Inilah Beberapa Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan

Discussion in 'Health & Medical' started by Muhamad Amirullah, May 5, 2020.

  1. Muhamad Amirullah

    Muhamad Amirullah Member

    Joined:
    May 4, 2018
    Messages:
    129
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    18
    Berikut merupakan beberapa manfaat minyak zaitun untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui.

    1. Mengandung antioksidan
    [​IMG]
    Sumber gambar: Phillymag.com
    Minyak mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan. Terlepas dari asam lemaknya yang bermanfaat, minyak zaitun juga mengandung vitamin E dan K. dalam jumlah sedang. Selain itu, minyak zaitun juga mengandung antioksidan. Antioksidan ini aktif secara biologis dan dapat mengurangi risiko penyakit kronis. Ini juga mampu untuk menyembuhkan peradangan dan membantu melindungi kolesterol darah Anda dari oksidasi – dua manfaat yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

    2. Dapat mencegah stroke
    [​IMG]
    Sumber gambar: Northganeuro.com
    Secara umum, penyakit ini timbul akibat gangguan aliran darah ke otak Anda, baik karena gumpalan darah atau pendarahan. Di negara maju, stroke adalah penyebab kematian paling umum kedua, tepat di belakang penyakit jantung.

    Hubungan antara minyak zaitun dan risiko stroke telah dipelajari secara luas. Sebuah penelitian menemukan bahwa minyak zaitun adalah satu-satunya sumber lemak tak jenuh tunggal yang terkait dengan pengurangan risiko stroke dan penyakit jantung. Dalam penelitian lain pada 140.000 peserta, mereka yang mengonsumsi minyak zaitun memiliki risiko stroke yang jauh lebih rendah daripada mereka yang tidak.

    3. Membantu mengobati Rheumatoid Arthritis
    [​IMG]
    Sumber gambar: Fnpa.org
    Secara garis besar, artritis reumatoid merupakan penyakit autoimun yang ditandai dengan persendian yang cacat dan nyeri. Meskipun penyebab pastinya tidak dipahami dengan baik, penyakit ini melibatkan sistem kekebalan tubuh Anda menyerang sel-sel normal secara tidak sengaja.

    Suplemen minyak zaitun mampu meningkatkan penanda inflamasi dan mengurangi stres oksidatif pada individu dengan rheumatoid arthritis. Selain itu, minyak ini juga sangat bermanfaat bila dikombinasikan dengan minyak ikan, sumber asam lemak omega-3 anti-inflamasi. Dalam sebuah penelitian, minyak zaitun dan minyak ikan secara signifikan meningkatkan kekuatan genggaman tangan, nyeri sendi, dan kekakuan pagi hari pada orang dengan rheumatoid arthritis.

    4. Dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2
    [​IMG]
    Sumber gambar: Life.spectator.co.uk
    Minyak zaitun mampu melindungi terhadap diabetes tipe 2. Beberapa penelitian telah mengaitkan minyak zaitun dengan efek menguntungkan pada gula darah dan sensitivitas insulin. Sebuah uji klinis acak pada 418 orang sehat baru-baru ini mengkonfirmasi efek perlindungan dari minyak zaitun. Dalam studi ini, diet Mediterania yang kaya akan minyak zaitun mengurangi risiko diabetes tipe 2 hingga lebih dari 40%.

    5. Mencegah penyakit Alzheimer
    [​IMG]
    Sumber gambar: 1stchoice-ar.org
    Penyakit Alzheimer adalah kondisi neurodegeneratif yang paling umum di dunia. Ini diakibatkan oleh penumpukan apa yang disebut plak beta-amiloid di dalam sel-sel otak Anda. Satu studi menunjukkan bahwa suatu zat dalam minyak zaitun dapat membantu menghilangkan plak-plak ini. Selain itu, minyak zaitun bermanfaat bagi fungsi otak yang mampu mencegah penyakit ini.

    6. Bagus untuk jantung
    [​IMG]
    Sumber gambar: Eastonialeopards.com
    Tahukah Anda, jika penyakit jantung adalah penyebab kematian paling umum di dunia. Studi yang dilakukan beberapa dekade lalu menunjukkan bahwa penyakit jantung lebih jarang terjadi di negara-negara Mediterania.

    Hal ini menyebabkan penelitian yang luas pada makanan di Mediterania, yang sekarang telah terbukti secara signifikan mengurangi risiko penyakit jantung.. Minyak zaitun adalah salah satu bahan utama dalam berbagai macam makan di Mediterania, yang melindungi terhadap penyakit jantung dalam beberapa cara.

    Ini menurunkan peradangan, melindungi kolesterol jahat LDL dari oksidasi, meningkatkan lapisan pembuluh darah Anda dan dapat membantu mencegah pembekuan darah yang berlebihan.

    Menariknya, itu juga terbukti menurunkan tekanan darah, yang merupakan salah satu faktor risiko terkuat untuk penyakit jantung dan kematian dini. Dalam sebuah penelitian, minyak zaitun mengurangi kebutuhan akan pengobatan tekanan darah hingga 48%.

    Sumber:
    https://mitrakesehatan.com/inilah-beberapa-manfaat-minyak-zaitun-untuk-kesehatan.html
     
  2. keepburger

    keepburger Member

    Joined:
    Nov 2, 2018
    Messages:
    76
    Likes Received:
    14
    Trophy Points:
    8
    Karena itu sebagian orang menggunakan minyak zaitun sebagai pengganti minyak goreng/minyak sayur untuk memasak.
    Karena lebih sehat.
     
Loading...

Share This Page