Inilah 5 Pantangan Makanan Bagi Penderita Vertigo

Discussion in 'Health & Medical' started by aisusisursilah, Aug 31, 2019.

  1. aisusisursilah

    aisusisursilah Member

    Joined:
    May 23, 2018
    Messages:
    644
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Vertigo merupakan kondisi dimana penderitanya mengalami pusing, hingga merasa dirinya atau sekelilingnya berputar. Untuk tingkat keparahan-nya sendiri berbeda-beda, ada yang hanya merasakan vertigo ini beberapa menit ada juga yang hingga berjam-jam. Tak jarang penyakit ini berisiko membuat penderitanya terjatuh, jika vertigo yang dialami cukup berat.

    Selain pusing, vertigo ini juga sering menimbulkan gejala mual, muntah, berkeringat, tinnitus (telinga berdenging), dan gejala lainnya. Orang yang mempunyai kebiasaan merokok serta mengkonsumsi minuman beralkohol lebih berisiko mengalami vertigo. Tahukah Anda ternyata ada beberapa makanan yang harus dihindari konsumsi-nya bagi para penderita vertigo? Berikut ini informasinya.

    Ketahui inilah beberapa pantangan makanan yang harus dihindari oleh para penderita vertigo, diantaranya :
    • Makanan atau Minuman Tinggi Gula
    Yang pertama ada makanan atau minuman yang mengandung gula berlebih, sebaiknya Anda memilih karbohidrat yang bersifat karbohidrat kompleks, seperti gandum utuh. Sebaliknya Anda hindari konsumsi makanan maupun minuman yang mengandung gula sederhana seperti gula pasir atau sirup fruktosa.
    • Kurangi Kafein
    Hal berikutnya yang harus di hindari para penderita vertigo ialah asupan kafein. Dimana kafein ini merupakan salah satu stimulan yang dapat memicu denging yang lebih besar di telinga. Tidak hanya itu kafein juga bersifat diuretik, yang dapat membuat tubuh kehilangan banyak cairan lewat urine.
    • Hindari Asupan Garam Berlebih
    Pantangan makanan bagi para penderita vertigo selanjutnya ialah asupan garam berlebih. Dimana garam ini dapat memengaruhi kadar air dalam tubuh serta pengaturan-nya. Tidak hanya itu garam berlebih pada tubuh juga dapat mengakibatkan : Penurunan fungsi otak, mengganggu fungsi ginjal, meningkatkan tekanan darah, dan banyak lagi yang lainnya.
    • Hindari Makanan Pemicu Sakit Kepala
    Bagi Anda para penderita vertigo yang berasosiasi dengan migrain, hindari berbagai makanan yang dapat menjadi pemicu. Umumnya, setiap orang mempunyai kecenderungan makanan penyebab yang berbeda. Tetapi secara umum, beberapa makanan yang sebaiknya dihindari ialah : Hati ayam, daging asap, yoghurt, keju, anggur merah dan lainnya.

    • Batasi konsumsi Alkohol
    Hal ini karena alkohol dalam memengaruhi komposisi cairan di telinga dalam. Selain itu konsumsi alkohol berlebih juga dapat memicu berbagai masalah lainnya. Dari mulai : Kerusakan jantung, peradangan pankreas, dapat merusak otak, infeksi paru-paru dan banyak lagi yang lainnya.

    Selain itu para penderita vertigo juga sebaiknya hindari rokok, sebab nikotin dapat mempersempit pembuluh darah. Dan bisa menyebabkan gejala vertigo muncul.
     
Loading...

Share This Page