Inilah Beberapa Bahaya Penyakit Sinusitis

Discussion in 'Health & Medical' started by aisusisursilah, Oct 10, 2019.

  1. aisusisursilah

    aisusisursilah Member

    Joined:
    May 23, 2018
    Messages:
    624
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Penyakit yang terjadi akibat dari peradangan atau infeksi pada dinding sinus disebut Sinusitis. Biasanya hal ini terjadi karena adanya penyumbatan di dalamnya. Letak sinus ada di belakang mata, termasuk dalam struktur tulang pipi dan tepat di belakang tulang dahi. Secara normal sinus berguna untuk menyaring udara yang dihirup manusia dan mengatur kelembapan udara yang masuk ke paru - paru. Penyakit ini bisa menyerang siapapun. Meskipun terlihat sepele, namun akibatnya bisa menjadi fatal. Kenali lebih dalam mengenai penyakit ini agar Anda bisa mengatasi dengan baik saat terjangkit.

    Apabila penyakit sinusitis ini etrus berlanjut, maka pada mukosa sinus ini akan terjadi pembengkaka. Hal ini juga dapat menyebabkan lendiri dan nanah yang tertimbun dalam rongga sinus yang akan menjadi tertekan dan selalu nyeri. Bahkan rasa sakitnya bisa menjalar sampai wajah dan akan terjadi pembengkakan serius. Pada kondisi normal, seseorang yang mengalami penyakit sinusitis itu akan sembuh dalam jangka waktu tujuh hari. Apabila lebih dari jangka waktu tersebut, berarti Anda sedang mengalami penyakit sinusitis yang cukup serius. Apabila tidak di tangani dengan secara tepat, maka penyakit sinusitis ini bisa mengakibatkan gangguan kesehatan yang lainnya seperti :
    • Daya Penciuman Akan Menjadi Hilang
    Hidung yang meradang itu akan menyebabkan syaraf akan menjadi membengkak dan berakibat menurunnya daya penciuman. Lambat laun akan semakin menghilang. Kemungkinan terburuk yang akan terjadi itu akan bersifat permanen.
    • Meningitis
    Infeksi penyebab dari penyakit sinusitis yang akan muncul pada selaput yang akan melindungi otak akan menyebabkan peradangan sehingga cairan yang akan memenuhi organ vital ini hingga menuju syaraf pusat. Hal ini akan ditandai dengan gejala seperti mual, muntah kesulitan menggerakan anggota badan, kepala berat, leher sulit digerakkan, an disertai dengan demam yang tinggi.
    • Osteomyelitis
    Penyakit ini bisa terjadi karena infeksi di bagian tulang kepala depan yang bisa membuat mata akan menjadi membengkak, sakit kepala yang tak tertahankan, nyeri, mual, muntah, dan sensitif terhadap cahaya yang berlebihan. Untuk mengetahuinya secara pasti perlu dilakukan CT scan.
    • Pembuluh Darah Sekitar Sinus Yang Terinfeksi
    Gejala awal yaitu dengan ditandainya kelopak mata yang turun, yang ada di area sekitar mata itu akan terasa sangat nyeri, sakit kepala, dan demam tinggi. Dalam kedokteran, kondisi yang seperti ini disebut juga dengan cavernous sinus thrombosis.
    • Rongga Mata Terinfeksi
    Infeksi pada sinusitis ini bisa mmebuat penglihatan akan menjadi berkurang, bola mata juga akan sulit bergerak normal, dan kelopak mata akan menjadi membengkak. Apabila di biarkan, maka hal ini dapat berakibat kebutaan seumur hidup.
     
Loading...

Share This Page