Inilah Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Saat Berkendara di Musim Hujan

Discussion in 'Otomotif' started by Faniditya Ramadhan, Dec 20, 2019.

  1. Faniditya Ramadhan

    Faniditya Ramadhan Member

    Joined:
    May 29, 2019
    Messages:
    132
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    16
    [​IMG]
    Photo by Charlie Deets on Unsplash

    Musim penghujan telah tiba, namun aktivitas haruslah tetap berjalan. Bagi Anda yang setiap harinya beraktivitas menggunakan kendaraan, ada beberapa hal yang diperhatikan. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum Anda berkendara di musim hujan.

    Memerikasa Kinerja Rem

    Rem merupakan komponen paling penting pada setiap kendaraan Anda. Pastikan sebelum Anda berkendara di musim hujan, memeriksakan rem kendaraan Anda terlebih dahulu ke bengkel.

    Jika kondisinya masih baik, tidak ada salahnya meminta montir untuk bersihkan rem cakram dan tromol untuk memperpanjang usia rem. Sedangkan memang saat pengereman melalui sudah dalam atau terasa bergelombang segera lakukan penggantian kampas dan piringan rem untuk mengebalikan performa rem kendaraan menjadi normal kembali.

    Pastikan Kondisi Ban dalam Keadaan Prima

    Berikutnya yang harus Anda perhatikan sebelum berkendara di musim hujan adalah kondisi ban. Jika ban terlihat memiliki kondisi yang kurang baik, bisa menjadi sumber malapetaka.

    Pastikan ban mobil Anda memiliki kembang yang baik dan tidak ada kebocoran. Namun, jika memang Anda hendak membeli ban yang baru pastikan juga Anda memilih tipe ban Wet Tyres atau Rain Tyres.

    Ban dengan jenis tersebut nyatanya memiliki daya cengkram yang jauh lebih baik di jalan basah ketimbang dengan ban jenis biasa. Hindari juga untuk membeli ban dengan harga yang terlalu murah karena tentunya memiliki kualitas yang kurang baik dibandikan dengan ban yang dijual dengan harga normal.

    Cek Kondisi Kaki-Kaki

    Kemudian, yang harus Anda perhatikan sebelum berkendara di musim hujan adalah memeriksa kondisi kaki-kaki kendaraan Anda. Kestabilan mobil sangat mempengaruhi pengendalian Anda ketika di jalan, terutama pada kendaraan yang sudah cukup lama digunakan.

    Pastikan keselarasan dan keseimbangan roda kendaraan Anda. Jika merasa tidak nyaman ketika berkendara, maka perlu dilakukan spooring ataupun balancing. Hal ini perlu dilakukan agar kendaraan tetap melaju dengan normal ketika berkendara di kala musim hujan dan menghindari berbagai risiko ketika berkendara.

    Periksa Kondisi Wiper

    Selain beberapa hal di atas, Anda juga harus memastika kondisi wiper kendaraan Anda dalam keadaan prima. Pastikan juga Anda memilih karet wiper berkualitas tinggi yang dapat digunakan dengan jangka waktu yang lama. Selain itu, perhatikan juga semburan nozzle air wiper, pastikan penuh dan tidak dicampur dengan air sabun.

    Itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan terlebih dahulu sebelum memulai berkendara di musim hujan seperti sekarang ini. Dan selalu utamakan safety driving ketika berkendara ya!
     
Loading...

Share This Page