Inilah 5 Tips Memilih CCTV Murah Berkualitas

Discussion in 'General Discussion' started by Frizy, May 31, 2023.

  1. Frizy

    Frizy Member

    Joined:
    Mar 31, 2016
    Messages:
    99
    Likes Received:
    17
    Trophy Points:
    8
    Cctv merupakan salah satu alat untuk meningkatkan keamanan. Banyak orang mulai memasang cctv karena biayany yang cukp murah dan tersedia banyak pilihan. Namun perlu di ingin sealin murah Anda juga harus memperhatikan kualitas.

    Spesifikasi kamera yang di pasang tentunya harus di sesuaikan dengan kebutuhan bangunan agar CCTV tersebut bisa berfungsi secara efektif.

    Brikut adalah hal penting yang sering terlewatkan pada saat memilih CCTV. Tujuannya agar budget yang Anda keluarkan tidak terbuang percuma, jaminan keamanan juga bisa diperoleh dengan lebih baik.

    Cek 5 Hal Ini Sebelum Memasang CCTV Murah Agar Tidak Kecewa!

    Sebenarnya tidak banyak persoalan rumit yang perlu dipikirkan. Ini adalah persiapan dasar agar nantinya CCTV yang dipasang dapat sesuai dengan kebutuhan Anda.
    [​IMG]
    Sebelum memutuskan untuk mengalokasikan anggaran untuk membeli CCTV, silahkan simak dulu tips sederhana berikut.

    1. Mengetahui Jumlah Kamera yang Dibutuhkan

    Bagian terpenting dalam instalasi CCTV adalah kameranya. Setiap bangunan mungkin saja membutuhkan jumlah kamera yang berbeda-beda.

    Jadi, apabila kita kategorikan sesuai dengan tempatnya, maka rekomendasi jumlah kamera CCTV yang dibutuhkan untuk setiap bangunan lebih kurang sebagai berikut.

    • Rumah minimalis: 2 kamera
    • Rumah berukuran besar: 3-4 kamera
    • Pertokoan pinggir jalan: 2 kamera
    • Kantor perusahaan: 4-5 kamera
    • Pabrik industri: Lebih dari 5 kamera
    Sebagai catatan jumlah kamera CCTV di atas tidak selalu sama. Ini hanyalah perkiraan saja, menyesuaikan dengan luas bangunaan dan jangkauan tangkapan kamera.

    2. Kapasitas Penyimpanan dan Power Supply

    Kapasitas penyimpanan untuk CCTV sebaiknya jangan terlalu sedikit, karena untuk menyimpan rekaman dibutuhkan ukuran storage yang besar. Standarnya CCTV rumah maupun pertokoan mempunyai kapasitas 500 GB HDD.

    Kenapa tidak menggunakan SSD? Karena fokusnya adalah kapasitas bukan kecepatan membaca data, lagipula harga SSD lebih mahal dibandingkan HDD.

    Selain itu, untuk CCTV perkantoran dan industri setidaknya butuh penyimpanan sebesar 1 TB (1000 GB) bahkan kalau bisa lebih besar dari itu. Semakin besar kapasitas HDD memungkinkan penyimpanan rekaman yang lebih banyak.

    Selain persoalan storage, bagian power supply CCTV juga perlu diperhatikan. Komponen ini menjadi penyalur daya utama, umumnya mempunyai tipe 12V dan 5A. Jumlah CCTV yang lebih banyak atau spesifikasi yang lebih tinggi membutuhkan power supply dengan kapasitas yang lebih besar.

    3. Resolusi Kamera

    Resolusi kamera CCTV menentukan seberapa bagus dan jernih gambar yang direkam. Semakin tinggi resolusi kamera umumnya lebih baik, namun kembali lagi pada kualitas sensor kameranya.

    Hal ini berarti, resolusi kamera kecil bisa menghasilkan gambar yang lebih baik jika kualitas sensor kameranya bagus.

    Standarnya kamera CCTV berapa MP? Ukuran megapixel kamera CCTV standarnya 2 MP. CCTV murah untuk rumahan dan toko-toko cukup menggunakan tipe ini.

    Namun, jika ada budget lebih bisa ambil di atasnya yaitu 5-8 MP hasil gambar lebih jernih tidak buram. Hanya saja harganya juga lebih sedikit mahal dibandingkan kamera CCTV 2 MP.

    4. Posisi dan Instalasi

    Kamera CCTV bagusnya dipasang di mana? Posisi pemasangan CCTV sepenuhnya menyesuaikan dengan keinginan owner rumah/pemilik bangunan. Namun, biasanya dari pihak jasa pasang CCTV bisa memberikan saran dan rekomendasi.

    Kamera CCTV idealnya dipasang di pojok, untuk menjangkau area yang lebih luas. Dalam ruangan atau luar ruangan, posisi pemasangan kamera di bagian pojok seakan sudah menjadi acuan utama.

    Selain itu, memungkinkan juga untuk memasang CCTV di bagian tengah ruangan untuk tipe kamera yang bisa bergerak ini sangat cocok karena lensa kamera bisa menjangkau area secara menyeluruh.

    Instalasi CCTV ada yang menggunakan kabel dan wireless, biasanya menyesuaikan tipe. Jika menggunakan kabel, maka pastikan kabel tersebut disusun rapi agar tidak terlihat berantakan.

    5. Menggunakan Jasa yang Tepat

    Tips terakhir yang tidak kalah penting yaitu pastikan Anda menggunakan bantuan jasa pasang CCTV yang tepat dan sudah terpercaya. Cek legalitas, kelengkapan alat, dan profesionalisme para teknisinya.

    Sebagai alternatif, jika masih bingung maka Anda bisa juga menggunakan layanan dari Gontri CCTV. Kami bisa membantu Anda memasang kamera pengintai untuk rumah, toko, industri pabrik, dan perkantoran.
     
Loading...

Share This Page