Inilah 5 Pantangan Makanan Penderita Batu Ginjal

Discussion in 'Health & Medical' started by aisusisursilah, Mar 12, 2019.

  1. aisusisursilah

    aisusisursilah Member

    Joined:
    May 23, 2018
    Messages:
    624
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Batu ginjal sendiri bukan lah penyakit yang asing di telinga masyarakat kita, banyak ditemui di sekitar kita para penderita batu ginjal. Penderitanya sering mengeluhkan sakit pinggang, paha, selangkangan serta kemaluan, mual dan muntah, hingga darah dalam urine. Anda tidak boleh menganggap sepele penyakit satu ini, sebab bisa mengakibatkan komplikasi yang lebih berbahaya.

    Menjaga pola makanan merupakan salah satu kunci membantu mempercepat proses penyembuhan penyakit batu ginjal. Hal ini karena tidak sedikit makanan yang justru jika masuk ke dalam tubuh, bisa memperburuk kondisi batu ginjal yang Anda derita. Untuk itu penting bagi Anda mengetahui beberapa makanan pantangan penderita batu ginjal berikut ini.

    Inilah beberapa makanan yang sebaiknya dihindari para penderita batu ginjal, diantaranya ialah :
    • Bayam
    Mengkonsumsi bayam ini diketahui mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan, namun bagi para penderita batu ginjal sebaiknya hindari konsumsi bayam. Ini karena kandungan oksalat tinggi yang ada di dalamnya, jika dikombinasikan dengan kalsium dapat membentuk kristal kalsium oksalat atau batu ginjal. Sehingga dengan demikian konsumsi sayuran ini akan memperparah batu ginjal yang sudah ada.
    • Seafood atau Makanan Laut
    Pantangan makanan penderita batu ginjal selanjutnya ialah seafood atau makanan laut yang banyak digemari karena rasanya yang enak. Namun bagi para penderita batu ginjal makanan satu ini pantang dikonsumsi karena kandungan purin yang ada di dalamnya tinggi. Jika kadar purin dalam tubuh meningkat, maka produksi asam urat juga meningkat. Hal inilah yang bisa mengakibatkan batu ginjal.
    • Coklat
    Selanjutnya ada coklat yang enak rasanya, makanan satu ini harus dihindari oleh penderita batu ginjal. Karena mengandung oxalate yang bisa mengakibatkan keadaan ginjal semakin parah akibat batu ginjal.
    • Makanan Yang Mengandung Natrium serta Sodium Tinggi
    Pantangan makanan untuk penderita batu ginjal ke 4 ialah makanan yang mengandung natrium (garam) serta sodium. Karena bisa meningkatkan kadar asam oksalat dalam tubuh yang berpengaruh untuk kondisi batu ginjal Anda.
    • Tomat
    Tomat banyak digunakan ibu-ibu memasak, tidak hanya itu tomat juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Tetapi, sayuran satu ini tidak baik untuk para penderita batu ginjal. Hal ini karena kandungan oxalate yang tinggi di dalamnya.
     
Loading...

Share This Page