Inilah Beda Motor 2 Tak dan 4 Tak, Yuk Ketahui!

Discussion in 'Otomotif' started by Budimola, Aug 19, 2019.

  1. Budimola

    Budimola Member

    Joined:
    May 27, 2019
    Messages:
    395
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Istilah mesin motor 2 tak dan 4 tak sudah sangat familier di telinga masyarakat awam. Hanya saja, masih banyak orang yang tidak mengetahui perbedaan kedua jenis mesin tersebut secara tepat. Hal ini cukup lumrah, mengingat keberadaan motor 2 tak saat ini memang sudah banyak tergantikan oleh mesin 4 tak.

    Sebagai pencinta otomotif, Sobat Rider harus tahu bahwa motor 2 tak dan 4 tak merupakan dua kategori motor bakar yang sama-sama menggunakan mesin pembakaran dalam. Perbedaan dari kedua jenis motor bakar ini dapat Sobat Rider jumpai pada sistem kerjanya.

    Pada mesin motor 2 tak, siklus pembakaran yang terjadi di dalam mesin dilakukan dalam dua langkah piston. Sementara itu, mesin 4 tak, membutuhkan 4 langkah piston untuk setiap siklus pembakaran yang terjadi di dalamnya. Oleh karena itu, kedua jenis motor ini juga kerap disebut dengan mesin 2 langkah dan mesin 4 langkah.


    Cara Kerja Motor 4 Tak
    [​IMG]
    Honda CB150R naked sport 4 Tak

    Untuk bisa mengetahui lebih rinci mengenai perbedaan antara motor 2 tak dan 4 tak, Sobat Rider perlu terlebih dahulu mengenal prinsip kerja motor 4 tak. Seperti yang telah disebutkan, motor 4 tak memerlukan 4 langkah piston untuk setiap siklus pembakaran. Selain digunakan pada motor, mesin 4 tak juga bisa ditemukan pada mobil, truk, kapal, alat berat, ataupun pesawat.

    Lalu, apa saja 4 langkah yang dimaksud dalam cara kerja mesin motor 4 tak tersebut? Empat langkah itu adalah:

    1. Langkah hisap
    Langkah pertama yang terjadi pada mesin 4 tak adalah langkah isap, dimulai ketika katup isap terbuka. Pada tahapan ini, piston akan melakukan pergerakan ke bawah dan membuat silinder memiliki tekanan sangat rendah. Sebagai imbasnya, campuran bahan bakar dan udara dapat masuk melalui lubang katup.

    Saat piston hampir sampai pada titik mati bawah (TMB), silinder dalam kondisi sudah terisi campuran bahan bakar dan udara. Lalu, pada ruang silinder berlangsung upaya penyesuaian tekanan. Selanjutnya, mesin motor akan melanjutkan pada tahapan berikutnya, yakni langkah kompresi.

    2. Langkah kompresi
    Langkah kompresi diawali dengan tertutupnya katup masuk. Selanjutnya, piston akan melakukan pergerakan kembali pada titik mati atas (TMA). Pada situasi ini, katup isap serta katup buang sama-sama dalam kondisi tertutup, sehingga membuat campuran bahan bakar dan udara yang ada di silinder termampatkan.

    Pemampatan campuran udara dan bahan bakar di dalam silinder juga disertai dengan peningkatan suhu. Proses peningkatan suhu tersebut dikenal dengan istilah pemanasan adiabatik. Selama proses pemanasan adiabatik, suhu di dalam silinder bisa mencapai ratusan derajat celcius.

    3. Langkah kerja
    Langkah kerja pada mesin 4 tak diawali ketika komponen pengapian menyalakan busi. Situasi ini berlangsung saat piston akan mencapai TMA. Percikan api yang muncul dari busi membuat terjadinya ledakan di dalam mesin silinder dan akan mendorong pergerakan piston dari TMA menuju TMB. Tahapan inilah yang disebut dengan langkah kerja. Selanjutnya, tenaga yang dihasilkan dari langkah kerja, akan disalurkan menuju ke crankshaft melewati connecting rod.

    4. Langkah buang
    Tahapan terakhir yang terjadi pada mesin motor 4 tak adalah langkah buang. Ketika piston sudah berada pada TMB, katup buang akan terbuka. Selanjutnya, piston akan melakukan pergerakan ke TMA dan memompa sisa gas pembakaran sehingga keluar dari katup buang. Saat piston akan sampai pada TMA, katup isap terbuka dan mesin akan melakukan siklus pembakaran dari awal. Lanjut baca ulasan selengkapnya disini.
     
Loading...

Share This Page