Inilah Cara Pencegahan Penyakit Hydrocephalus

Discussion in 'Health & Medical' started by aisusisursilah, Nov 23, 2018.

  1. aisusisursilah

    aisusisursilah Member

    Joined:
    May 23, 2018
    Messages:
    648
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Hydrocephalus meruapkan suatu kondisi yang terjadi ketika cairan menumpuk di tengkorak dan akan menyebabkan otak bengkak. Karena kerusakan otak ini dapat terjadi sebagai akibat dari penumpukan cairan. Yang mana, hal ini juga dapat menyebabkan terjadinya gangguan perkembangan, fisik serta intelektual. Sehingga cairan ini sering meningkatkan tekanan sehingga dapat memeras dan akan merusak otak. Tanda dari penyakit ini yaitu seseorang akan mengalami penyakit ini yaitu dia akan mengalami penumpukan cairan otak di kepalanya. Karena penumpukan cairan tersebut ada di kepala maka tidak mengherankan jika kepala balita, bayi dan orang dewasa yang terkena penyakit Hydrocephalus ini akan membengkak dan akan membesar.

    Dibawah ini ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi resiko penyakit hydrocephalus diantaranya yaitu :
    • Tumbuh kembang pada anak pada saat masa bayi dan balita, penyakit hydrocephalus inis ering terjadi yaitu akibat dari infeksi otak yang akan menganggu peredaran cairan otak karena TBC otak atau infeksi bakteri, virus, tumor, dan jamur. Oleh karena itu, orang tua juga harus memantau pertumbuhan anak dan lakukan pemeriksaan dengan secara rutin dengan mengukur lingkar kepala anak yang akan dilakukan yaitu untuk mengetahui terjadinya penyakit hydrocephalus.
    • Lindungi selalu kepala anak dari cedera yang mungkin saja dapat berakibat untuk membahayakan pada kesehatan anak.
    • Pada kehamilan perawatan prental yang teratur dan secara signifikan yaitu dapat mengurangi resiko memiliki bayi yang prematur, yang akan mengurangi resiko bayi yang mengalami penyakit hydrocephalus.
    • Meningitis merupkan salah satu penyebab penyakit hydrocephalus, untuk itu perlu dilakukan penyuluhan tentang pentingnya vaksin meningitis bagi orang yang berisiko terkenan meningitis.
     
Loading...

Share This Page