Inilah 3 Peran Mahasiswa dalam Masyarakat yang Dapat Membuat Dirimu Bangga Menjadi Seorang Mahasiswa

Discussion in 'General Discussion' started by Saat Santai, May 3, 2017.

Tags:
  1. Saat Santai

    Saat Santai New Member

    Joined:
    May 3, 2017
    Messages:
    4
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    [​IMG]
    Pada saat ini, adanya mahasiswa merupakan salah satu unsur terpenting dalam sebuah pemerintahan, karena dimana mahasiswa telah dianggap sebagai agen pembawa perbuahan bagi suatu negara. Dan hal ini merupakan sebuah suatu kebanggaan tersendiri. Peran mahasiswa yang tidak hanya seorang penuntut ilmu saja, akan tetapi juga sebagai wadah yang memberikan solusi bagi suatu permasalahan yang timbul di masyarakat pada suatu negara.

    Jadi sangatlah tepat jika dikatakan bahwa mahasiswa merupakan suatu golongan akademis yang memiliki tempat tersendiri di dalam lingkungan masyarakat. Hal tersebut dikarenakan mahasiswa memiliki kelebihan tidak bisa disamakan dengan rakyat biasa, terutama dalam hal perjuangan serta kontribusinya terhadap bangsa dan negara. Berikut 3 peran yang dimiliki oleh para mahasiswa, yaitu:

    1. Mahasiswa Memiliki Peran Sebagai Penyambung Lidah Pemerintah

    Mahasiswa sangat diharapkan untuk bisa melakukan sosialisasi kebijakan yang telah ditetapkan pemerintah kepada masyarakat. Karena sebagian masyarakat yang sering salah paham tentang kebijakan pemerintah. Maka dari itu, peran mahasiswa disini sebagai penerjemah tentang maksud dan tujuan dari kebijakan pemerintah. Sehingga bisa dimengerti atau dipahami oleh masyarakat.

    2. Mahasiswa juga Memiliki Peran Sebagai Penyampai Aspirasi dari Masyarakat kepada Pemerintah


    Hal tersebut bisa diwujudkan dengan melakukan interaksi sosial terhadap masyarakat. Selanjutnya dengan menganalisa masalah yang ada di masyarakat, lalu menyampaikan realita yang aada di masyarakat dan disertakan solusinya kepada pemerintahan.

    3. Mahasiswa Berperan Sebagai Kontrol Politik


    Dalam hal ini, mahasiswa memiliki peran sebagai pengawas serta partisipan dalam membahas semua hal yang berkenaan dengan fungsi partai politik yang terkait dengan pengambilan keputusan pemerintahan dan juga berbagai macam keputusan yang telah terambil sebelumnya.

    Beberapa contoh peristiwa yang dilakukan oleh mahasiswa sebagai penggerak perubahan:

    1. Peristiwa Tritura

    PKI atau Partai Komunis Indonesia dijadikan sebagai terdakwa dalam peristiwa G 30 S/PKI yang diduga sebagai dalang peristiwa tersebut. Hal tersebut mengakibatkan dari berbagai kalangan pemuda, pelajar dan mahasiswa menggelar aksi-aksi untuk menuntut penyelesaian secara politis terhadap oknum yang terlibat dalam peristiwa G 30 S/PKI.

    Akhirnya pada tanggal 26 Oktober 1965, persatuan aksi sudah mencapai puncak kesabarannya. Sehingga mereka membentuk sebuah wadah yang diberi nama Front Pancasila yang membawa tuntutan Tirtra. Dan isi Tritura itu adalah pembubaran PKI beserta ormas-ormasnya, mengganti kabinet Dwikora dan penurunan harga sembako.

    2. Peristiwa Reformasi 1998


    Secara garis besar, peristiwa ini berawal dari sidang umum MPR pada bulan Maret 1998 dan memilih Soeharto sebagai presiden dan B.J. Habibie sebagai Wakil Presiden untuk periode masa jabatan 1998 hingga 2003. Presiden Soeharto kemudian membentuk Kabinet Pembangunan VII yang diduga sarat nepotisme dan kolusi yang kemudian menjadi salah satu penyebab mahasiswa bergerak. Pada bulan Mei 1998, para mahasiswa dari berbagai daerah melakukan demonstrasi untuk menuntut mundurnya Soeharto dari kepresidenan, menghapuskan KKN, dan menurunkan harga sembako. Dan pada akhirnya masa orde lama tumbang.


    Dan itulah peran mahasiswa yang sangat berpengaruh untuk menjadi penggerak perubahan. Saya pun berharap mahasiswa selalu menjadi agen perubahan untuk negeri ini. Dan juga saya berharap mahasiswa itu akan selalu memihak rakyat. Terima kasih Mahasiswa Indonesia. :)
     
  2. Promp3

    Promp3 Member

    Joined:
    Oct 16, 2016
    Messages:
    416
    Likes Received:
    15
    Trophy Points:
    18
    Mhasiswa jga bisa menggulirkn pemerinthan.
     
Loading...

Share This Page