Inilah 6 Makanan Penyebab Batu Ginjal

Discussion in 'Health & Medical' started by alit kurniawan, Feb 14, 2019 at 9:07 AM.

  1. alit kurniawan

    alit kurniawan Member

    Joined:
    Aug 1, 2018
    Messages:
    396
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    Penyakit batu ginjal ini merupakan suatu kondisi pada saat material keras yang seperti batu terbentuk di dalam organ ginjal. Sisa zat-zat limbah seperti zat kalsium, fosfor, atau oksalat adalah pembentuk material tersebut yang di dalam darah disaring oleh organ ginjal yang kemudian mengendap dan mengkristal seiring waktu. Banyak penelitian yang menemukan bahwa makanan, mineral, dan juga cairan tertentu dapat memperburuk kondisi batu ginjal anda.

    Secara umum, organ ginjal ini berfungsi untuk membersihkan darah setiap hari dengan cara menyaring zat-zat limbah yang terdapat di dalamnya untuk selanjutnya dibuang dalam bentuk urine. Terkadang juga zat-zat tersebut kadarnya terlalu banyak dibandingkan cairan yang berfungsi sebagai pelarut, sehingga tidak dapat sepenuhnya terbuang oleh tubuh dan mengendap di dalam organ ginjal.

    Terbentuknya batu ginjal yang dipengaruhi oleh makanan adalah batu asam urat dan juga batu kalsium, batu kalsium sendiri disebabkan oleh tingginya kadar kalsium di dalam urine. Jenis batu ginjal ini adalah yang paling umum terjadi. Kelenjar paratiroid yang terlalu aktif bisa menyebabkan kadar kalsium menjadi tinggi. Sementara untuk batu asam urat dapat terbentuk akibat tingginya kadar asam urat di dalam urine yang disebabkan oleh makanan berkadar purin tinggi.

    Inilah Makanan Penyebab Batu Ginjal

    Jika anda tidak ingin penyakit batu ginjal anda semakin bertambah parah dikarenakan salah makan, sebelum anda salah makan, berikut ini adalah beberapa Makanan Penyebab Batu Ginjal, diantaranya :

    1. Daging

    Kandungan protein hewani akan dapat mendorong pembentukan batu ginjal dan juga kerusakan pada organ ginjal. Mengkonsumsi makanan yang memiliki tinggi protein dapat menempatkan tekanan pada organ ginjal karena limbah protein sulit untuk dibuang. Penyebab umum dari batu ginjal adalah asam urat dan hal tersebut diketahui juga bahwa daging memiliki kandungan asam urat yang tinggi.

    2. Pemanis Buatan

    Menurut sebuah penelitian yang menunjukan bahwa pemanis non-kalori dapat merusak fungsi organ ginjal, apabila dikonsumsi dalam jangka panjang. Oleh karena itu, yang terbaik adalah memilih pemanis alami seperti madu.

    3. Minuman Berkarbonasi

    Minum-minuman seperti soda, jus kemasan, dan juga minuman berenergi akan dapat meningkatkan risiko pada tubuh anda terkena penyakit batu ginjal dan bahkan menempatkan anda pada risiko penyakit ginjal.

    4. Produk Susu

    Susu diketahui salah satu minuman yang memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi sehingga dapat membangun tulang yang kuat. Akan tetapi, bagi mereka yang rentan terhadap batu ginjal, kandunga kalsium bukanlah teman. Bahkan, kalsium dapat juga meningkatkan ekskresi kalsium di dalam urine, sehingga limbahnya lebih sulit untuk dibuang sehingga mendorong terbentuknya batu ginjal.

    5. Kafein

    Jika anda pecinta minuman berkafein, disarankan untuk tidak mengkonsumsinya secara berlebihan. Karena, mengkonsumsi kafein yang berlebihan akan dapat mengarahkan anda pada perkembangan batu ginjal karena kadar kalsium yang tinggi di dalam urine. Kondisi tersebut juga akan memicu penyakit gagal ginjal karena terdapat stimulan yang dapat membuat organ menjadi kelelahan. Soda, teh, dan juga kopi merupakan minuman yang sering ditemukan mengandung kafein.

    6. Garam Meja

    Selain hanya tinggi natrium dan juga sodium, garam dapat memicu timbulnya tekanan darah, penyakit jantung, dan juga penyakit ginjal. Untuk itu, disarankan untuk mengurangi asupan garam merupakan salah satu cara terbaik untuk mencegah batu ginjal.
     
    Callme Angel likes this.
  2. Callme Angel

    Callme Angel New Member

    Joined:
    Jul 16, 2018
    Messages:
    3
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Sebenernya sih semua itu gk masalah tetap di konsumsi. Cuma segala yang berlebihan emang gk baik, so jangan banyak-banyak. Tapi kalo karbonasi dan pemanis buatan ini dibuat lebih jarang aja konsumsinya karna emang bener- bener gk bagus :D

    Jangan lupa juga banyakin air mineral dan kalo minum duduk yaaa :D
     
  3. alit kurniawan

    alit kurniawan Member

    Joined:
    Aug 1, 2018
    Messages:
    396
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
  4. Aditya WP

    Aditya WP Member

    Joined:
    May 29, 2015
    Messages:
    322
    Likes Received:
    38
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Betul sekali gan semua harus pas pada porsi dan kebutuhan, kalau berlebihan pasti ada efek sampingnya.
     
  5. alit kurniawan

    alit kurniawan Member

    Joined:
    Aug 1, 2018
    Messages:
    396
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    Kalau sudah sakit kan repot ya gan hihihi :D:D
     
Loading...

Share This Page