Inilah 4 Trik Foto Produk Bermodalkan HP untuk Jualan

Discussion in 'Photography' started by mahasena69, Dec 7, 2019.

  1. mahasena69

    mahasena69 New Member

    Joined:
    Dec 4, 2019
    Messages:
    6
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Saat ini banyak orang yang memanfaatkan teknologi digital untuk berjualan, nggak terkecuali anak muda. Banyaknya media sosial mulai dari Facebook, Twitter hingga Instagram berubah menjadi lapak yang potensial bagi para penjual online.

    Khususnya Instagram, foto produk menjadi salah satu daya tarik utamanya. Jika kamu punya bisnis online shop, memajang foto produk yang eye catching wajib hukumnya untuk menarik pelanggan melihat-lihat hingga membeli koleksi produk yang kamu jual. Sayangnya, banyak penjual online yang belum paham betul tentang cara mengambil foto produk yang baik dan menarik. Sehingga mereka akan menyerahkan pekerjaan ini pada fotografer profesional.

    1. Siapkan dulu background fotonya, dengan membuat studio mini. Perlengkapannya sederhana!

    Buatmu yang baru memulai jualan online, nggak perlu repot-repot menyewa studio foto. Tetapi lebih baik bikin sendiri studio mini di rumah dengan peralatan sederhana.

    Sebaiknya gunakan background foto yang polos dan berwarna netral seperti putih. Kelebihan dari warna putih yaitu akan menonjolkan sisi detail dan memberi kesan cerah dari produk. Tambahkan kertas di sisi foto sebagai cahaya tambahan untuk menerangi bagian gelap dari produk agar nggak berbayang.

    2. Jika produk yang akan kamu jual adalah sesuatu yang bisa dipakai, disarankan untuk menggunakan model sebagai contoh untuk calon pembeli.

    Khusus untuk produk fashion, penggunaan model saat mengambil foto bisa menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Produk yang terlihat pas di badan sang model, pastinya akan membuat produk yang kamu jual terlihat lebih menarik.

    Selain itu juga bisa memberi gambaran pada pembeli, khususnya saat produk tersebut dikenakan langsung. Mintalah bantuan teman ataupun saudaramu untuk menjadi model dadakan.

    3. Pencahayaan harus cukup terang, lebih baik kamu mengambil foto secara outdoor karena cahaya alami dari matahari menghasilkan foto yang lebih bagus.

    Pencahayaan menjadi penentu utama bagus atau nggaknya hasil foto yang kamu ambil. Karena kamera HP nggak se-sensitif kamera DSLR, maka harus ada cahaya yang cukup terang saat akan memfoto objek. Nah, untuk hasil foto yang maksimal, lebih baik gunakan pencahayaan alami dari sinar matahari, bisa dari arah jendela atau pintu yang terbuka.

    Namun jika terpaksa harus mengambil foto di dalam ruangan, usahakan untuk mencari ruangan yang terpapar cahaya matahari. Jika dirasa masih kurang, tidak ada salahnya kamu menggunakan lampu tambahan supaya lebih terang.

    4. Tentukan tema foto yang ingin ditampilkan agar hasilnya relevan dengan apa yang ingin disampaikan.

    Tema foto produk secara menyeluruh merupakan salah satu hal krusial dalam mengambil foto yang oke. Pastikan kamu sudah menentukan tema foto sebelumnya. Setelah tema tercipta, ‘godok’ kembali idemu untuk melihat apakah tema dan hasil akhirnya fotonya sudah relevan dengan apa yang akan disampaikan dan ditampilkan di Instagram.

     
Loading...

Share This Page