Inilah Beberapa Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan

Discussion in 'Health & Medical' started by Muhamad Amirullah, May 21, 2020.

  1. Muhamad Amirullah

    Muhamad Amirullah Member

    Joined:
    May 4, 2018
    Messages:
    129
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    18
    Buah tropis yang satu ini kaya akan nutrisi, memiliki rasa ringan dan tekstur yang merupakan persilangan antara kiwi, pir, dan buah markisa. Selain itu, buah naga juga rendah kalori, dan kaya anti oksidan membuatnya memiliki banyak manfaat. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah beberapa manfaat buah naga untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui.

    1. Memperkuat sistem kekebalan tubuh
    [​IMG]
    Sumber gambar: Kpop.asiachan.com
    Memperkuat sistem kekebalan tubuh sangat penting, apalagi di tengah pandemi virus corona seperti sekarang ini. Terdapat banyak cara untuk meningkatkan kekebalan tubuh, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi buah naga. Buah naga mengandung antioksidan seperti vitamin C, betacyanin, betaxanthins, dan senyawa polifenol. Vitamin C merupakan bagian penting untuk mempertahankan sistem kekebalan tubuh karena membantu membunuh patogen berbahaya dan meningkatkan pertumbuhan sel darah putih. Pigmen berwarna dalam buah naga – betalains – memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Antioksidan ini dapat mengikat radikal bebas berbahaya yang dilepaskan selama stres atau reaksi metabolisme.

    2. Mencegah kanker
    [​IMG]
    Sumber gambar: Archive.shine.cn
    Tak hanya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, manfaat buah naga yang lain adalah untuk mencegah kanker. Ini karena, buah naga mengandung karotenoid berpigmen seperti – beta-karoten dan likopen – dan vitamin C yang berpotensi melawan kanker. Antioksidan seperti betalains dapat mengurangi stres oksidatif dan melawan sel kanker. Penelitian telah menemukan bahwa betacyanin yang ditemukan dalam buah naga dapat menghambat pertumbuhan dan penyebaran kanker payudara. Antioksidan ini juga dapat memperbaiki kerusakan sel.

    3. Menurunkan kadar gula darah
    [​IMG]
    Sumber gambar: Doctemplates.net
    Tahukah Anda, jika buah naga dapat menurunkan kadar gula darah. Ini bisa bermanfaat bagi orang-orang yang pra-diabetes atau diabetes. Penelitian menunjukkan bahwa kontrol glikemik buah naga tergantung pada dosis. Ini berarti bahwa ketika jumlah buah naga yang dikonsumsi meningkat, kadar gula darah menurun. Adanya zat pada hipoglikemik buah naga ini dapat membantu mengatur kadar glukosa dalam darah.

    4. Menjaga kesehatan usus
    [​IMG]
    Sumber gambar: Aroundmyfamilytable.com
    Buah tropis ini dianggap baik untuk pencernaan karena kaya akan serat. Dalam buah naga, terdapat serat prebiotik yang membantu pertumbuhan bakteri baik seperti Lactobacilli dan Bifidobacteria di dalam tubuh. Bakteri ini memberi kita senyawa penting yang tidak dapat disintesis oleh tubuh kita. Serat makanan ini juga meningkatkan pergerakan usus dan mengobati kondisi seperti sembelit, sindrom iritasi usus, dan masalah pencernaan.

    5. Menurunkan kolesterol
    [​IMG]
    Sumber gambar: Thealphagroup.com
    Secara umum, biji buah naga adalah sumber yang kaya asam lemak esensial tak jenuh seperti asam linoleat dan linolenat. Lemak baik ini dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Kelebihan low density lipoprotein atau kolesterol jahat dapat mengeraskan pembuluh darah dan menyebabkan penyakit jantung. Adanya fitonutrien seperti likopen dalam buah naga juga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Semua senyawa kardioprotektif yang ada dalam buah naga ini dapat membantu menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung koroner.

    6. Meningkatkan fungsi otak
    [​IMG]
    Sumber gambar: Blogs.bcm.edu
    Mengkonsumsi buah naga secara teratur dapat menurunkan risiko degenerasi saraf. Sebuah penelitian pada hewan menemukan bahwa ekstrak buah naga merah membantu meningkatkan daya ingat dan kemampuan belajar. Selain itu, buah naga juga mengandung magnesium yang dapat membantu mengobati depresi dan meningkatkan fungsi otak.

    Buah naga adalah buah eksotis yang dapat meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan. Ini adalah buah yang kaya akan serat, rendah kalori dengan lemak, vitamin, dan mineral penting yang sehat. Buah naga adalah pilihan populer di antara orang-orang yang sadar akan kesehatannya.

    Sumber
    https://mitrakesehatan.com/inilah-beberapa-manfaat-buah-naga-untuk-kesehatan.html
     
  2. Fathoni

    Fathoni Member

    Joined:
    Mar 9, 2016
    Messages:
    163
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    18
    manfaat buah naga memang banyak sekali,, semoga dengan kita mengkonsumsi buah itu kita bisa semakin sehat dan jangan lupa selalu berolah raga dengan teratur :):)
     
  3. Fathoni

    Fathoni Member

    Joined:
    Mar 9, 2016
    Messages:
    163
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    18
    manfaat buah naga memang banyak sekali,, semoga dengan kita mengkonsumsi buah itu kita bisa semakin sehat dan jangan lupa selalu berolah raga dengan teratur :):)
     
  4. keepburger

    keepburger Member

    Joined:
    Nov 2, 2018
    Messages:
    27
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Kurang suka buah ini.

    Berlendir

    Tapi ternyata manfaatnya baik untuk kesehatan.
     
  5. sriyakarimunjawa

    sriyakarimunjawa Member

    Joined:
    Jun 20, 2016
    Messages:
    37
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    buat tambahan saja untuk ramuan herbal alami kalau saya biasanya nyimak ig nya dr zaidul akbar. bagus om buat referensi kesehatan. cuman agak berat untuk dilakukan di awal2.

    Sent from my Lenovo L78031 using Tapatalk
     
Loading...

Share This Page