Inilah Bahaya Jika anda "Makan Terlalu Kenyang" !

Discussion in 'General Lifestyle' started by Wandi suwandi, Aug 22, 2017.

  1. Wandi suwandi

    Wandi suwandi Member

    Joined:
    Nov 21, 2015
    Messages:
    105
    Likes Received:
    13
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Kita tentunya sering kali mengkonsumsi makanan setiap saat dan berhenti makan setelah perut fulltank (sudah kenyang). Memang bagi kita itu hal yang lumrah dan biasa saja. Namun jika kita mengingat sabda rasulullah SAW " Kita (kaum muslimin) adalah kaum yang hanya makan bila lapar dan berhenti makan sebelum kenyang“. Walaupun hadist tersebut dhaif atau lemah sanadnya, namun ternyata pola makan seperti itu telah dibuktikan secara ilmiah dan sangat bagus untuk kesehatan tubuh.

    Salah satu yang telah membuktikanya yakni bangsa jepang. Dimana bangsanya merupakan bangsa yang produktif dengan rata-rata jam kerja diatas 12 jam, namun mereka tetap sehat dan bugar walaupun harus tidur di jalanan karena tidak keburu untuk pulang sampai rumah.

    Di jepang, rata-rata usia hidupnya antara 80 tahunan, berbeda dengan negara superpower seperti amerika yang memiliki rata-rata 70 tahunan usia hidupnya. Dan kita juga jarang meelihat warga jepang memiliki perut buncit atau gendut, kecuali atlet sumo ( karena mereka memang dikhususkan untuk memiliki badan gendut dan kekar). intinya bangsa jepang telah menerapkan pola makan dengan sistem " makan bila lapar dan berhenti sebelum kenyang.

    Jadi jika kita menerapkanya makan kesehatan akan menyertai anda. Namun akan ada bahaya yang mengancam jiwa jika seseorang terbiasa makan sampai perut kenyang, yakni sebagai berikut :

    1.Terjadi Gangguan Pencernaan

    Perut/lambung seharusnya, terdiri dari tiga bagian, 1/3 untuk makanan, 1/3 untuk air, dan 1/3 untuk udara. Jika lambung dipenuhi oleh makanan saja dapat berakibat pada sistem pencernaan yang buruk, dimana lambung tidak bisa mencerna makanan yang hanya mendapatkan kapasitas 1/3. Jadi makanan lain yang tidak tercerna secara sempurna akan berdampak menjadi lemak tubuh yang mengendap di area perut, jadi tak heran jika kita makan secara berlebihan perut akan terlihat buncit.

    2.Dapat Meningkatkan Kadar Gula

    Ketika makanan yang kita konsumsi memiliki kadar gula yang tinggi seperti halnya nasi, atau sejenisnya yang memiliki sumber karbohidrat. secara otomatis tubuh yang hanya membutuhkan 1/3 saja dari sumber makanan ditambah dengan jumlah yang banyak. Maka, kadar gula dalam tubuh akan melambung tinggi, otomatis tubuh akan memproduksi hormon insulin secara besar-besaran untuk menurunkan kadar gula dalam tubuh belum lagi tubuh akan bereaksi menyimpan lemak lebih tinggi dari pada menggunakannya sebagai sumber tenaga, tentu lebih jauhnya akan berdampak pada peningkatan berat badan dan terjadinya obesitas (kegemukan) pada tubuh anda.

    3.Berdampak Buruk Terhadap Kebugaran Seseorang

    Kebiasaan makan telalu banyak juga berdampak pada kebugaran tubuh kita, ketika makan terlalu banyak otomatis tenaga kita akan disibukan pada kegiatan pencernaan. tubuh akan bekerja lebih keras untuk mencerna makanan yang jumlanya cukup banyak. Sehingga akan berdampak pada tubuh yang lemas dan tak bertenaga. Inilah yang menyebabkan kita ngantuk ketika makan terlalu kenyang.

    4. Dapat Memperbanyak Kadar Lemak Dalam Perut

    Seperti sudah saya singgung tadi, bahwa makan terlalu banyak menyebabkan tubuh kita kelebihan lemak yang menyebabkan kegemukan. Ketika sudah terbiasa makan sampai kenyang, maka cadangan lemak yang diproduksi oleh kelenjar penghasil lemak sangat banyak. Sehingga berdampak pada kondisi tubuh yang mengalami kegemukan. Perlu anda ketahui kegemukan bukanlah kondisi tubuh yang bugar, karena jika tubuh anda obesitas, sangat beresiko terkena berbagai macam penyakit serius seperti, serangan jantung, Darah tinggi, serta penyakit diabetes.

    Dengan kata lain, untuk menghindari keempat bahaya tersebut anda harus membiasakan diri" Makan ketika lapar dan berhenti makan sebelum kenyang" . Tentu selain sehat jika sahabat seorang muslim maka menjadi nilai kebaikan, karena telah menjalankan salah satu pahala sunnah yang diajarkan oleh Rasulullah SAW.

    Sekian dan terimagajih!! mantapp!
    ==========================================================================
    Artikel ini dimuat dari buku "rahasia resep sehat Dari Jepang & Tiongkok" karangan Budi Prayitno
    ==========================================================================
    Thread Lainya :
     
    Rafiki likes this.
Loading...

Share This Page