Inilah Beberapa Manfaat Duku untuk Kesehatan

Discussion in 'Health & Medical' started by Muhamad Amirullah, May 26, 2020.

  1. Muhamad Amirullah

    Muhamad Amirullah Member

    Joined:
    May 4, 2018
    Messages:
    129
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    18
    Duku merupakan salah satubuah yang dapat dengan mudag ditemukan di Indonesia. Buah duku sangat asam ketika muda, tetapi ketika matang, buah ini memiliki rasa manis-asam dengan keasaman ringan, yang akan mengingatkan pada jeruk bali. Selain rasanya yang segar, ternyata buah ini memiliki banyak sekali manfaat saat Anda mengkonsumsinya. Untuk lebih lengkapnya, inilah beberapa manfaat duku untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui.

    1. Bagus untuk penderita diabetes
    [​IMG]
    Sumber gambar: Bigmedylitics.eu
    Manfaat buah duku untuk kesetahan yang pertama adalah bagus untuk penderita diabetes. Buah ini dianggap sebagai camilan sehat bagi penderita diabetes karena kandungan seratnya yang tinggi, bersama dengan adanya antioksidan polifenol, membantu meningkatkan kadar glukosa dengan memperlambat penyerapan gula.

    2. Membantu menurunkan berat badan
    [​IMG]
    Sumber gambar: Glaminati.com
    Tak hanya bagus untuk penderita diabetes, ternyata buah duku juga banyak dikonsumsi untuk menurunkan berat badan. Ini karena, buah duku akan membantu tubuh Anda mendapatkan karnitin. Karnitin akan mengarahkan molekul lemak ke jaringan pembakar lemak. Jadi, jika karnitin dalam tubuh menurun maka akumulasi lemak akan terjadi. Selain itu, buah ini juga dapat dikonsumsi bersamaan apel bagi mereka yang sedang menjalani program penurunan berat badan.

    3. Meredakan migrain
    [​IMG]
    Sumber gambar: Uppercervicalsd.com
    Beberapa penelitian telah mengungkapkan kandungan Vitamin B2 dalam buah duku dapat meminimalkan dan melawan migrain. Hal tersebut membuat buah duku dapat dimasukkan dalam daftar makanan yang dapat ditambahkan oleh penderita migrain ke dalam konsumsi harian mereka.

    4. Memperkuat gigi dan tulang
    [​IMG]
    Sumber gambar: Casipitdentalgroup.com
    Buah duku mengandung vitamin A, atau yang juga dikenal sebagai retinol atau karotenoid, dan fosfor. Vitamin A sebenarnya adalah vitamin yang larut dalam lemak, yang memainkan peran penting dalam menjaga gigi dan tulang Anda. Fosfor juga berguna suntuk pembentukan tulang dan gigi. Mengkonsumsi buah duku akan memungkinkan lebih banyak vitamin dan mineral ini masuk ke tubuh Anda, sehingga gigi dan tulang Anda lebih kuat.

    5. Bagus untuk pencernaan
    [​IMG]
    Sumber gambar: Ontoorthopedics.com
    Secara umum, buah ini memiliki kadar serat yang sangat tinggi sehingga dianggap bermanfaat untuk pencernaan. Selain itu, buah dukujuga berkhasiat untuk mencegah kanker di saluran pencernaan. Dan juga, kandungan kalori, mineral serta zat besi dalam buah ini lebih banyak jika dibandingkan dengan apel atau jeruk.

    6. Mencegal malaria
    [​IMG]
    Sumber gambar: Hub.jhu.edu
    Dalam sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa buah duku adalah sumber senyawa yang bekerja melawan strain Plasmodium falciparum yang tahan terhadap klorokuin, salah satu protozoa yang menyebabkan malaria. Ekstrak buah duku dapat mengganggu siklus hidup Plasmodium falciparum dan aktif melawan strain parasit yang kebal terhadap klorokuin.

    7. Menjaga kesehatan kulit
    [​IMG]
    Sumber gambar: Koreanesia.com
    Tak hanya untuk tubuh, buah duku ternyata juga memiliki manfaat untuk kesehatan kulit Anda. Kesehatan kulit Anda dapat dijaga dengan sering mengonsumsi makanan yang mengandung manfaat vitamin E. Buah duku juga mengandung vitamin E dalam jumlah yang baik sehingga efektif untuk menjaga kesehatan kulit seperti mencegah penuaan dini, dan melembutkan kulit, menjaga kelembaban kulit, menjaga kulit dari sinar UV dan membantu menyembuhkan luka.

    Sumber:
    https://mitrakesehatan.com/inilah-beberapa-manfaat-duku-untuk-kesehatan.html
     
Loading...

Share This Page