Inilah Ada Beberapa Pantangan Makanan Penderita Epilepsi

Discussion in 'Health & Medical' started by aisusisursilah, Mar 21, 2019.

  1. aisusisursilah

    aisusisursilah Member

    Joined:
    May 23, 2018
    Messages:
    628
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Penyakit epilepsi sering disebut juga dengan ayan, terjadi karena adanya gangguan pada sistem saraf pusat akibat pola aktivitas listrik otak yang tidak normal. Hal inilah yang mengakibatkan tubuh penderitanya mengalami kejang, sensasi serta perilaku yang tidak biasa hingga hilang kesadaran. Kejang ini merupakan gejala utama penyakit epilepsi, namun tidak semua kejang yang terjadi karena penyakit epilepsi. Selain rutin melakukan pengobatan, penting bagi para penderita epilepsi menjaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh.

    Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari para penderita epilepsi diantaranya ialah :
    • Makanan Mengandung MSG
    MSG sering digunakan untuk menyedapkan serta mengawetkan makanan, tetapi menurut penelitian yang diterbitkan Neuroscience Letters menunjukan jika kelebihan MSG pada tikus bisa mengubah saraf tikus serta mengakibatkan serangan epilepsi. Untuk itu sebaiknya hindari makanan satu ini.
    • Kerang (hampir semua seafood atau makanan laut)
    Banyak orang yang sangat menyukai makanan laut atau seafood karena selain enak juga mengandung banyak gizi. Namun, semua makanan laut yang bisa mengakibatkan alergi tidak boleh diberikan kepada penderita epilepsi. Beberapa makanan ini seperti : Kerang, udang, tiram, kepiting, gurita, serta jenis makanan laut lainnya. Hal ini karena saat terjadi alergi penderita epilepsi akan merasa pusing yang kuat dan bisa mengakibatkan kejang. Tidak hanya itu, seafood juga bisa mengakibatkan reaksi perut seperti rasa sakit berlebihan dan kram.
    • Karbohidrat Olahan
    Jenis makanan ini ialah roti putih, kue kering, pizza, kue basah. Semua makanan tadi sebaiknya tidak dikonsumsi para penderita epilepsi. Hal ini karena dalam sebuah penelitian diketahui jika penderita epilepsi sering konsumsi makanan yang mengandung indeks glikemik tinggi, maka serangan kejang akan lebih sering terjadi. Kondisi ini sangat berhubungan dengan tingkat kadar gua dalam tubuh penderitanya. Semakin tinggi kadar gula dalam tubuh maka akan semakin besar risiko epilepsi kambuh akan semakin tinggi.
    • Makanan Yang Mengandung Kafein
    Semua jenis makanan yang mengandung kafein. Dimana kafein ini bisa mengakibatkan sistem syaraf mengalami gangguan yang parah termasuk risiko kejang. Tidak hanya itu, kafein bisa juga bisa meningkatkan fungsi syaraf menjadi lebih cepat tetapi tidak bisa di respon dengan baik oleh tubuh. Di dalamnya juga terdapat sifat stimulan yang baik untuk sistem syaraf sehingga penderitanya bisa menjadi lebih sering kejang. Beberapa bahan yang mengandung kafein ini ialah coklat, kopi dan teh.
     
Loading...

Share This Page