Inilah Beragam Jenis Kopi yang Perlu Kamu Ketahui Agar Tidak Salah Pesan di Coffee Shop

Discussion in 'General Lifestyle' started by Faniditya Ramadhan, Mar 26, 2020.

  1. Faniditya Ramadhan

    Faniditya Ramadhan Member

    Joined:
    May 29, 2019
    Messages:
    132
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    16
    [​IMG]

    Bagi kamu yang masih awam dengan kopi pasti terkadang masih suka bingung dengan beberapa jenis kopi yang biasa terpampang di menu saat di coffee shop, bukan? Setiap beberapa bulan sekali bisa dipastikan terdapat varian minuman kekinian yang dihadirkan berupa kopi atau non-kopi.


    Meskipun saat ini sudah banyak berbagai jenis kopi, olahan kopi basic berbahan espresso tetap tak lekang oleh waktu. Setiap mampir ke kedai kopi, mayoritas beberapa minuman olahan kopi di bawah ini tertera di dalam buku menu. Berikut penjelasan dan perbedaannya satu per satu.


    Americano


    Americano merupakan jenis kopi yang terdiri dari satu shot espresso yang dituang dalam secangkir kopi dan dicampurkan dengan air panas. Rasa yang dihasilkan jenis kopi ini lebih ringan dan tidak terlalu pahit seperti espresso.

    Americano ini bisa dijadikan pilihan yang tepat bagi kamu jika menyukai kopi tanpa bahan tambahan lain, namun juga tidak ingin kopi yang terlalu pahit. Selain disajikan panas, kamu juga dapat menikmatinya dengan sajian yang dingin atau biasa disebut ice Americano.


    Latte


    Jenis kopi lainnya yang biasa kamu nikmati adalah latte. Memiliki rasa yang creamy dan tampilan yang menarik saat disajikan, membuat jenis kopi yang satu ini menjadi varian paling digemari banyak kalangan.

    Latte adalah olahan kopi yang dibuat dengan campuran espresso dan juga susu, di mana minuman ini memiliki kandungan susu yang lebih banyak daripada kopi. Selain memiliki rasa yang nikmat, latte biasanya sering disajikan dalam cangkir dengan motif indah di atasnya atau yang biasa disebut sebagai latte art.


    Espresso


    Pasti kamu sudah tidak asing dengan jenis kopi satu ini. Espresso merupakan minuman kopi paling dasar yang biasanya disajikan dalam demitasse alias cangkir khusus espresso berukuran 30 mililiter sampai 118 mililiter.

    Espresso cenderung bertekstur pekat dan juga pahit, ditambah dengan adanya buih putih alias crema di atasnya yang terbentuk dari tekanan minyak dalam bijih kopi. Kalo kamu memang penikmat kopi pasti suka dengan jenis kopi satu ini!


    Flat White


    Ada yang beranggapan kalau jenis kopi satu ini adalah latte, sedangkan ada juga yang beranggapan jenis kopi ini merupakan cappuccino tanpa foam. Flat white biasanya terdiri dari 60 mililiter gelembung yang terbentuk saat susu dipanaskan. Kemudian ditambahkan dua shot espresso dan dicampur menjadi satu.


    Cappucino


    Cappucino merupakan salah satu jenis kopi yang paling sering dijumpai saat kita mengunjungi coffee shop. Bagi penikmat kopi dengan rasa lebih mild pasti menyukai jenis kopi ini. Cappucino terdiri dari espresso dan steamed milk dengan rasio 1:1 dan biasanya disajikan dengan gelas berukuran 88 mililiter hingga 177 mililiter.

    Demikianlah beberapa jenis kopi yang perlu kamu ketahui. Kini kamu sudah tahu bingung untuk membedakannya bukan?
     
Loading...

Share This Page