Inilah 5 Pantangan Makanan Asam Lambung

Discussion in 'Health & Medical' started by aisusisursilah, Apr 6, 2020.

  1. aisusisursilah

    aisusisursilah Member

    Joined:
    May 23, 2018
    Messages:
    644
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Lambung merupakan salah satu organ tubuh yang rentan terkena berbagai gangguan atau penyakit bila tidak ditangani dengan baik. Salah satu masalah lambung yang sering terjadi di masyarakat kita ialah asam lambung tinggi atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD). Penyakit ini mengakibatkan penderitanya merasa nyeri dada, mengei, nyeri atau susah saat menelan, batuk kering terlebih di dalam hari, nafas berbau tidak sedap dan banyak lagi yang lainnya. Umumnya asam lambung tinggi ini terjadi akibat tidak berfungsinya lower esophageal sphinchter (LES). Sehingga setelah makanan masuk, LES tidak menutup secara sempurna dan makanan serta asam naik kembali menuju kerongkongan atau tenggorokan.

    Berikut ini beberapa makanan yang pantang alias tidak boleh dikonsumsi para penderita asam lambung, diantaranya ialah :

    1. Makanan Berlemak

    Yang pertama ada makanan berlemak seperti : daging sapi, keripik kentang, susu, keju, kentang goreng dan banyak yang lainnya. Jenis makanan ini dapat memicu asam lambung meningkat, tetapi Anda pun tetap membutuhkan konsumsi daging. Alternatifnya Anda dapat membuat lemak yang ada pada daging, serta hanya seminggu sekali konsumsi-nya.

    2. Beberapa Sayur dan Buah

    Umumnya mengkonsumsi sayur dan buah-buahan ini sangat baik untuk kesehatan tubuh, namun ada beberapa sayur dan buah yang harus dihindari oleh para penderita asam lambung tinggi karena kandungan di dalamnya. Beberapa sayur dan buah ini adalah : Jeruk, lemon, anggur, tomat, bawang bombay dan lainnya. Buah-buahan tadi bersifat asam, dimana ini bisa mengakibatkan asam lambung naik terlebih jika dikonsumsi saat perut dalam keadaan kosong.

    3. Makanan Pedas

    Pantangan makanan asam lambung berikutnya ialah makanan pedas yang banyak disukai masyarakat Indonesia, jenis makanan ini bisa meningkatkan nafsu makan. Namun untuk para penderita makanan pedas sebaiknya hindari konsumsi makanan ini sebab dapat mengakibatkan iritasi pada lapisan dalam kerongkongan serta mengakibatkan nyeri pada ulu hati. Untuk itu bagi Anda para penderita asam lambung sebaiknya hindari konsumsi makanan pedas terlebih cabai.

    4. Makanan Bergas

    Beberapa makanan banyak mengandung gas yang bisa mengakibatkan perut terasa kembung, beberapa diantaranya ialah : Brokoli, kubis, kecambah, susu dan lainnya. Semua makanan tadi bisa meningkatkan resiko asam lambung naik jika dikonsumsi dalam jumlah berlebih.

    5. Coklat

    Terakhir ada coklat yang banyak disukai karena rasanya yang enak, namun untuk Anda penderita asam lambung sebaiknya hindari konsumsi makanan ini. Coklat ini mengandung kafein serta stimulan theobromine yang bisa mengakibatkan refluks, tidak hanya itu coklat juga mengandung lemak yang tinggi, serta cocoa yang bisa mengakibatak refluks. Konsumsi dark chocolate mungkin tidak seburuk milk chocolate yang tinggi akan lemak, tetapi 2 hal tadi tetap bisa memicu naiknya asam lambung.
     
Loading...

Share This Page