Inilah 5 Nutrisi Penting Bagi Penderita Patah Tulang

Discussion in 'Health & Medical' started by alit kurniawan, Feb 14, 2019 at 2:34 PM.

  1. alit kurniawan

    alit kurniawan Member

    Joined:
    Aug 1, 2018
    Messages:
    396
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    Banyak hal yang bisa menyebabkan seseorang mengalami patah tulang, seperti cedera atau memiliki kondisi tulang yang rapuh. Jika anda mengalami patah tulang, besar kemungkinan anda akan diminta untuk menjalani operasi. Akan tetapi, selain pengobatan yang dilakukan oleh tim medis, anda juga dapat melakukan hal lainnya untuk mempercepat penyembuhan tulang yang patah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat gizi yang tepat.

    Secara umum, semua makanan yang sehat dan bergizi tentu akan membantu untuk membuat kondisi menjadi lebih cepat pulih. Akan tetapi terdapat beberapa zat gizi yang diperlukan dalam jumlah lebih agar kondisi tulang cepat membaik dan juga luka cepat kering. Lantas, apa saja nutrisi agar patah tulang cepat sembuh ? Berikut ini adalah beberapa Nutrisi Untuk Penyembuhan Patah Tulang, diantaranya :

    1. Kalsium

    Kandungan kalsium memang sudah banyak diketahui sangat bagus untuk perkembangan tulang, terutama untuk anak-anak yang masih kecil. Pada saat anda mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kalsium, maka hampir semua kalsium akan disimpan di dalam tulang. Hal ini tentu membuat tulang anda menjadi lebih padat dan kuat. Fungsi utama dari kalsium sendiri adalah untuk menjaga kesehatan tulang.

    Oleh karena itu, anda pasti akan membutuhkan makanan yang memiliki kalsium tinggi untuk membuat tulang anda yang patah menjadi lebih kuat dan padat kembali. Susu, salmon, kacang almond, susu kedelai, bayam, dan brokoli merupakan beberapa makanan dan juga minuman yang mengandung kalsium tinggi.

    2. Protein

    Makanan yang mengandung protein merupakan salah satu nutrisi yang diperlukan bagi penderita patah tulang. Protein sendiri merupakan zat gizi makro yang sangat penting untuk membangun jaringan baru di dalam tubuh. Tubuh anda membutuhkan nutrisi ini supaya dapat membangun dan juga memperbaiki jaringan tulang yang baru dapat tumbuh menjadi jaringan yang normal kembali.

    Selain itu, protein ini juga dapat membantu untuk menyerap kalsium yang lebih banyak, supaya tulang yang baru dapat tumbuh menjadi tulang yang padat dan juga kuat. Dagin sapi, daging ayam, susu, telur, dan juga kacang-kacangan adalah beberapa makanan yang mengandung tinggi protein.

    3. Vitamin K

    Walaupun vitamin K ini lebih banyak berperan dalam mencegah perdarahan dan mempercepat penyembuhan luka, tetapi vitamin K juga mampu membantu meningkatkan penyerapan kalsium dari makanan anda. Sama halnya dengan vitamin D yang bersifat larut lemak, vitamin K dapat membuat tulang yang patah kembali menjadi pulih dan tersambung dengan sempurna.

    Kandungan vitamin K ini bisa anda temukan di dalam makanan seperti, alpukat, telur, kembang kol, brokoli, dan juga kale.

    4. Vitamin C

    Bagi anda yang menganggap vitamin C sebagai antioksidan dan meningkatkan kekebalan tubuh saja, anda salah. Ternyata vitamin C ini juga baik dalam memperbaiki jaringan tulang yang rusak dan membuat penyerapan kalsum serta mineral lain maksimal di dalam tubuh.

    Kandungan vitamin C ini dapat anda temukan di dalam makanan seperti jeruk, mangga, kiwi, pepaya, brokoli, dan juga bayam.

    5. Vitamin D

    Vitamin D ini memiliki peranan penting untuk kesehatan tubuh, salah satunya untuk tulang dan tidak kalah pentinganya dari protein dan kalsium. Untuk menjaga kesehatan tulang secara keseluruhan, vitamin D inilah yang dapat melakukan hal tersebut. Selain itu, vitamin larut lemak ini dapat membantu dalam penyerapan kalsium di dalam tubuh, sehingga dibutuhkan untuk memperbaiki jaringan tulang yang rusak.

    Sebetulnya, anda sendiri bisa mendapatkan vitamin D ini dari sinar matahari. Sekitar 10 menit terpapar matahari merupakan waktu yang dibutuhkan untuk tubuh agar menghindari kondisi kekurangan. Tetapi anda juga dapat menemukannya di dalam makanan seperti ikan laut, telur, dan juga susu.
     
Loading...

Share This Page