Inilah Beberapa Manfaat Durian untuk Kesehatan

Discussion in 'Health & Medical' started by Muhamad Amirullah, May 16, 2020.

  1. Muhamad Amirullah

    Muhamad Amirullah Member

    Joined:
    May 4, 2018
    Messages:
    129
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    18
    Meskipun memiliki aroma yang menyengat, ternyata durian memiliki banyak manfaat untuk kesehatan Anda. Sudah sejak lama buah ini dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional di Asia Tenggara. Apakah Anda penasaran tentang manfaat apa saja yang dimilikinya? Jika iya, berikut adalah beberapa manfaat durian untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui.

    1. Menjaga kadar gula dalam tubuh
    [​IMG]
    Sumber gambar: Dr-hempel-network.com
    Manfaat buah durian yang pertama adalah dapat menjaga kadar gula dalam tubuh Anda. Ini karena, mangan dalam durian dapat membantu menjaga kadar gula darah Anda tetap stabil. Dalam sebuah penelitian, asupan durian juga meningkatkan kurva respons insulin pada 10 pasien diabetes. Selain itu, antioksidan dalam durian juga membantu mengurangi stres oksidatif, yang sebaliknya dapat memperburuk gejala diabetes.. Durian juga memiliki indeks glikemik yang lebih rendah.

    2. Mengurangi risiko kanker
    [​IMG]
    Sumber gambar: Askdrray.com
    Tak hanya dapat menjaga kadar gula Anda, ternyata durian juga mampu mengurangi risiko kanker karena memiliki sifat antioksidan. Dalam buah durian terdapat polifenol yang menghambat pertumbuhan kanker dan bahkan membunuh sel kanker. Dalam satu penelitian, buah durian bahkan mampu melindungi terhadap garis sel kanker payudara. Secara umum, radikal bebas diketahui dapat menghancurkan sel-sel sehat dan menyebabkan penyebaran kanker. Karena antioksidan durian melawan radikal bebas, buah ini dapat membantu menurunkan risiko kanker.

    3. Dapat mengobati insomnia
    [​IMG]
    Sumber gambar: Wallpaperflare.com
    Apabila Anda memiliki masalah susah tidur, maka mengkonsumsi buah durian dapat meringankan masalah tersebut. Ini karena, buah ini mengandung tryptophan (asam amino esensial). Studi menunjukkan bahwa triptofan dapat membantu mengobati gangguan tidur jangka pendek.

    4. Mencegah penuaan
    [​IMG]
    Sumber gambar: Needpix.com
    Buah ini kaya akan vitamin C dan antioksidan kuat yang mampu mengurangi stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. Semakin rendah tingkat stres oksidatif, semakin lambat proses penuaan dapat terjadi. Selain itu, mengkonsumsi buah ini jufa dapat mengurangi tanda-tanda penuaan dini, termasuk garis-garis halus, keriput, atau bintik-bintik usia.

    5. Dapat meningkatkan kesehatan pencernaan
    [​IMG]
    Sumber gambar: Wallpaperflare.com
    Kandungan serat dalam durian dapat membantu masalah sembelit dan meningkatkan kesehatan pencernaan. Selain itu, adanya thiamin dalam durian juga dapat meningkatkan nafsu makan dankesehatan pada orang tua. Serat yang ada dalam durian dapat merangsang gerakan peristaltik. Hal tersebut dapat meringankan proses pencernaan di usus, mengobati masalah seperti perut kembung berlebih.

    6. Membantu mengatur tekanan darah
    [​IMG]
    Sumber gambar: Wallpaperflare.com
    Selain isang, durian ternyata merupakan salah satu sumber potasium yang baik. Kandungan potasium dalam buah durian dapat menurunkan kadar tekanan darah. Selain itu, kandungan ini juga berfungsi sebagai vasodilator, yang mana dapat membantu menjaga keseimbangan antara cairan dan garam dalam sel-sel tubuh Anda.

    7. Mencegah penyakit kardiovaskular
    [​IMG]
    Sumber gambar: Life.spectator.co.uk
    Buah durian dapat mengatur enzim inflamasi dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular karena mengandung Organosulfur. Dalam sebuah dilakukan oleh Sekolah Kesehatan Masyarakat dan Kedokteran Tropis Universitas Tulane menemukan bahwa asupan buah-buahan yang kaya serat makanan larut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol lipoprotein densitas rendah dan mengurangi risiko penyakit jantung koroner.

    Akhir kata, selain memiliki rasa yang lezar, durian ternyata juga kaya akan gizi. Durian mungkin menawarkan berbagai manfaat kesehatan, mulai dari meningkatkan kesehatan pencernaan hingga mencegah penuaan. Namun, mungkin memiliki beberapa efek samping yang belum terbukti secara ilmiah. Anda dapat menikmati buah ini dengan tenang setelah berkonsultasi dengan dokter dan ahli gizi terlebih dahulu.

    Sumber:
    https://mitrakesehatan.com/inilah-beberapa-manfaat-durian-untuk-kesehatan.html
     
    priyo handoko likes this.
  2. priyo handoko

    priyo handoko New Member

    Joined:
    Jan 19, 2017
    Messages:
    3
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    saya pecinta duren malah tidak tahu, pahamnya duren itu buah mahal dan enak itu aj
     
Loading...

Share This Page