aneh aneh dan banyak disekitar kita ya kaya pepaya, semangka melon

    Joss bro
     
  5. alit kurniawan

    alit kurniawan Member

    Joined:
    Aug 1, 2018
    Messages:
    338
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    Makasih atas apresiasinya, semoga bermanfaat
    Makasih atas apresiasinya
    Yo'i bro, maka dari itu selalu biasakan hidup sehat
     
  6. Aditya WP

    Aditya WP Member

    Joined:
    May 29, 2015
    Messages:
    275
    Likes Received:
    36
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Bagi saya ketika ada masalah di perut atau selera makan berkurang saya lebih suka mengkonsumsi buah Pir sebagai pengganti nasi.
     
  7. alit kurniawan

    alit kurniawan Member

    Joined:
    Aug 1, 2018
    Messages:
    338
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    Itu sangat baik sekali mas, tapi lebih baiknya jika ingin mengganti nasi harus dengan makanan yang mengandung karbohidrat juga agar tidak timbul gejala penyakit lainnya mas
     
Loading...

Share This Page