Inilah Bahaya Sering Menahan Buang Air Kecil

Discussion in 'Health & Medical' started by Rini Novianti, Jul 27, 2015.

  1. Rini Novianti

    Rini Novianti Member

    Joined:
    May 29, 2015
    Messages:
    198
    Likes Received:
    34
    Trophy Points:
    28
    Anda sering menahan buang air kencing ? Mulai sekarang lebih baik anda tinggalkan kebiasaan jelek seperti itu, karena akan memberikan efek yang sangat buruk bagi tubuh kita. Ketika tubuh mengeluarkan air kencing menandakan bahwa sistem pencernaan di dalam tubuh bekerja dengan baik dan normal. Hal ini dikarenakan semua kotoran dan sisa-sisa pencernaan sudah melalui proses penyaringan dan dibersihkan oleh tubuh yang dikeluarkan melalui urine ketika buang air kecil. Apa saja bahayanya ? Yuk disimak terus...

    Bahaya Sering Menahan Buang Air Kencing
    [​IMG]
    • Penumpukan kotoran di dalam tubuh
    Bila kotoran tidak dibuang dari tubuh, maka akan terjadi penumpukan kotoran yang lama kelamaan akan semakin banyak dan menumpuk. Kotoran-kotoran tersebut bila dibiarkan akan mengandung zat-zat yang dapat membahayakan tubuh dan mengundang penyakit seperti hal nya infeksi saluran kencing.
    • Menganggu kinerja organ pencernaan dalam melakukan tugasnya
    Organ pencernaan yang terdiri dari ginjal, kandung kemih, saluran kencing tidak dapat melakukan pekerjaan nya seperti biasanya karena kebiasaan buruk kita yang sering menahan buang air kecil. Misalnya saja ketika anda ingin membuang air kecil tapi anda menahan nya, namun beberapa jam kemudian anda juga ingin buang air kecil kembali. Nah, pada saat anda seharunya membuang air kecil yang pertama maka proses pencernaan harusnya sudah selesai namun bila anda menahan nya maka tidak akan tuntas dan akan mengganggu sistem pencernaan yang ke dua.
    • Menimbulkan penyakit
    Bila anda sering menahan buang air kecil maka akan muncul beberapa penyakit, seperti di bawah ini :
    1. Infeksi pada ginjal, karena terjadi penumpukan urin yang seharusnya di keluarkan pada bagian ginjal.
    2. Gagal ginjal, akibat menumpuknya kotoran pada tubuh maka kerja ginjal harus bertambah dan lama kelamaan akan menyebabkan ginjal rusak dan tidak dapat berfungsi sebagai mana mestinya.
    3. Batu ginjal, penyakit batu ginjal dapat muncul akibat kotoran yang menumpuk lalu mulai menggumpal dan mengalami pengerasan dan semakin banyak di dalam ginjal.
    4. Infeksi kandung kemih, urine merupakan sisa pencernaan yang memiliki banyak sekali bakteri dan kotoran yang tidak baik untuk kesehatan. Infeksi pada kandung kemih akan menyebabkan sakit/ nyeri pada saat kencing bahkan buang air kecil yang disertai dengan keluarnya darah.
    • Anyang-anyangan
    Yaitu kondisi dimana mengalami sakit dan nyeri ketika sedang buang air kecil, dan mengalami buang air kecil yang sedikit tapi sering. Anyang-anyangan merupakan gejala dari penyakit infeksi saluran kandung kemih.

    Sering menahan buang air kecil juga ternyata dapat menyebabkan munculnya penyakit-penyakit kronis loh seperti : kanker prostat, kanker serviks dan kanker kelenjar getah bening. Jadi sebaiknya hilangkan kebiasaan buruk menahan buang air kecil yah..

    Sumber : Bahaya Sering Menahan Buang Air Kecil

    SEMOGA BERMANFAAT
     
    Last edited by a moderator: Jul 28, 2015
  2. AquariuZ

    AquariuZ Active Member

    Joined:
    Apr 16, 2015
    Messages:
    1,006
    Likes Received:
    88
    Trophy Points:
    48
  3. adi hasan

    adi hasan Member

    Joined:
    Jul 6, 2015
    Messages:
    776
    Likes Received:
    42
    Trophy Points:
    28
    saya sarankan sih, kalau kita lagi pengen buang air kecil, jangan ditahan-tahan... sangat bahaya bagi kesehatan kita...
    biar lega, langsung cari kamar mandi aja hehehe
     
  4. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,097
    Likes Received:
    2,688
    Trophy Points:
    413
    Kalo cowok sih gak terlalu sulit buang air kecil, jika sangat terpaksa. Kalo cewek?
     
  5. Rini Novianti

    Rini Novianti Member

    Joined:
    May 29, 2015
    Messages:
    198
    Likes Received:
    34
    Trophy Points:
    28
    Terima kasih mas atas tambahan nya *bagus*

    iya betul tuh kebiasaan kecil tapi bila dilakukan terus menerus dapat berbahaya *keren2*

    ya cari WC hehe *pendekar*
     
  6. AquariuZ

    AquariuZ Active Member

    Joined:
    Apr 16, 2015
    Messages:
    1,006
    Likes Received:
    88
    Trophy Points:
    48
    Maksudnya @KangAndre, kalo lagi pas di perjalanan jauh dan di tengah tol padalarang misalnya, dan rest area masih jauh, dan juga sudah di ujung tanduk
    Cowok gampang banget, karena kan ada selang, lah kalo cewek? begitu @Rini Novianti
     
  7. sobatinfo

    sobatinfo New Member

    Joined:
    Jul 28, 2015
    Messages:
    10
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Wah emang bahaya.. bisa kencing batu.. Tapi paling bingung kalo lagi dalam perjalanan misal di bis.. Susah tuh buat ga nahan kencing
     
  8. ikbarwahyu

    ikbarwahyu New Member

    Joined:
    Jul 28, 2015
    Messages:
    6
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    banyak banget ruginya, sebisa mungkin jangan ditahan wlp lg sbuk, daripada menyesal nantinya
     
  9. pucingpalabalbie

    pucingpalabalbie Member

    Joined:
    Feb 27, 2015
    Messages:
    132
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    Setuju... Mending cuss deh ke wc kalo emg ud kebelet pipis...
     
  10. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,097
    Likes Received:
    2,688
    Trophy Points:
    413
    pakai botol bekas sebagai pispot dan sepertinya sulit bagi cewek :D
    Pohon dan tiang listrik bisa juga sebagai korban, wkwkwk...
     
  11. AquariuZ

    AquariuZ Active Member

    Joined:
    Apr 16, 2015
    Messages:
    1,006
    Likes Received:
    88
    Trophy Points:
    48
  12. Rini Novianti

    Rini Novianti Member

    Joined:
    May 29, 2015
    Messages:
    198
    Likes Received:
    34
    Trophy Points:
    28
    kalau kebiasaan saya sih ya suka persiapan buang air kecil dulu , jadi pas di perjalanan uda dikeluarin sebelumnya. Ya kalo uda kepepet amat ditahan bentar terus cari WC yang gak baik itu ditahan lama-lama dan keseringan :D gitu loh @AquariuZ Aquaristik @KangAndre *bergaya*
     
  13. Rini Novianti

    Rini Novianti Member

    Joined:
    May 29, 2015
    Messages:
    198
    Likes Received:
    34
    Trophy Points:
    28
    hmm sepertinya itu bukan cara yang tepat, kan kalo cewek harus cebok biar bersih jadi sebaiknya jangan kaya gitu soalnya nanti banyak kuman nya kalo gak cebok haha *ketawa4*
     
Loading...

Share This Page