Inilah Bedanya Jenis CMS Website Joomla daripada Wordpress

Discussion in 'Internet Marketing' started by Heri Hartono, May 2, 2019.

Tags:
  1. Heri Hartono

    Heri Hartono Member

    Joined:
    Dec 15, 2018
    Messages:
    37
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]

    Wordpress dan Joomla adalah Content Management System yang digunakan secara global. Keduanya memiliki banyak sekali kesamaan. Dan juga, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Kali ini, kita akan mencoba lebih mengenal Content Management System yang bernama Joomla.

    Pengguna Joomla
    Berbeda dengan Wordpress, Joomla lebih ditujukan kepada pengguna internet yang lebih berpengalaman. Karena para newbie atau pengguna baru, umumnya kebingungan saat menggunakan Joomla. Sementara Joomla paling sering dipilih oleh developers website yang tidak begitu mempedulikan tampilan secara keseluruhan. Mereka lebih memilih karena penggunaan MVC Structure pada Joomla.

    MVC adalah pola desain software yang digunakan untuk mengatur code sedemikian rupa sehingga business logic dan presentasi data terpisah.

    Ekstensi dan Plugins pada Joomla
    [​IMG]

    Sebaliknya dari Wordpress, ekstensi Joomla, sangat jelas terpisah bedasarkan fungsi, tujuan dan cakupannya. Jadi plugins lebih pada fitur tambahan sederhana pada Joomla. Untuk menambahkan bits of content pada area konten utama. Misalnya menambahkan modul “recent post” atau modul “social sharing”.

    Sementara komponen dibuat untuk menambah fungsionalitas inti dari Joomla. Dan Komponen akan sekaligus meliputi set modul dan atau pugins. Salah satu contohnya adalah Virtuemart, komponen e-commerce yang paling terkenal pada CMS Joomla.

    Pada Joomla juga terdapat tema dan templates yang bisa dipilih sesuai keinginan pengguna. Namun, pada Joomla tidak terdapat templates directory. Oleh karena itu, jika Anda ingin mencari templates untuk Joomla, Anda harus menggunakan Google Search Engine dan Anda akan mendapatkan jutaan hasil pencarian untuk templates Joomla. Templates ini dibuat oleh developer pihak ketiga, dan ada banyak sekali yang bisa Anda gunakan secara gratis.

    Membangun Website Joomla
    Tidak banyak berbeda dengan membangun website pada umumnya. Untuk membuat Joomla berkembang, maka diperlukan backlinks natural pada website Joomla Anda. Jika Anda masih baru dalam hal ini, Anda bisa menggunakan jasa backlink natural sehingga Anda bisa dibantu memaksimalkan potensi website Anda.

    Jasa backlinks natural akan membantu menyebar link menuju website Joomla Anda tanpa terdeteksi sebagai spams oleh Google. Itu karena penyedia jasa berbagi backlink pbn sudah mengetahui pola kerja dari Google. Sehingga bisa menaikkan website Joomla Anda dengan lebih aman dan efektif.
     
Loading...

Share This Page