Inilah Beberapa Gejala atau Tanda Asam Urat yang Harus Diwaspadai

Discussion in 'Health & Medical' started by Faniditya Ramadhan, Dec 30, 2019.

  1. Faniditya Ramadhan

    Faniditya Ramadhan Member

    Joined:
    May 29, 2019
    Messages:
    114
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    16
    [​IMG]

    Penyakit asam urat biasanya ditandai dengan munculnya rasa pegal berkepanjangan serta sakit pada bagian sendi. Biasanya rasa sakit pada sendi itu paling umum terjadi pada bagian sendi jempol kaki, namun bukan tidak mungkin bagian sendi lainnya juga ikut terkena penyakit ini.

    Beberapa hal yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit asam urat adalah genetika keluarga, konsumsi makanan yang mengandung purin tinggi, hingga kolesterol. Nah, agar Anda dapat mencegah penyakit ini, simak ulasan berikut ini ya!

    Terasa Sakit Pada Bagian Sendi

    Seperti dijelaskan sebelumnya, asam urat merupakan penyakit yang menyerang bagian persendian. Gejala pertama yang biasa dialami saat terkena penyakit ini adalah terasa nyeri di bagian jempol kaki. Apabila penyakit ini semakin parah, bagian sendi lainnya seperti lutut, siku, pundak, dan pergelangan tangan juga akan terkena dampaknya.

    Badan Menjadi Lemas

    Penyakit asam urat ternyata dapat membuat badan Anda menjadi terasa lemas. Bahkan, tidak jarang dapat membuat pengidap penyakit asam urat jatuh pingsan karena tidak sanggup menahan rasa sakit. Apabila sudah terjadi hal ini, disarankan untuk mengunjungi rumah sakit serta mengonsumsi obat atas resep dokter agar tubuh kembali pulih.

    Terjadi Pembengkakan di Sendi


    Saat penyakit asam urat sudah semakin parah, persendian akan membengkak karewna asam urat sudah berubah menjadi kristal, kemudian menyerang banyak sendi di tubuh, hingga mengkristal di bawah lapisan kulit.Ketika sudah sampai hal ini terjadi, rasa nyeri akan jauh lebih menyakitkan dibandingkan gejala-gejala sebelumnya.

    Kulit Memerah


    Saat asam urat sedang kambuh, kulit akan memerah karena terjadi peradangan. Peradangan ini adalah salah satu efek dari bengkak yang terjadi di lapisan kulit. Hal tersebut terjadi diakrenakan asam urat yang mengkristal dan mengendap cukup lama pada sendi.

    Kram

    Ketika asam urat sudah menyebabkan terjadinya pembengkakan dan nyeri pada bagian sendi, penderita penyakit asam urat bisa saja tiba-tiba mengalami kra pada bagian kaki. Hal ini bisa dikarenakan oleh rasa kaku berkepanjangan yang dirasakan baik ketika sedang kambuh atau bahkan beberapa saat setelahnya.

    Itulah beberapa gejala penyakit asam urat yang harus diwaspadai sejak dini. Agar terhindar dari penyakit tersebut ada baiknya juga Anda selalu menerapkan gaya hidup sehat yang teratur.
     
  2. Harun Online

    Harun Online New Member

    Joined:
    Dec 15, 2019
    Messages:
    10
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    1
    Punya Ibu yg asam urat, semoga dengan tips ini bisa sembuh ...
     
Loading...

Share This Page