Inilah 6 Pantangan Makanan Penderita Asam Urat

Discussion in 'Health & Medical' started by aisusisursilah, Mar 9, 2019.

  1. aisusisursilah

    aisusisursilah Member

    Joined:
    May 23, 2018
    Messages:
    626
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Sebagian besar dari Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan penyakit satu ini, asam urat atau gout merupakan penyakit sendi yang terjadi akibat kadar asam urat yang terlalu tinggi dalam darah. Normalnya asam urat larut dan keluar melalui urine, namun pada kasus penyakit asam urat karena jumlahnya berlebih bisa mengakibatkan gangguan yang membuat asam urat menumpuk dalam tubuh. Hal ini bisa memicu nyeri serta pembengkakan di berbagai sendi tubuh.

    Di samping melakukan pengobatan secara rutin, Anda juga disarankan untuk menjaga pola makan. Hal ini untuk mencegah asam urat tinggi cepat sembuh dan tidak kambuh. Sebab diketahui ada beberapa makanan yang bisa memicu asam urat tinggi terjadi, seperti beberapa makanan ini.

    Ketahui beberapa makanan yang pantang dikonsumsi para penderita asam urat, diantaranya ialah :
    • Jeroan
    Pantangan makanan penderita asam urat yang pertama ialah jeroan yang banyak disukai karena rasanya yang enak. Namun, bagi Anda para penderita asam urat sebaiknya hindari konsumsi jenis makanan ini sebab mengandung purin tertinggi. Jeroan ini seperti hati, usus, babat, otak, jantung dan organ dalam lainnya.
    • Seafood
    Siapa sih yang tidak suka dengan makanan satu ini? Banyak orang yang suka konsumsi seafood dari mulai : Ikan asin, ikan teri, kerang, sarden, makarel, tiram, udang, kepiting, lobster dan lainnya.
    • Beberapa Sayuran
    Seperti yang kita ketahui jika konsumsi sayuran ini sangat baik untuk kesehatan tubuh. Namun, karena kandungan purin tinggi yang ada di dalamnya beberapa sayuran ini sebaiknya dihindari para penderita asam urat. Sayuran ini ialah : Bayam, kembang kol, asparagus, kacang polong serta jamur.

    Tetapi menurut sebuah penelitian, mengkonsumsi purin yang berasal dari sayuran tidak mengakibatkan masalah bagi para penderita asam urat tinggi. Walau demikian, tetap disarankan untuk membatasi jumlah sayuran tadi yang masuk ke dalam tubuh.
    • Makanan Bersantan
    Seperti yang kita ketahui menambahkan santan pada makanan bisa membuat cita rasa makanan semakin nikmat. Tapi, bagi para penderita asam urat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan satu ini. Sebab makanan bersantan mengandung lemak yang tinggi serta bisa meningkatkan kadar asam urat dan kolesterol dalam tubuh.
    • Makanan Olahan
    Berikutnya ada makanan yang diolah dengan cara dibakar, dipanggang, serta digoreng yang kelihatannya enak. Tapi makanan satu ini sangat tidak baik untuk para penderita asam urat tinggi, hal ini karena kandungan purin serta air yang ada di dalamnya sangat tidak seimbang.
    • Kedelai Olahan
    Makanan tidak baik untuk penderita asam urat terakhir ada kedelai olahan yakni tahu, tempe serta makanan berbahan kedelai lainnya yang difermentasikan. Jenis makanan satu ini merupakan salah satu makanan yang sangat disukai masyarakat Indonesia. Karena selain rasanya yang enak dan tinggi protein, harganya pun terbilang cukup murah. Namun bagi Anda para penderita asam urat tinggi, sebaiknya hindari makanan satu ini.
     
Loading...

Share This Page